Bisnis & Kerja Sampingan

Aplikasi VPN Adalah Penting untuk Binis, Ini Alasannya

aplikasi vpn adalah

Ajaib.co.id – Aplikasi VPN adalah Virtual Private Network yang digunakan untuk mengakses internet secara aman. Sayangnya, pemanfaatan layanan VPN ini masih jarang dimanfaatkan di dalam bisnis. Padahal, jika melihat kegunaannya, VPN juga cukup penting untuk akses internet di dunia bisnis.

Banyak yang tahu aplikasi VPN hanya sekedar lewat saja atau hanya memanfaatkan aplikasi VPN gratis. Penggunaan aplikasi VPN secara gratis seperti Turbo VPN justru malah membuat kecepatan internet menjadi lebih lamban. Hal ini karena server VPN tersebut dipakai oleh pengakses koneksi internet yang begitu banyak.

Padahal, esensinya, aplikasi VPN adalah penyedia layanan private network di mana pengaksesnya sedikit sehingga kamu bisa lebih lancar dalam menggunakannya dan juga lebih aman. Selain itu, jika kamu pebisnis yang hanya tahu pemanfaatan VPN di Android atau di iOS saja, kamu wajib baca ulasan berikut ini.

Alasan VPN Penting untuk Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi VPN adalah penyedia private network yang membuat kamu tidak perlu mengakses jaringan publik. Kegunaan yang paling sering dimanfaatkan dari aplikasi VPN adalah untuk membuka situs yang diblokir dan juga melindungi data pribadi.

Namun, agar kamu bisa menikmati berbagai fitur VPN untuk bisnis, kamu harus menjadi member premium dari VPN tersebut agar bisa memanfaatkannya secara optimal. Jika kamu rela membayar biaya langganan VPN, setidaknya kamu mendapatkan kegunaan-kegunaan aplikasi VPN seperti di bawah ini.

Remote Pekerjaan

Semenjak pandemi Covid-19, istilah remote menjadi sering kita dengar. Remote atau yang akrab dikenal sebagai Work From Home memang menjadi penyelamat untuk aktivitas bisnis yang tidak bisa dilakukan secara fisik.

Nah, salah satu kegunaan apikasi VPN adalah mendukung untuk remote pekerjaan. Hal ini membuat kamu bisa menjalankan dan mendistribusikan arus informasi di internet dengan memakai fitur VPN. Tentunya, data-data yang seliweran selama proses kerja akan aman karena perusahaan VPN biasanya memasang aplikasi mereka dengan enkripsi kelas militer.

Keamanan Jaringan

Seperti pengertian VPN yang berarti virtual private network, VPN membuat kamu bisa mengakses internet tanpa memakai saluran publik atau jaringan publik. Hal ini meminimalisir kemungkinan peretas untuk melihat informasi atau data-data bisnis kamu ataupun data perusahaan yang rahasia.

Bocornya data perusahaan bisa sangat krusial. Misalnya, data kamu bocor dan didapatkan kompetitor, bukan tidak mungkin data tersebut dimanfaatkan oleh mereka untuk menyiapkan strategi yang bisa melawan bisnis kamu.

Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aplikasi VPN adalah aman karena memang telah terenkripsi oleh perusahaan VPN. Di mana, perusahaan VPN akan membantu proses keamanan informasi atau data sehingga tidak bisa dibaca sebelum enkripsi itu dipecahkan atau didekripsi.

Kecepatan Koneksi

Membahas Work From Home, koneksi internet menjadi hal yang vital untuk sekarang ini. Sayangnya, volume penggunaan internet menjadi jauh meningkat karena sekarang banyak orang yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSBB ini membuat banyak pihak yang melakukan aktivitas di rumah, mulai dari bekerja, bahkan hingga belajar. Karena itu, koneksi internet sekarang ini terasa lebih lamban. Oleh karena itu, kehadiran VPN juga penting untuk hal ini.

Pasalnya, kegunaan aplikasi VPN adalah membuat kamu bisa mengakses server yang tidak bisa diakses secara umum. Hal tersebut bisa membuat pengalaman berinternet kamu lebih optimal. Dengan internet yang optimal, pekerjaan juga bisa lebih efektif dilakukan.

Berbagi File

Lagi-lagi menyangkut Work From Home, kegunaan VPN lainnya adalah membuat kamu bisa berbagi file dengan mudah. Pasalnya, beberapa VPN memiliki fitur untuk tiap membernya bisa mengakses data dan file yang sama.

Tentunya pengakses file ini bisa kamu tentukan terlebih dahulu. Jadi walaupun ada orang asing memakai VPN yang sama, tidak serta merta bisa mengakses file perusahaan kamu.

Keanoniman

Fungsi lainnya dari aplikasi VPN adalah anonimitas. Maksudnya, kamu bisa mengakses internet dengan status anonim atau identitas kamu disembunyikan. Sehingga, kerahasiaan aktivitas bisnis di internet bisa terjamin.

VPN Bisnis Rekomendasi dari Ajaib

Sehabis kamu mengetahui alasan pentingnya aplikasi VPN, sekarang redaksi Ajaib akan membagikan VPN-VPN yang bisa dipakai untuk bisnis. Apa saja? Ini daftarnya:

TorGuard

Sangat disesalkan jika membahas VPN bisnis tidak memasukkan TorGuard. Pasalnya, aplikasi ini memiliki banyak sekali tawaran menarik untuk bisnis. Selain menjamin keamanan data, TorGuard juga memiliki support 24/7 untuk tiap waktunya.

Aplikasi VPN ini juga menawarkan koneksi super cepat dengan bandwith tidak terbatas dan tanpa throttling atau penurunan kecepatan. Hingga sekarang ini, TorGuard memiliki 3.000 server IP yang tersebar dalam 50 negara.

Bila membicarakan keamanan enkripsinya, TorGuard sendiri sudah dilindungi dengan enkripsi 256bit. Selain itu, fitur menarik dari TorGuard adalah fitur stealth. Bila kamu menyimak alasan penting kegunaan VPN tadi, fitur stealth ini berfungsi agar kamu bisa mengakses internet secara anonim.

Bukan sekedar anonim, tapi kamu bisa mengakses konten-konten yang diblokir di dalam aplikasi bisnis. Meskipun banyak pengaturan yang bisa kamu terapkan dengan aplikasi VPN ini, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, TorGuard memiliki interface yang user friendly.

Keunggulan dari TorGuard lainnya adalah akses gratis yang diberikan selama 7 hari. Jadi, jika kamu ingin mencoba seberapa bermanfaat TorGuard untuk bisnis kamu, kamu bisa mencobanya untuk seminggu untuk memutuskan melanjutkan memakai aplikasi VPN ini atau tidak.

NordVPN

Membahas TorGuard, berarti kita harus membahas juga aplikasi VPN terpopuler yang jadi saingan dari TorGuard, yakni NordVPN. Nama besar VPN ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, performa yang ditawarkan VPN ini memang begitu hebat, baik itu untuk bisnis ataupun pemakaian pribadi.

Server IP yang dimiliki oleh NordVPN lebih banyak dari TorGuard, yakni mencapai 5.000 titik server yang tersebar di 62 negara. Tentunya, banyaknya titik server ini akan bertambah sepanjang waktu mereka melakukan pengembangan. Karena hal tersebut, mengakses internet dengan NordVPN pastilah bisa diandalkan.

Untuk jenis enkripsinya sendiri, NordVPN memiliki enkripsi kelas militer di mana susah untuk di dekripsi atau diintip oleh hacker. Jika kamu memakai aplikasi VPN ini, data kamu dijamin aman oleh perusahaan NordVPN itu sendiri.

Sama seperti TorGuard, NordVPN juga memiliki support 24/7 prioritas untuk member premium NordVPN yang berlangganan aplikasi ini.

Meskipun TorGuard dan NordVPN adalah VPN rekomendasi, bukan berarti VPN-VPN lainnya jelek ya. Kamu punya kesempatan untuk memilih mana VPN terbaik untuk bisnis kamu sendiri kok.

Pasalnya, sekarang ini memang banyak perusahaan VPN yang menerapkan masa trial 7 hari. Sehingga, kamu bisa mengumpulkan pengalaman-pengalaman dari sejumlah VPN sebelum memutuskan berlangganan di aplikasi VPN.

Dari penjelasan di atas, jelas VPN bisa membantu bisnis kamu, terkhusus untuk yang menjalankan kultur remote atau Work From Home (WFH). Jadi, apakah kamu sekarang sudah setuju apabila dikatakan aplikasi VPN adalah penting untuk bisnis?

Artikel Terkait