Rumah Tangga Masa Kini

Apa itu PAP, Tujuan, & Tips Agar Data Tidak Disalahgunakan

Apa itu PAP, Tujuan, & Tips Agar Data Tidak Disalahgunakan

Di media sosial dan grup chat, istilah ini kerap muncul. Tetapi apa itu PAP? Kata PAP kepanjangan dari post a picture atau posting gambar atau foto. Tujuan penggunaan PAP untuk mengetahui kondisi seseorang atau barang. Dalam transaksi online atau daring, PAP digunakan oleh calon pembeli yang ingin melihat produk secara detail. Jika cash on delivery atau COD, PAP digunakan oleh penjual untuk memberikan lokasi atau tempat bertemu.

Di lingkungan pertemanan, biasanya seorang teman untuk meminta PAP kepada teman lainnya yang sedang berlibur atau bertugas ke kota lain. PAP dapat diminta melalui media sosial maupun grup chat. Bahkan antar teman, mereka kerap bertukar PAP.

Sejarah singkat dan arti PAP

Ketika kamu menggunakan social media, seringkali kita menemukan bahasa yang seringkali di singkat-singkat, baik kosa kata dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia sekalipun. Begitu juga dengan istilah PAP yang lahir dari celetukan-celetukan khas di media sosial yang cenderung suka menyingkat kata.

Penggunaan kosakata yang disingkat juga merupakan bentuk usaha agar perbincangan dalam media sosial menjadi mudah, tidak kaku, dan kasual. Lalu, apa itu PAP? Seperti yang telah disebutkan di atas, PAP diambil dari bahasa Inggris yang berarti Post a Picture yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti mengunggah sebuah foto. Hadirnya istilah ini digunakan untuk membuktikan kebenaran tentang keberadaan kita.

Misalnya, ketika kamu sedang janjian bertemu dengan teman, dan di dalam perjalanan kamu mengalami hal yang tidak terduga, misalnya ban bocor. Sedangkan teman kamu sedang menunggu kehadiran kamu. Nah, agar mereka tidak terlalu menunggu lama, kamu bisa memberikan kabar dan mengirimkan foto berupa informasi bahwa kamu mengalami insiden yang menyebabkan perjalanan terhambat, belum tentu ia langsung percaya.

Pada titik inilah kamu bisa lebih mudah mengetahui fungsi PAP. Berdasarjan contoh PAP di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PAP menjadi alat bukti tentang keberadaan dan kondisi yang sedang kamu alami, dalam konteks penggunaan media sosial.

Nah, meski memiliki banyak fungsi, kamu tetap harus berhati-hati ketika posting foto. Karena bukan tidak mungkin, foto kamu dan teman-temanmu justru bisa disalahgunakan. Misalnya, foto kamu disalahgunakan pihak lain untuk penipuan dengan meretas social media, mendapatkan kredit di fintech, mempermalukan kamu menggunakan media pornografi, dan masih banyak lagi.

Sehingga, apapun yang ada d dalam foto dan bagaimanapun pose-nya, foto dan semua data-data kamu di media sosial adalah milikmu, hakmu, dan orang lain tidak berhak memilikinya dan menyebarluaskan tanpa izin. Berikut ini tips agar data dirimu tidak disalahgunakan.

Cek Pengaturan Privasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek privacy settings atau pengaturan privasi. Semua media sosial memberikan fitur ini kepada penggunanya. Misalnya, mengatur foto yang bisa dilihat teman-teman tertentu, atur akun hanya kamu yang bisa meminta pertemanan, orang lain tidak bisa melakukannya, atur pula bahwa statusmu tidak bisa dibagikan (share), dan lainnya. Dengan cara ini, kamu bisa membentengi data pribadi agar tidak disalahgunakan.

Mengetahui teman di media sosial. Apakah kamu mengenal semua teman dalam daftar media sosial? Jika tidak, kamu berhak menghapusnya atau membiarkan dia menjadi teman tetapi kamu membuat kelompok teman-teman mana yang bisa melihat foto dan status, atau story-mu.

Matikan GPS

Sebelum foto atau menjepret obyek, ada baiknya mematikan GPS yang memuat informasi di mana kamu berada. Apalagi jika hasil foto tersebut akan diunggah ke media sosial.

Jangan Bagikan Informasi Penting

Ketika mengunggah di media sosial, jangan sampai kamu memberikan informasi penting. Seperti lokasi rumah, hotel, atau tempat saat kamu berada, logo sekolah (jika kamu foto bersama keponakan yang memakai seragam sekolah), jangan memperlihatkan isi rumah atau kamar, dan jangan mengunggah story atau status yang menyatakan kamu sedang sendiri.

Protes Ketika Ada yang Menggunakan Fotomu Tanpa Izin

Jika ada temanmu yang mengunggah foto, status, atau story yang berhubungan dengan hal di atas, kamu berhak protes dan meminta teman tersebut untuk menghapusnya. Begitu juga sebaliknya. Kamu harus hati-hati dalam mengunggah apapun yang berhubungan dengan orang lain. Waspadalah soal keamanan data di media sosial. Sehingga kamu semakin memahami apa itu PAP dan tujuannya.

Sudah memahami kan arti PAP yang sesungguhnya. Meski begitu, perkembangan zaman seperti saat ini banyak orang yang menyalahgunakan istilah ini untuk mengirimkan foto oleh lawan bicaranya, di mana foto yang dikirimkan adalah foto yang tidak senonoh. Jadi, mulai jaga privasi dan keamananmu mulai sekarang dan jangan asal kirimkan foto ketika ada seseorang yang minta PAP.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait