Bila Harga Gas Elpiji Meningkat, Masyarakat Akan Terbebani?

harga gas elpiji
harga gas elpiji

Ajaib.co.id – Simpang siur harga gas elpiji akan meningkat menjadi perhatian bagi banyak masyarakat. Bila berandai-anda harga gas elpiji meningkat, kira-kira bagaimana reaksi dan dampak pada masyarakat? Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut ini mengenai jika harga gas elpiji meningkat.

Siapa yang tak mengenal gas elpiji alias LPG (liquified Petroleum gas, harafiah: “gas minyak bumi yang dicairkan”). Gas yang biasa kamu pakai untuk memasak makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya memiliki sejarah kenaikan harga yang kerap naik dengan pelan namun pasti. Sebelum lebih jauh mengenal gas elpiji, elpiji memiliki banyak sifat yang patut kamu ketahui sebagai pemakainya. Berikut adalah beberapa sifatnya,

  • Cairan dan gasnya sangat mudah terbakar
  • Gas tidak beracun, tidak berwarna dan biasanya berbau menyengat
  • Gas dikirimkan sebagai cairan yang bertekanan di dalam tangki atau silinder.
  • Cairan dapat menguap jika dilepas dan menyebar dengan cepat.
  • Gas ini lebih berat dibanding udara sehitidak akan banyak menempati daerah yang rendah.

Walaupun gas elpiji memiliki sifat yang tidak beracun, elpiji memiliki tingkat risiko penggunakan yang lumayan berbahaya. Salah satu risiko penggunaan elpiji adalah terjadinya kebocoran pada tabung atau instalasi gas sehitidak bila terkena api dapat menyebabkan kebakaran. Pada awalnya, gas elpiji tidak berbau, tetapi bila demikian akan sulit dideteksi apabila terjadi kebocoran pada tabung gas.

Menyadari itu Pertamina menambahkan gas mercaptan, yang baunya khas dan menusuk hidung. Langkah itu sangat berguna untuk mendeteksi bila terjadi kebocoran tabung gas. Selain itu, terdapat bunga es pada titik kebocoran, terdengar bunyi mendesis pada regulator, dan muncul gelembung udara pada titik kebocoran jika diusap dengan air sabun. Tekanan elpiji cukup besar (tekanan uap sekitar 120 psig), sehitidak kebocoran elpiji akan membentuk gas secara cepat dan mengubah volumenya menjadi lebih besar. Komponen gas elpiji didominasi oleh propana (C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana mencabut subsidi tabung gas elpiji 3 kg pada pertengahan tahun 2020 ini. Konsekuensinya, harga gas elpiji 3 Kg akan mengalami kenaikan. Tabung gas elpiji 3 kg pertama kali diluncurkan Pertamina pada 2007. Tujuan peluncuran tersebut untuk menekan penggunaan minyak tanah di masyarakat oleh masyarakat yang kurang mampu.

Kini, gas yang sudah eksis dikalangan masyarakat Indonesia ini telah disubsidi dengan harga jual sekitar Rp18 ribu per tabung. Masyarakat pun akhirnya banyak yang beralih membeli tabung gas elpiji 3 kg dari yang sebelumnya menggunakan tabung gas elpiji 12 kg. Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial menyampaikan, distribusi subsidi Elpiji 3Kg dibatasi lantaran merupakan yang terbesar dibanding alokasi subsidi energi yang lain. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, subsidi energi dalam Atidakran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp125,3 triliun. Di mana subsidi listrik sebesar Rp54,8 triliun, sementara subsidi energi sebesar Rp70,6 triliun. Dari subsidi energi tersebut, alokasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp19,9 triliun, sedangkan subsidi elpiji sebesar Rp50,6 triliun.

Tak lama setelah Ego Syahrial menyampaikan itu, pihak Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir usai rapat koordinasi (rakor) Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) merasa heran akan informasi tersebut.

Pada rapat koordinasi yang dilaksanakan pada bulan Februari tersebut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Iskandar bilang keputusan kenaikan harga gas dan TDL hitidak saat ini harus melalui persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, munculnya informasi kenaikan harga tersebut sempat membuat para menteri yang tergabung dalam TPIP heran.

Walaupun begitu, hingga saat ini gossip tentang kenaikan harga Gas elpiji masih dipergunjingkan pada pemerintahan. Menurut kamu, apabila benar pemerintah akan mencabut subsidi Gas elpiji, apakah akan membuat masyarakat terbebani?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait