Milenial

Begini Cara Membeli Mobil Bekas Taksi yang Bagus

Mobil Bekas Taksi

Ajaib.co.id – Kamu sedang mencari mobil bekas dengan harga yang cukup murah? Mungkin mobil bekas taksi bisa jadi pilihan tepat untuk kamu.

Biasanya armada perusahaan taksi memiliki batas usia pemakaian selama 5 tahun. Jika sudah melewati waktu tersebut maka unit akan dijual ke publik. Itu sebabnya mobil ini harganya terbilang cukup murah.

Meskipun murah, bukan berarti murahan loh! Ada beberapa unit yang masih bagus dan layak untuk dikendarai dalam aktivitas sehari-hari. Tinggal poles atau sedikit modifikasi, kondisi mobil bekas taksi kamu akan terlihat seperti mobil biasa pada umumnya.

Tapi kamu membutuhkan waktu dan tenaga untuk mendapatkan unit yang bagus. Kalau kamu tidak jeli dan sabar, justru sebaliknya kamu akan mendapatkan unit yang jelek.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk beli mobil bekas taksi ada baiknya cermati kelebihan dan kekurangannya, dan juga cara memilihnya.

Kelebihan Mobil Bekas Taksi

–         Pada umumnya mobil bekas taksi jam operasionalnya cukup tinggi bila dibandingkan mobil pribadi, sehingga mesin dan kaki-kakinya cukup tangguh. Mobilnya bandel dan tahan banting.

–         Suku cadang mobil eks taksi mudah didapatkan, dan harganya masih terbilang murah.

–         Tidak boros BBM, karena operasionalnya cukup tinggi membuat armada taksi lebih memilih mobil yang hemat BBM.

–         Biasanya mobil bekas taksi mendapatkan perawatan yang rutin.

–         Pada umumnya ditangani oleh mekanik ahli dan berkualitas.

Kekurangan Mobil Bekas Taksi

–         Membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit, karena kamu harus mencari informasi terkait mobil taksi yang akan kamu beli, serta harus mengunjungi beberapa pool taksi.

–         Kadang kilometer yang rendah tidak sejalan dengan kondisi interior dan pedal-pedal yang sudah aus karena pemakaian.

–         Biasanya armada hanya menyimpan unit secara asal-asalan, ban kempes, bodi kotor, ada karat, interior bau apek adalah hal yang biasanya wajar ditemui.

–         Pilihannya terbatas, dan mungkin tidak selalu ada yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

–         Akan muncul biaya tambahan seperti biaya balik nama.

–         Biaya modifikasinya bisa membengkak, jika kamu masih ingin membeli beberapa perlengkapan atau aksesorisnya.

Cara Memilih Mobil Bekas Taksi

Tidak selamanya barang yang murah identik dengan kualitas yang kurang bagus. Jika kamu pandai memilihnya maka bukan tidak mungkin kualitasnya sama dengan yang berada di pasaran, bahkan bisa lebih bagus.

Begitu pula dengan mobil bekas taksi, kamu masih bisa bisa mendapatkan unit yang bagus, tentunya dengan menjalankan tips berikut ini:

·        Pilih unit bekas armada yang memiliki nama baik seperti Blue Bird Group, atau Express Taksi. Kedua armada tersebut mempunyai sejarah perawatan yang baik pada unitnya.

·        Teliti bodi, kelurusan sasis, mesin aman dari kebocoran termasuk radiator, kaki-kaki, fungsi fungsi pendukung lain, wiper washer, lampu. Pada intinya cek secara menyeluruh kondisi eksterior dan interiornya.

·        Kunjungi pool taksi yang menampung lebih dari 1.000 mobil, supaya kamu bisa memiliki beragam pilihan, jadi tidak perlu lagi datangi pool taksi lainnya.

·        Mengajak montir atau kerabat yang lebih paham soal otomotif lebih bagus. Jika kamu tidak mengerti dengan mesin alangkah baiknya mengajak kerabat atau montir yang kamu kenal.

·        Speedometer wajib untuk dilihat, lihat jam terbangnya apakah lebih dari 300 ribu Km atau kurang, dan ingat lebih sedikit lebih baik.

·        Biasanya unit yang bisa beroperasi di bandara memiliki kilometer tempuh lebih tinggi dibanding yang lainnya. Maka dari itu sebisa mungkin hindari unit jenis ini.

·        Cek kondisi mesin dengan cermat dan teliti. Jangan terburu-buru dalam melakukan pengecekan. Sediakan waktu yang cukup banyak untuk melakukan pengecekan.

·        Selanjutnya cek kelengkapan surat-suratnya, lihat tanggal berlakunya.

·        Lakukan test drive untuk mengetahui rasa pemakaian sekaligus mendeteksi kondisi aneh termasuk pada kopling, rem, serta operasional mekanis, seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol, dan gerak roda.

·        Jika memungkinan minta garansi dari penjualnya.

Kisaran Harga Modifikasi Mobil Bekas Taksi

Memang banyak armada yang menjual mobil eks taksi, tetapi tidak semua mobil dalam kondisi yang baik. Memburu mobil bekas (used car) taksi akan membutuhkan tenaga dan waktu jika kamu ingin mendapatkan yang bagus dan sangat layak dipakai dengan harga yang relatif murah.

Meskipun ada sedikit gengsi menggunakan mobil eks taksi, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya menjadi berkelas loh.!!

Kamu bisa memodifikasinya dan menanggalkan kesan mobil taksi dengan sedikit modifikasi yang bisa kamu lakukan di bengkel modifikasi atau bisa juga minta langsung di armadanya. Biasanya kisaran harganya sekitar Rp5 jutaan.

Bahkan salah satu Youtuber otomotif, Ridwan Hanif pernah pamer membeli mobil bekas taksi, yakni Toyota Etios dengan biaya modifikasinya hanya menghabiskan Rp3 jutaan saja. Sudah terlihat bagus dan layak untuk mengarungi jalanan ibu kota.

Memiliki anggaran terbatas tentu tidak membuat kamu mati ide untuk mendapatkan mobil bekas yang bagus. Kamu bisa memilih unit bekas taksi yang terbilang cukup murah. Berbekal waktu dan kejelian untuk mendapatkannya, kamu pasti akan menemukan yang bagus.

Apalagi ditambah dengan sedikit modifikasi yang kisaran harganya tidak mencapai puluhan juta (standar modifikasi), mobil bekas taksimu akan terlihat bagus layaknya mobil pada umumnya. Selamat berburu mobil bekas taksi ya.

Artikel Terkait