Investasi, Milenial

Alasan Mengapa Perempuan Perlu Berinvestasi

Alasan Mengapa Perempuan Perlu Berinvestasi
Alasan Mengapa Perempuan Perlu Berinvestasi

Ajaib.co.id – Zaman digital seperti ini, banyak cara yang dapat dilakukan perempuan untuk dapat hidup bahagia, sejahtera dan masa depan cerah. Kesempatan belajar dan bekerja yang luas membuat perempuan kini memiliki banyak pilihan untuk memperbaiki kehidupannya.

Kesejahteraan tidak hanya soal lahir dan batin, namun juga keuangan. Salah satu kunci penting mencapai kesejahteraan keuangan adalah dengan berinvestasi. Kendati demikian, banyak kaum perempuan yang menghentikan langkah investasinya pada menabung. Padahal, menempatkan penghasilan pada tabungan hanya memberikan bunga yang kecil.

Sampai sekarang, dunia investasi masih didominasi oleh laki-laki. Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), dari 2.484.354 investor di pasar modal, komposisi investor perempuan dan laki-laki di pasar modal adalah 40:60. Sedangkan dari sisi aset, jumlah aset yang dimiliki perempuan bahkan lebih kecil lagi, yaitu 21 persen sedangkan laki-laki menguasai 79 persen aset. 

Mengapa Perempuan Harus Berinvestasi?

Perempuan harusnya tidak kalah dari laki-laki dari segi investasi. Anggapan bahwa investasi hanya cocok untuk laki-laki, justru keliru. Investasi adalah upaya untuk menyeimbangkan antara kebutuhan, pengeluaran dan sumber pendapatan. Fungsi investasi yang seperti ini menguntungkan kedua gender, tidak hanya laki-laki saja.

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi perempuan. Mengingat bahwa angka harapan hidup bagi perempuan lebih tinggi, investasi bisa membantu perempuan untuk menghadapi masa tua. Selain itu, berikut adalah alasan mengapa perempuan harus berinvestasi:

  • Kesetaraan secara finansial

Secara lahir maupun batin, penting untuk perempuan bisa mencapai kesetaraan dan kemandirian secara finansial. Terutama dalam menghadapi masalah seperti kesenjangan gaji maupun pajak. Ingatlah bahwa laki-laki yang menikah dan/atau punya anak akan diberikan pengurangan pajak, sedangkan perempuan tidak.

Investasi adalah salah satu cara terbaik bagi perempuan untuk memastikan bahwa diri mereka punya potensi untuk mengakumulasikan jumlah kekayaan yang sama dengan laki-laki.

  • Mewujudkan tujuan keuangan

Tujuan keuangan ada beragam. Melanjutkan pendidikan, menabung dana darurat, menyiapkan dana pendidikan anak, menabung untuk pengeluaran besar (seperti rumah atau pernikahan), atau hanya menumbuhkan kekayaan adalah beberapa contohnya. Berinvestasi dapat menjadi cara paling cerdas untuk menjangkau tujuan-tujuan tersebut.

  • Perempuan akan hidup lebih lama

Berdasarkan data dari PBB, perempuan berumur lebih panjang daripada laki-laki. Karena itu pula, perempuan membutuhkan dana yang lebih banyak untuk bertahan hidup.

Maka penting untuk perempuan berinvestasi dan menyiapkan dana pesiunnya sendiri. Meskipun kaum perempuan menabung uang dengan persetanse sama dengan yang ditabung oleh laki-laki, tapi mereka belum tentu mendapatkan jumlah yang sama. Karena penghasilan yang didapat perempuan kebanyakan masih lebih kecil daripada yang didapat laki-laki.

Pada dasarnya, uang akan sulit bertahan lama di dalam kantong jika hanya disimpan tanpa ada strategi investasi. Selagi perempuan masih produktif, bukanlah ide buruk untuk mulai berinvestasi.

Jenis Investasi yang Cocok Bagi Perempuan

Penting untuk memilih instrumen investasi yang tepat sehingga lebih mudah dan jelas pengelolaannya. Berikut ini jenis investasi yang cocok bagi perempuan dan cukup menjanjikan:

  • Perhiasan

Sebagian besar perempuan suka belanja dan memakai perhiasan. Selain dapat digunakan untuk mempercantik penampilan terutama di acara-acara khusus, perhiasan berbahan emas juga dapat dijadikan pilihan investasi jangka panjang.

Tapi bagi perempuan yang kurang suka dengan perhiasan bisa juga membeli emas batangan. Sekarang membeli perhiasan atau emas batang tidak harus datang langsung di toko emas tapi juga bisa melalui platform online. Harga emas hari ini punya nilai yang relatif stabil hingga masa yang akan datang.

  • Deposito

Selain melakukan investasi emas, deposito juga bisa dipilih untuk investasi masa depan. Ada pilihan jangka waktu yang bisa dipilih, biasanya mulai 3, 6, hingga 12 bulan dengan besaran bunga yang berbeda, dan nilainya lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Tapi, kamu tidak bisa mengambil uang seenaknya, harus menunggu hingga jatuh tempo jika tidak ingin terkena penalti dari pihak penyedia deposito tersebut.

  • Investasi saham

Investasi saham saat ini berbeda dengan investasi jaman dulu yang membutuhkan modal cukup besar. Kini, mulai dengan Rp 100 ribu sudah bisa memulai investasi saham. Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah mengenai besaran jual-beli saham minimum per-lot atau 100 lembar.

Seperti saham dengan likuiditas tinggi sejenis Telkom (TLKM) memiliki harga sekitar Rp 2.700 perlembar. Dengan kata lain, jika ingin membeil satu lot saham TLKM maka bisa menyiapkan modal sebesar Rp 270 ribu. Dengan begitu bisa disesuaikan terhadap ketersediaan dana yang dimiliki.

  • Reksa Dana

Tidak harus menguasai keuangan untuk berinvestasi lewat reksa dana. Mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga bisa mencoba investasi ini. Di sini, Manajer Investasi akan mengumpulkan dana, dan mengalokasikannya ke berbagai instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi, maupun saham.

Pastikan kamu memilih pihak yang ahli di bidangnya, dan telah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Investasi ini bisa dicairkan atau dijual kapan saja, tanpa terkena pajak. Prosesnya pun semakin mudah karena sekarang makin banyak platform online yang menyediakan layanan investasi reksa dana, termasuk Ajaib.

Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai investasi selain sekarang juga. Jika masih bingung menentukan investasi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, Ajaib siap membantu kamu.

Di Ajaib, kami memberikan pilihan produk investasi terbaik yang dapat membantu dalam berinvestasi. Ajaib adalah agen penjual reksa dana lewat platform online yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, investasi bersama kami terjamin legal dan aman.

Kami bekerja sama dengan banyak manajer investasi andal yang bisa dipilih untuk mengelola investasimu. Para manajer investasi tersebut selama ini sudah terkenal memiliki kinerja yang baik dalam dunia investasi sehingga uangmu dikelola oleh tangan yang tepat.

Investasi dengan Ajaib bisa dimulai dengan dana Rp10.000 saja dan bisa ditingkatkan sesuai dengan kemampuan finansialmu. Kelebihan lainnya adalah kami menghadirkan pilihan yang sesuai dengan minat dan tema. Pilihan tersebut terbagi untuk memudahkanmu yang masih awam dalam dunia investasi untuk menjatuhkan pilihan pada produk reksa dana yang tepat. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait