Saham

Saham TBLA, Layak Dimiliki atau Dihindari?

saham tbla

Di tengah isu lingkungan, saham TBLA masih menunjukkan pergerakannya. Apakah saham sektor agrikultur layak dimiliki atau dihindari?

PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) merupakan perusahaan perkebunan multinasional yang berdiri pada 1981. Perusahaan ini terdaftar sebagai anggota Sungai Budi Group, perusahaan pelopor di industri pertanian di Indonesia, yang berdiri sejak 1947.

Adapun produk PT Tunas Lampung Tbk antara lain minyak kelapa sawit, minyak inti sawit, stearin, dan gula. Pada 14 Februari 2000, perusahaan mencatatkan saham pertama kali di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan kode emiten TBLA.

Meski ada tekanan isu lingkungan dan penurunan harga minyak sawit mentah atau crude palm oil, TBLA berhasil membukukan pendapatan usahanya. Dikutip dari Kontan.co.id , Jakarta 10/09/2019), pada semester I-2019, laba bersih saham TBLA tercatat sebesar Rp 4,12 triliun atau naik 3 persen dari semester I-2018 sebesar Rp4 triliun.

Faktor pendapatan yang naik tersebut karena perusahaan fokus pada penjualan di hilir, yaitu sabun, minyak goreng, margarin, dan biodiesel. Harga saham TBLA pada Rabu (11/09/2019) adalah Rp935 per lembar.

Jika melihat harga dan kinerja emiten, saham TBLA layak dimiliki. Tetapi kebijakan dan isu politik harus dipertimbangkan sebelum memilikinya. Sekarang kamu ingin menjadi investor atau trader saham? Kalau ingin keduanya, ada beberapa hal yang harus kamu kuasai.

Edukasi

Jika kamu ingin trading saham, belajar mengenai dunia pasar modal. Tak hanya mempelajari analisis teknikal dan fundamental, bekali dirimu dengan menguasai trading tools. Jika ada kesempatan, ikuti seminar dan workshop pasar modal. Di sini, selain mendapatkan ilmu pasar modal, kamu akan mendapatkan networking dan bertukar pengalaman trading.

Memperbarui Informasi

Selalu memperbarui informasi mengetahui kondisi pasar, kebijakan pemerintah, dan situasi politik dari media tepercaya. Karena hal tersebut ikut memengaruhi pergerakan saham dan kinerja perusahaan. Dan tentu akan berpengaruh pula terhadap keputusanmu untuk membeli atau menjual saham. Selain itu, cek juga informasi harga saham sebelum kamu membelinya ya, karena harga saham akan selalu berbeda setiap harinya.

Perencanaan Keuangan

Pisahkan modal trading dengan uang pribadi. Gunakan modal untuk membeli saham dengan prospek menggiurkan. Kalau kamu investor sekaligus trader yang risk taker, buka rekening Efek di dua perusahaan berbeda. Ini membantumu dalam memisahkan modal.

Jika saham telah menunjukkan return yang diharapkan, segera realisasikan. Karena ada kemungkinan harga saham turun atau semakin naik. Dan jangan tergoda membeli saham lagi, kalau modalmu sudah habis. Akibatnya kamu dipaksa untuk mengambil uang pribadi. Sebaiknya pikirkan dengan matang, saham yang akan dilepas atau disimpan.

Risiko

Apapun investasinya, pasti ada risiko yang menemaninya. Terima saja risiko dan kegagalan dalam trading. Evaluasi dan kembali bertransaksi. Pengalaman pahit bisa menjadi bekal pengetahuan, agar kamu tidak tersandung ke depannya.

Sebelum membeli saham, termasuk saham TBLA, kamu harus menetapkan tujuan dan alasannya. Apa tujuan membeli? Berapa return yang diinginkan? Hasil return akan digunakan untuk apa saja? Apakah harga saham masih masuk akal? Pikirkan sebaik-baiknya sebelum memiliki saham. 

Nah, jika seluruhnya sudah kamu pikirkan dengan baik dan matang, kamu bisa memulai investasi dengan mudah melalui aplikasi online Ajaib. Di mana, dengan Ajaib kamu bisa melakukan investasi kapan dan di mana saja, dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Selain itu, bagi kamu investor pemula, di Ajaib kamu bisa dibantu memulai investasi dengan manajer investasi tepercaya dan melakukan investasi sesuai dengan tujuan investasimu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang dan dapatkan keuntungannya sekarang juga!

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait