Saham

Daftar Properti PPRO Saham di Sekitar Ibu kota Baru

ppro-saham

Ajaib.co.id – Presiden Jokowi secara resmi memutuskan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur pada akhir Agustus lalu. Lokasi baru tersebut berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sisanya di Kutai Kartanegara. Pengumuman ini langsung berdampak pada pergerakan pasar saham, khususnya yang bergerak di sektor properti, termasuk PPRO saham.

Saham dari PT PP Properti Tbk (PPRO) memang terimbas langsung begitu ada embusan isu perkara ibu kota pindah. Harga saham perusahaan ini bahkan melonjak dibandingkan pesaingnya hingga 21,57%. Jumlah transaksi tertingginya mencapai Rp58 miliar atau hampir sepuluh kali lipat dari transasi perdagangan per hari biasanya.

Kenaikan harga PPRO saham bukan tanpa alasan. Perusahaan ini dinilai paling tanggap akan isu pemindahan ibu kota ini. Perusahaan ini diketahui telah melakukan kajian mendalam terhadal lahan ibu kota baru ini selama beberapa bulan terakhir. Bahkan, ada lahan seluas 500 hektar yang siap digarap dengan kerja sama mitra dari perusahaan lokal di Kalimantan Timur.

PT PP Properti sendiri bergerak di bidang infrastruktur berupa pembangunan apartemen, hotel, pemukiman, dan pusat hiburan. Berbagai propertinya saat ini sudah berdiri dan beroperasi di Balikpapan selama beberapa tahun. Balikpapan adalah kota bisnis dan industri dengan nilai ekonomi terbesar di Kalimantan. Lokasinya juga potensial karena hanya berjarak 150 kilometer.

Profile Bisnis Saham PPRO

Perusahaan properti ini didirikan pada tahun 2013 sesuai Akta Pendirian Perseroan Terbatas No.18 tanggal 12 Desember 2013. PT PP Properti Tbk mengintegrasikan pengembangan yang didukung adanya fasilitas yang beragam dan lengkap sehingga menjadikan penghuninya berkembang sehat lahir batin. Lebih dari 20 tahun, PT PP Properti Tbk yang menjadi pemisahan dari Divisi Properti dari PT PP (Persero) Tbk telah mengembangkan kemampuannya di segala bidang, antara lain membangun Perumahan Otorita Jatiluhur tahun 1991. Kini, PT PP Properti Tbk memiliki 3 (tiga) unit Bisnis, yaitu Komersial, Residensial dan Hotel.

PT PP Properti Tbk terus berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya dengan mengombinasikan segala pengetahuan dan kemampuan karyawan, dari segi desain maupun kualitas pembangunan yang semakin baik dan berkomitmen kepada pelanggan serta suppliernya.

Properti Perusahaan Saham PPRO

Berikut adalah 2 properti perusahaan dengan kode PPRO Saham yang sudah berdiri dekat dengan Penajam Paser Utara.

#1 Swiss-Belhotel Balikpapan

Hotel bintang 4 ini memiliki 230 kamar dan ballroom dengan kapasitas 2000 orang. Kamarnya tersedia mulai dari presidential suite, executive studio, superior deluxe, dan deluxe room. Rate hotel ini mulai dari Rp700.000 per malam untuk kamar paling sederhana. Hotel ini bisa ditempuh dari Bandara International Sepinggan hanya dengan 15 menit berkendara.

Properti ini juga dilengkapi dengan apartemen berjumlah 25 kamar. Tersedia 2 tipe studio yaitu berkapasitas 2 kamar tidur dan 3 kamar tidur untuk tiap apartemen.

dan merupakan hotel terbesar milik PPRO. Tersedia pula apartemen di properti ini dengan jumlah 25 kamar dan dua tipe studio. Salah satu keunggulannya adalah pemandangan laut yang bisa dinikmati. Kelebihannya adalah pemandangan laut yang bisa dinikmati oleh penghuni apartemen ini. Swiss-Belhotel Balikpapan adalah hotel terbesar yang dimiliki oleh perusahaan ini.

#2 Balikpapan Ocean Square

PT PP Properti juga memiliki mall sebagai pusat perbelanjaan dan rekreasi yang tak jauh dari ibu kota baru. Mall dengan 4 lantai ini dibuka pada tahun 2017 silam dan menjadi salah satu pusat keramaian. Tersedia berbagai tenant mulai dari fashion, bioskop, dan kuliner.

Konsep mall ini dibangun sebagai areal bisnis sekaligus bersantai dengan keluarga. Keunikannya adalah kombinasi dari pasar modern dan tradisional oleh berbagai tenant yang ada. Pusat perbelanjaan ini juga dilengkapi dengan food area yang menghadap ke laut. 

Saham PPRO di 2020

Mengacu pada data Bursa Efek Indonesia, harga saham PPRO sejak awal tahun hingga 20 Januari 2020 terkoreksi 16,18% ke level Rp57 per saham. Namun, hari ini 4 Mei 2020, harga saham PPRO ada di level Rp 50 per lembar saham.

Direktur Keuangan PT PP Properti mengungkapkan, porsi kepemilikan saham PPRO Jiwasraya dan Asabri bila dijumlahkan mencapai 13%. Di mana, porsi kepemilikan ini belum mengalami perubahan hingga 20 Januari 2020, yaitu Jiwasraya dengan kepemilikan 8% saham PPRO dan Asabri 5%.

Kendati harga saham perseroan sedang bergerak volatil, Direktir Keuangan PT PPRO menyatakan bahwa hal ini berada di luar kendali manajemen PPRO. Di mana, pergerakan saham kembali kepada mekanisme pasar.

Kasus Jiwasraya dan Asabri saat ini sedang menarik perhatian publik. Di mana, kerugian negara akibat Jiwasraya ditaksir mencapai Rp13,7 triliun sedangkan di Asabri diproyeksikan mencapai Rp10 triliun. Di mana, kejaksaan Agung menahan lima orang tersangka dugaan korupsi Jiwasraya setelah sebelumnya maraton melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi.

Kelima tersangka tersebut adalah Dirut PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat, Direktur Keuangan Jiwasraya Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo, Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan. Sementara, kasus Asabri, Badan Pemeriksa Keuangan tengah melakukan pemeriksaan investigatif yang memiliki indikasi permasalahan dalam pengelolaannya.

Nah, jika kamu ingin terhindar dari risiko yang sulit dikendalikan, kamu bisa mencoba investasi reksa dana. Di mana, dengan reksa dana kamu bisa memulai investasi kapan dan di mana saja hanya dengan modal awal Rp10 ribu. Selain itu, reksa dana juga memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan tujuan investasi kamu.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja. Selain itu, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu tidak perlu lagi ragu akan keamanannya. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai nabung reksa dana kamu sekarang juga d


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait