Bisnis & Kerja Sampingan

Apa itu Supply Chain Management dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Ajaib.co.id – Apa itu supply chain? Pengertian supply chain atau rantai pasokan adalah jaringan antara perusahaan dengan para pemasok dalam memproduksi dan mendistribusikan suatu produk sampai ke pembeli akhir.

Rantai pasokan ini memiliki peran yang penting untuk kelancaran sebuah bisnis. Optimasi rantai pasokan dapat menekan biaya produksi dan mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan yang tepat terhadap supply chain dalam suatu perusahaan.

Mari kita ulas lebih lanjut tentang apa itu supply chain. Ketahui juga pengertian supply chain management, komponen dasarnya, serta manfaat supply chain management bagi kesuksesan sebuah bisnis.

Pengertian Supply chain dan Supply chain Management

Supply chain atau rantai pasokan merupakan jaringan yang melibatkan beberapa entitas seperti produsen, vendor, gudang, perusahaan transportasi, distributor, serta pengecer.

Bisa diartikan bahwa supply chain adalah serangkaian langkah dari proses produksi sampai produk jadi diterima konsumen. Untuk mengelolanya dengan tepat, dibutuhkan manajemen rantai pasokan atau supply chain management (SCM).

Beberapa ahli ekonomi dan manajemen telah merumuskan definisi dari supply chain management, antara lain:

1.     Levi et al (2000) : Supply chain management adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk mencapai pengintegrasian yang efisien dari pemasok, manufaktur, distributor, pengecer, sampai dengan pemakai akhir.

2.     J.A. O’Brien (2006) : Supply chain management adalah sistem antar perusahaan lintas fungsi yang menggunakan teknologi informasi untuk mendukung dan membantu mengelola hubungan antar proses bisnis utama perusahaan dengan supplier, pelanggan, serta mitra bisnis.

3.     Jebarus (2001) : Supply chain management adalah pengembangan lebih lanjut dari manajemen distribusi produk demi memenuhi permintaan konsumen. Ini merupakan pola terpadu yang merupakan proses aliran barang atau jasa dari pemasok, manufaktur, pengecer hingga konsumen.

Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen rantai pasokan atau supply chain management, yakni:

1.     Supply chain management mengusahakan untuk memproduksi sutu barang dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, dan tempat yang tepat dengan menggunakan biaya minimum untuk memenuhi target pelayanan yang ditetapkan.

2.     Adanya supply chain management sangat berpengaruh terhadap pengendalian biaya.

3.     Supply chain management berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen serta berbagai pihak yang terlibat dalam rantai pasokan.

Komponen Dasar Supply Chain Management

Supply chain management memiliki beberapa komponen dasar yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Hal ini dikemukakan oleh Worthen dan Wailgum (2008). Berikut ini beberapa komponen dasar supply chain management.

1.     Plan

Plan atau perencanaan yang matang terhadap strategi yang akan diterapkan sangat penting untuk kesuksesan supply chain management. Perumusan strategi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya dan jaminan dari kualitas produk yang dihasilkan sampai diterima konsumen.

2.     Source

Setelah merumuskan strategi yang tepat, perusahaan perlu memilih pemasok dan bahan baku terbaik untuk mendukung proses produksi yang akan dilakukan. Source atau sumber daya ini merupakan salah satu komponen dasar supply chain management.

3.     Make

Pada tahap manufacturing, komponen dasar dari supply chain management adalah make atau pembuatan. Pada tahap ini dilakukan penyusunan jadwal aktivitas yang diperlukan dalam proses produksi, uji coba produk, pengemasan, serta persiapan pengiriman produk jadi. Perusahaan harus mampu mengukur kualitas produk, output produksi, dan produktivitas karyawan.

4.     Deliver

Komponen dasar supply chain management berikutnya adalah deliver. Proses ini meliputi pengelolaan jaringan gudang penyimpanan, pemilihan jaringan distribusi, serta pengaturan sistem pembayaran.

5.     Return

Adanya layanan pengembalian atau return untuk produk yang tidak sesuai standar juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, diperlukan juga layanan pelanggan yang mudah untuk dihubungi untuk pengaduan serta keluhan lainnya.

Manfaat Supply Chain Management

Ada beberapa manfaat supply chain management yang dapat diperoleh untuk kemajuan bisnis, antara lain:

1.     Kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu target dari terselenggaranya aktivitas produksi barang dan jasa. Dengan dukungan supply chain management, kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan karena jaringan pasokan dapat bersinergi dengan baik. Pelayanan yang baik ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat pelanggan lebih loyal.

2.     Meningkatkan penjualan

Semakin banyak pelanggan yang puas, maka akan semakin mudah untuk memasarkan produk, baik kepada pelanggan yang sama maupun kepada pelanggan baru. Oleh karena itu adanya supply chain management secara langsung dapat meningkatkan penjualan produk.

3.     Menekan biaya

Supply chain management memungkinkan proses produksi dan distribusi berlangsung lebih efektif dan efisien. Hal ini sangat berpengaruh terhadap penurunan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Integrasi barang dan jasa antara perusahaan dengan konsumen akhir berarti memangkas biaya-biaya pada jalur distribusi.

4.     Meningkatkan laba

Manfaat supply chain management selanjutnya adalah terjadinya peningkatan laba perusahaan. Adanya peningkatan penjualan dan menurunnya biaya tentu berimbas positif pada margin keuntungan yang diperoleh perusahaan.

5.     Mendorong kemajuan perusahaan

Perusahaan akan semakin maju dan berkembang dengan adanya strategi yang tepat dan supply chain management yang diterapkan. Keuntungan dari proses distribusi produk ini akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga dapat mendukung kemajuan perusahaan.

Setelah mengetahui apa itu supply chain dan manfaat supply chain management untuk kemajuan bisnis, kamu bisa mulai mengatur strategi untuk optimasi rantai pasokan bisnismu. Tentu hasilnya tidak langsung terlihat secara instan, namun jika kamu konsisten menjalankan strategi yang tepat, bisnismu dapat berkembang lebih pesat.

Artikel Terkait