Rumah Tangga Masa Kini

Biaya Cerai Itu Mahal dan Prosedurnya Ribet! Begini Penjelasannya

Memutuskan untuk berpisah dengan pasangan Anda?

Ajaib.co.id – Keputusan untuk pisah alias cerai kadang merupakan pilihan yang terbaik bagi kedua belah pihak. Meski sulit, mungkin dapat menjadi pilihan terakhir atas masalah rumah tangga. Tetapi apakah masalah akan selesai ketika mereka memutuskan untuk bercerai?

Tentunya belum karena ada beberapa prosedur dan biaya cerai yang harus dipenuhi oleh kedua pasangan. Prosedur berupa beberapa berkas yang harus dilengkapi dan biaya perceraian yang mengacu pada jenis pengajuan cerai menjadi tahapan yang harus dipenuhi terlebih dulu hingga bisa menghasilkan keputusan.

Jika dirasa perpisahan merupakan keputusan akhir dan terbaik bagi kedua belah pihak, berikut beberapa prosedur dan biaya yang menjadi tahapan untuk dilalui sebelum hasil sidang perceraian selesai.

Prosedur Pengajuan Gugatan Perceraian

Perceraian merupakan keputusan antara pasangan suami istri untuk mengakhiri hubungan pernikahan secara resmi melalui gugatan cerai yang dapat diajukan ke pengadilan agama dengan melengkapi beberapa berkas pendukung. Sebagaimana diatur melalui UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, di mana sidang perceraian dapat dipenuhi ketika kedua belah pihak telah setuju untuk menandatangani surat perceraian serta melengkapi beberapa berkas atau dokumen yang dibutuhkan.

Ketika pengajuan ini diserahkan ke pengadilan, maka pasangan tersebut akan melalui beberapa tahapan seperti mediasi, menghadirkan beberapa saksi di persidangan, dan memberikan alasan dari terjadinya perceraian. Setelah alasan diterima dengan jelas, maka pengadilan bisa langsung mengabulkan gugatan cerai yang diajukan. Berikut prosedur lengkap yang harus dipenuhi untuk memulainya sidang perceraian:

Mempersiapkan Beberapa Dokumen

Dokumen yang menjadi persyaratan untuk dipenuhi saat pengajuan gugatan cerai di antaranya adalah:

  • Surat nikah asli
  • Salinan surat nikah
  • Salinan identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk dari penggugat
  • Surat keterangan dari kelurahan tempat tinggal
  • Salinan KK atau Kartu Keluarga
  • Salinan akta kelahiran anak, jika memiliki anak
  • Materai

Jika ada gugatan untuk harta gono-gini atau milik bersama, maka pihak yang mengajukan gugatan harus mempersiapkan berkas tambahan yang mendukung kepemilikan harta seperti sertifikat tanah, surat bukti kepemilikan kendaraan, dan beberapa berkas harta lainnya.

Mendaftar Gugatan Cerai ke Pengadilan Agama

Setelah dokumen atau berkas yang dibutuhkan sudah dipenuhi, maka antar suami dan istri dapat mendaftarkan gugatan perceraian ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri sesuai dengan tempat tinggal si pihak tergugat. Misalnya saja jika istri menggugat cerai suami, maka pengajuan tersebut harus ke pengadilan tempat tinggal suami, begitu sebaliknya.

Membuat Surat Gugatan Perceraian

Ketika proses pengajuan gugatan cerai dilakukan, maka penggugat akan membuat surat gugatan perceraian di bagian pusat bantuan hukum pengadilan. Di sinilah alasan gugatan perceraian yang akan dicantumkan seperti kekerasan, penganiayaan, penelantaran, pertengkaran secara terus menerus, dan alasan lainnya.

Tata Cara dalam Proses Persidangan

Ketika semua dokumen telah dilengkapi dan surat gugatan telah dibuat, maka selanjutnya persidangan akan dimulai. Pada persidangan di awal, biasanya tahap ini adalah proses mediasi yang harus dihadiri kedua belah pihak dengan tujuan dapat berdamai dan membatalkan gugatan perceraian. Namun, jika keputusan perceraian dirasa sudah bulat antara keduabelah pihak, maka selanjutnya adalah tahap pembacaan surat gugatan perceraian.

Kebanyakan tergugat biasanya tidak akan menghadiri persidangan sehingga hal ini dianggap sebagai keputusan yang bulat untuk bercerai dan pengadilan bisa langsung memutuskan hasil sidang. Keputusan yang dihasilkan adalah bukti pernikahan yang sudah berakhir dan akan dikirim berupa amar ke pihak tergugat. Lalu, pihak pengadilan akan menerbitkan akta cerai jika tidak ada tanggapan dari pihak tergugat terkait amar yang dikirimkan.

Biaya Perceraian yang Harus Dipersiapkan

Tahapan yang tidak kalah penting selain berkas-berkas pendukung adalah biaya cerai yang harus dikeluarkan. Berikut penjelasan mengenai biaya perceraian:

Biaya Perceraian di Pengadilan

  • Biaya pendaftaran perkara sebesar Rp30.000
  • Biaya administrasi sebesar Rp50.000
  • Biaya redaksi sebesar Rp5.000
  • Biaya materai : Rp6.000
  • Biaya panggilan pada penggugat sebanyak 2 kali dan tergugat sebanyak 3 kali. Biaya ini mengacu pada jarak tempat tinggal antara penggugat dan tergugat dengan pengadilan.

Biaya Perceraian Menggunakan Pengacara

Jika proses gugatan cerai dirasa cukup ribet dan menyita waktu, penggugat dapat menggunakan jasa pengacara untuk mengurus semua berkas. Akan tetapi, hal yang harus diingat adalah jasa pengacara tidaklah murah. Biasanya jasa pengacara dibayar dengan hitungan jam atau total tunai. Jika per jam berarti hitungan biaya pengacara akan dikenakan saat kita berkonsultasi dengan pengacara tersebut.

Namun, jika total tunai sama dengan all in yaitu biaya secara keseluruhan. Biaya jasa pengacara pada umumnya bervariasi seperti di Jakarta, layanan pengacara bisa menghabiskan biaya mulai dari Rp20-30 juta pada tingkatan pertama. Belum ditambahkan tahap banding, kasasi, hingga peninjauan kembali.

Biaya Perceraian secara Talak

Perceraian talak merupakan salah satu istilah perceraian yang digunakan di Indonesia, selain cerai gugat. Cerai talak biasanya pengajuan perceraian yang dilakukan oleh suami kepada istrinya, sementara gugat cerai adalah istri yang mengajukan perceraian ke suami. Biaya yang harus dikeluarkan pada cerai talak ini adalah:

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp30.000
  • Biaya proses sebesar Rp50.000
  • Biaya panggilan pemohon sebesar Rp80.000 sebanyak 3 kali atau Rp240.000
  • Biaya panggilan termohon sebesar Rp80.000 sebanyak 4 kali atau Rp320.000
  • Biaya redaksi sebesar Rp5.000
  • Biaya materai sebesar Rp6.000

Jika ditotal maka biaya yang dikeluarkan untuk proses talak adalah sebesar Rp651.000 dan biaya ini biasanya berbeda-beda yang ditentukan oleh Pengadilan Agama. Selain itu, ada biaya tambahan jika kedua belah pihak telah dikaruniai anak dan ingin hak asuh, maka akan ada gugatan banding yang diajukan.

Di mana, gugatan banding ini akan dikenakan tambahan biaya yang dibedakan menjadi pendaftaran, gugatan banding, serta kirim berkas. Biaya akan ditambahkan jika gugatan dibawa ke tingkat kasasi. Oleh karena itu, keputusan untuk bercerai merupakan pilihan terakhir karena sifat biaya perceraian yang mahal dan prosedurnya yang cukup rumit.

Walau bagaimanapun juga, keputusan seperti apapun tetap ada di tangan kedua belah pihak antara suami dan istri yang menjalaninya.

Lain halnya dengan biaya perceraian, biaya untuk investasi itu jauh lebih murah. Cukup dengan investasi melalui aplikasi Ajaib yang bisa kamu download melalui smartphone. Belum lagi keuntungan dari nilai atau dana yang kamu investasikan per bulannya. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana dan saham.

Kamu bisa memilih jenis investasi sesuai dengan kebutuhan pastinya. Jadi tunggu apalagi, segera investasikan dana kamu melalui aplikasi Ajaib.

Artikel Terkait