Banking

Apa Itu Black Card? Ketahui Keistimewaan dan Biayanya

Ajaib.co.id – Sebenarnya apa itu Black Card? Akhir-akhir ini Black Card sedang viral di kalangan milenial dan pengguna aplikasi Tiktok.

Katanya, kartu kredit yang didesain elegan berwarna hitam tersebut tidak semua orang bisa memilikinya. Hanya orang-orang tertentu saja, bahkan orang tersebut merupakan orang yang memiliki kekayaan di atas rata-rata.

Black Card hanya bisa dimiliki oleh orang-orang elite dan miliarder dunia. Nampaknya, orang-orang tersebut memiliki kekayaan yang bukan sekadar kaya, sebab tak sembarangan orang bisa memiliki kartu yang sedang viral di kalangan milenial itu.

Jika saat ini kamu belum bisa memiliki Black Card, jangan khawatir. Mungkin tahun depan atau beberapa tahun lagi kamu bisa memilikinya. Untuk itu, mari ketahui terlebih dahulu apa itu Black Card, manfaat dan biaya kartu kredit kelas elite tersebut.

Apa Itu Black Card?

Black Card seperti sebutannya merupakan kartu kredit yang didesain dengan warna hitam. Kartu tersebut terlihat sangat elegan dan berkelas, sesuai dengan level si pemegang kartu. Black Card sebenarnya adalah American Express Centurion Black Card.

Bukan sekadar kaya, pemilik kartu ini harus orang yang langsung diundang oleh American Express Centurion Bank sendiri. Sehingga, tak semua orang berduit bisa memiliki kartu ini.

Pada kenyataannya, Black Card bukan kartu kredit seperti bank-bank pada umumnya. Tak seperti kartu kredit pada umumnya, Black Card merupakan charge card yang tagihannya harus dibayar penuh setiap bulannya oleh si pemegang kartu.

Fungsi dari kartu tersebut lebih canggih daripada sekadar kartu kredit. Tentunya, semua keistimewaan tersebut harus dibayar mahal pula oleh pemegangnya. Wajar ya, sesuatu yang istimewa harus dibayar dengan mahal pula.

Sebelum booming di Indonesia, sebab mertua Raffi Ahmad yang baru-baru ini menjadi pemilik The Black Card, kenyataannya Black Card sudah ada sejak tahun 1999, loh. Sejak saat itu, kartu ini memang dipakai oleh para miliader. Hanya saja, Black Card baru viral di Indonesia sebab ada pesohor dalam negeri yang memilikinya.

Keistimewaan Manfaat Black Card

Bagi kamu generasi milenial pasti penasaran dengan kartu yang sedang menjadi bahan perbincangan hampir semua orang di media sosial ini. Bahkan, mungkin kamu bermimpi untuk memilikinya suatu saat nanti.

Meskipun sulit mendapatkan Black Card, paling tidak kamu bisa mengetahui keistimewaan dan manfaat kartu ini.

Black Card bisa digunakan untuk membiayai biaya hidup orang elite, tentunya dengan jumlah yang sangat besar bahkan dengan harga fantastis, berbeda dengan kartu kredit biasa. Sudah pasti, dengan keistimewaan tersebut penggunanya akan membayar dengan harga mahal pula.

Memiliki kartu ini akan menerima sejumlah fasilitas mewah. Seperti keuntungan akses layanan kelas VIP di 32 bandara, gratis hotel dengan banyak pilihan, akses lounge bandara kelas VIP, dan layanan concierge 24 jam.

Pemegang Black Card juga bisa menghadiri acara selebritas dan hiburan, serta penawaran terhadap fasilitas olahraga dan kuliner. Manfaatnyamenarik, bukan?

Tak hanya keistimewaan di atas saja, pun pemiliknya akan mendapatkan fasilitas penyewaan jet pribadi untuk berpergian juga. Ada rewards yang didapatkan jika melakukan transaksi dengan kartu ini.

Misalnya akan ada 1 poin reward pada setiap USD1 dan ada 1,5 poin setiap USD1 transaksi untuk pembelian di atas USD5000 dengan tambahan poin sampai 1 juta setiap tahunnya.

Yang lebih menarik lagi, kamu bisa menikmati beberapa toko seorang diri. Sebab, beberapa toko rela tutup apabila kamu ingin berbelanja secara pribadi di toko tersebut. Benar-benar menyenangkan sekali ya memilikinya.

Benefit Melimpah, Biaya pun Tak Murah

Sudah pasti dengan banyaknya keistimewaan dan manfaatnya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak akan murah. Memang, kartu ini diciptakan untuk orang kaya yang memiliki uang melimpah. Itulah kenapa dia pantas mendapatkan kartu eksklusif ini.

Saat pertama kali memiliki kartu ini, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp110 juta untuk initiation fee. Setelah itu, kamu harus membayar biaya Rp73 juta setiap tahunnya.

Menurutmu biaya Black Card ini mahal atau murah? Tentu jawaban setiap orang akan berbeda-beda.

Meskipun kamu kaya raya bukan berarti kamu bisa mendapatkan kartu ini dengan mudah. Sebab, kamu harus menghabiskan dana Rp3 miliar sampai Rp14 miliar setiap tahunnya, agar bisa diundang oleh American Express untuk mendapatkannya.

Meskipun kamu bisa menghabiskan uang sebanyak itu setiap tahunnya, bukan berarti kamu bisa kapan saja bisa mendapatkan kartu tersebut, ya.

Sebab, untuk mendapatkannya hanya bisa dari undangan langsung dari American Express. Jadi memiliki kartu ini sangat eksklusif.

Bahan Black Card Bukan Sembarangan

Apabila kartu pada umumnya terbuat dari plastik tebal, maka berbeda dengan Black Card yang memang diperuntukan bagi orang-orang istimewa ini. Kartu ini terbuat dari anodized titanium. Bukan plastik lagi, melainkan logam.

Logam tersebut pun diproses pelapisan secara elektrokimia yang bertujuan untuk mempertebal atau memperkuat lapisan protektif alami. Berat Black Card sekitar 14 gram.

Itu dia uraian tentang apa itu Black Card serta keistimewaan dan biaya memiliki kartu kredit kelas elite ini.

Sudah jelas memilikinya akan menjadi privilege tersendiri. Tapi, tetap ingat mengenai biaya tahunan dan lainnya yang harus kamu bayar, ya.

Perhatikan juga apakah kamu memang membutuhkan fasilitas yang ditawarkan dengan memiliki kartu hitam ini. Jangan sampai sudah punya Black Card namun jarang dipakai. Sayang banget, kan?

Artikel Terkait