Saham

Mengenal Saham SMGR dan Perlukah Diversifikasi Investasi?

saham smgr

Ajaib.co.id – Awal tahun 2019 lalu, harga saham SMGR menunjukkan pergerakan positif. Namun saham PT Semen Indonesia Persero Tbk (SMGR) ini menurun ketika memasuki minggu kedua September hingga hari ini 22 Januari 2021. Di mana, harga saham SMGR hari ini sebesar Rp12.150 per lembar saham.

Mengenal Saham SMGR

Saham SMGR adalah saham milik PT Semen Indonesia Tbk. Perusahaan berdiri pada 7 Agustus 1957 di Gresik, Jawa Timur, dengan nama awal PT Semen Gresik. Pada 8 Juli 1991, perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Awal Agustus 2019 lalu, BEI baru saja merilis Indeks IDX Growth30. Ini adalah indeks yang menilai saham dari tren pertumbuhan rasio Price-to-Earnings (PER Trend) dan tren pertumbuhan rasio Price-to-Sales (PSR Trend), dan kinerja keuangan yang baik. Saham SMGR, salah satu saham yang bertengger dalam IDX Growth30 bersama TLKM, BBCA, INTP, dan lainnya.

Saham SMGR di Lepas Asing di Januari 2021

Indeks harga saham gabunga (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kamis 21 Januari 2021 bergerak fluktuatif dalam kisaran 6.399,67 hingga 6.504,99 sebelum akhirnya ditutup terkoreksi 15,87 poin (0,25%) menjadi 6.413,89. Investor asing mencatat transaksi jual bersih (net sell) di semua pasar sebesar Rp 143,85 miliar.

Berdasarkan data dari RTI, ada beberapa saham yang banyak dilepas asing (net sell) di pasar reguler, salah satunya saham dari PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Lakukan Diversifikasi untuk Kurangi Risiko Investasi

Setiap investasi pasti ada risiko. Termasuk investasi di saham SMGR dkk. Mengingat risikonya, jangan menempatkan dana di satu jenis instrumen. Sebaiknya melakukan diversifikasi investasi.

Diversifikasi investasi adalah menanamkan modal ke berbagai jenis instrumen investasi. Sehingga investor punya beraneka ragam instrumen. Misalnya kamu yang telah berinvestasi di saham SMGR dan logam mulia dengan nilai yang sama. Suatu saat, harga saham turun 10 persen tetapi harga logam mulia melejit 12 persen. Kondisi tersebut bisa saja membuatmu tidak rugi. Karena keuntungan logam mulia lebih tinggi.

Investor yang memahami bahwa mengelola aset itu penting, ia akan mendiversifikasikan instrumen investasi. Pasalnya hal tersebut dapat memaksimalkan keuntungan sekaligus meminimalisir kerugian. Berikut pilihan diversifikasi investasi:

1. Saham

Ketika ekonomi suatu negara tumbuh dengan baik, investasi saham menjadi incaran investor. Tentu, investasi ini menawarkan untung besar dengan risiko besar. Naik dan turunnya harga saham adalah hal wajar. Yang penting adalah kamu mempelajari faktor yang memengaruhi harga saham. Oleh karena itu investasi saham cocok untuk ditekuni jangka panjang.

2. Reksa Dana

Ini adalah jenis investasi yang bersifat beragam. Reksa dana juga memiliki berbagai jenis, yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran (berisikan portofolio saham, obligasi, atau pasar uang). Selain itu, investasi ini terkenal dengan cara mudah, karena tak perlu memantau investasi setiap hari. Dan harga terjangkau, karena kamu bisa investasi mulai dari Rp100 ribu.

3. Obligasi

Saat ekonomi melemah, obligasi layak kamu pertimbangkan sebagai diversifikasi investasi. Obligasi adalah surat utang berjangka yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Ketika kamu investasi melalui obligasi, itu artinya kamu meminjamkan uang kepada pemerintah atau perusahaan. Mereka yang berutang kepada investor berjanji akan mengembalikannya beserta bunga.

4. Logam Mulia

Membeli logam mulia atau biasa disebut emas menjadi investasi pilihan masyarakat. Karena barang mudah didapatkan, cara membelinya pun mudah, dan berfungsi melindungi nilai uang jika terjadi inflasi maupun kondisi ekonomi tak menentu.

Perlukah melakukan diversifikasi atau tidak? Hal itu tergantung kebutuhanmu. Tetapi kalau kamu menyadari pentingnya mempertahankan aset yang dimiliki, lakukan diversifikasi dengan tepat dan kenali faktor risikonya.

Jika sudah memiliki saham SMGR, pertimbangkan untuk diversifikasi investasi ke instrumen lain.

Nah, kini kamu tidak perlu repot melakukan diversifikasi investasi, karena hanya dalam 1 aplikasi yaitu Ajaib, kamu bisa membeli berbagai jenis saham ataupun reksa dana. Sehingga, kam bisa lebih mudah melakukan diversifikasi dalam satu platform. Jadi tunggu apalagi? Mulai investasi kamu sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait