Saham

Mengenal Pasar Saham & Fakta-Fakta yang Wajib Diketahui

Mengenal Pasar Saham & Fakta-Fakta yang Wajib Diketahui

Ajaib.co.id – Pasar saham sekarang sudah berkembang menjadi tempat transaksi dengan nilai paling besar di dunia. Kamu bahkan bisa ikut mendapatkan keuntungan jika tertarik untuk berinvestasi. Untuk tahu seluk beluknya, simak sejumlah fakta pasar saham berikut ini.

Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan pasar saham yang sekarang jadi pusat transaksi saham di Indonesia. Setiap harinya, ada miliaran lembar saham yang dijualbelikan di pasar modal itu. Perusahaan mendapatkan dananya dari para investor yang menanamkan modal di setiap transaksi yang terjadi.

Dalam proses jual beli inilah maka instrumen seperti saham dan reksa dana menjadi bernilai. Para investor yang membeli saham atau reksa dana diuntungkan dari kenaikan atau penurunan yang terjadi. Namun tahukah kamu kapan perdagangan saham di Indonesia bermula? Yuk simak penjelasannya dari Ajaib berikut ini.

Sejarah Pasar Saham di Indonesia

Secara historis, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya pada tahun 1912 di Batavia. Pasar modal ketika itu didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah kolonial atau VOC.

1. Pasar Saham di Tahun 1914-1918

Dalam perjalanannya, bursa efek di Batavia ini sempat ditutup selama Perang Dunia I pada tahun 1914 hingga 1918. Perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak berjalan seperti yang diharapkan, bahkan pada beberapa periode kegiatan pasar modal mengalami kevakuman.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti perang dunia ke I dan II, perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial kepada pemerintah Republik Indonesia, dan berbagai kondisi yang menyebabkan operasi bursa efek tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2. Pasar Saham di Tahun 1925-1989

Kemudian pada tahun 1925-1942, bursa efek di Jakarta kembali dibuka, bersamaan dengan beroperasinya bursa efek di Semarang dan di Surabaya.Namun, ketika perang dunia II berlangsung, semua bursa efek di Indonesia pun ditutup sejak 1939 hingga 1952. Pada 3 Juni 1952, presiden Soekarno membuka kembali bursa efek di Jakarta.

Akan tetapi, keberadaan bursa efek kembali tidak aktif ketika ada program nasionalisasi perusahaan Belanda pada tahun 1956, yang berujung pada kevakuman hingga 1977. Pemerintah Republik Indonesia mengaktifkan kembali pasar modal pada tahun 1977, dan beberapa tahun kemudian pasar modal mengalami pertumbuhan seiring dengan berbagai insentif dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.

Pada Agustus 1977, presiden Soeharto meresmikan Bursa Efek Jakarta. Kemudian pada Juni 1989, Bursa Efek Surabaya mulai beroperasi.

3. BEJ dan BES Merger dan Lahirlah BEI

Pada tahun 2007, Bursa Efek Jakarta merger dengan Bursa Efek Surabaya dan berganti nama menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada November 2015, BEI mulai mengkampanyekan Yuk Nabung Saham untuk menarik minat masyarakat berinvestasi di pasar modal.

Seiring dengan kebijakan tersebut, BEI juga menerbitkan sejumlah kebijakan seputar perdagangan saham seperti ketentuan mengenai lot size, tick priceauto-rejection, relaksasi margin, dan berbagai kebijakan lainnya yang bertujuan memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal.

Salah satu fakta pasar modal yang tak terbantahkan adalah kaitannya yang sangat erat dengan berbagai sentimen yang terjadi. Bisa dikatakan kondisi dunia sangat berhubungan dengan dinamika pasar modal. Seperti yang terjadi 1 tahun terakhir ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEI ikut terpengaruh.

Meski demikian, hal ini bukannya bergerak statis. Tetap terjadi perubahan di pasar modal Indonesia. BEI masih mencatatkan pertumbuhan investor sebesar 8% dari tahun 2019, menjadi 2,68 juta investor yang berasal dari investor saham, reksa dana, dan obligasi. Dari jumlah tersebut, investor saham mencapai 43% dari total investor, atau meningkat 5% dari tahun 2019.

Pada perdagangan Senin 24 Agustus 2020 saja, total volume transaksi saham di BEI mencapai 15,63 miliar dengan rata-rata nilai transaksi sebesar Rp 9,23 triliun dan frekuensi perdangan 798.072 kali. Geliat saham yang terus terjadi menunjukkan fakta pasar saham sebagai pusat perdagangan modern yang tak pernah henti.

Apa itu Pasar Saham?

Menurut Wikipedia, pasar saham adalah kumpulan penjual dan pembeli saham yang mewakili klaim kepemilikan atas bisnis; termasuk didalamnya sekuritas yang terdaftar pada bursa saham publik, juga saham yang diperdagangkan secara swasta, seperti saham-saham perusahaan swasta yang dijual kepada investor melalui platform crowdfunding ekuitas.

Investasi di sini sering dilakukan melalui pialang saham dan platform perdagangan (trading) elektronik dan biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan strategi investasi.

Pasar saham sering juga disebut bursa saham atau bursa efek adalah tempat dimana dilakukan perdagangan saham dan instrumen finansial lainnya. Bursa saham pada hakekatnya tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional yang selama ini kita kenal. Di sana ada pembeli, penjual dan juga kegiatan tawar-menawar harga.

Cara Kerja Bursa Saham

Pasar saham memberikan fasilitas yang aman dan memiliki regulasi yang membantu peserta atau investor dapat bertransaksi dengan aman serta risiko operasi yang minim.

Pasar saham dibagi menjadi dua, yaitu pasar perdana dan sekunder. Pasar perdana adalah pasar di mana perusahaan menerbitkan dan menjual saham pada publik untuk pertama kalinya. Proses ini dikenal sebagai IPO (Initial Public Offering). Di mana, perusahaan yang sudah terdaftar juga dapat menawarkan saham tambahan ke depannya. Bahkan, saham juga dapat di-buyback dan delist atau dihapus dari bursa.

Sedangkan pasar sekunder menyediakan fasilitas perdagangan saham untuk saham yang sudah terdaftar. Di mana, bursa mendapatkan keuntungan dari biaya yang dikenakan dalam aktivitas.

Partisipan yang Terkait Dalam Aktivitas Pasar

Bukan hanya investor jangka panjang dan trader yang terlibat dalam pasa saham. Ada banyak tipe pemain lainnya yang memiliki tugas berbeda dan memastikan agar pasar tetap efektif. Siapa saja mereka?

  • Perusahaan Sekuritas: Perusahaan yang berfungsi sebagai agen yang mewakili investor untuk berdagang saham.
  • Manajer Portofolio: Profesional yang berinvestasi portofolio dan mengoleksi sekuritas untuk kliennya. Misalnya, perusahaan reksa dana yang membantu investor mengelola dan menentukan strategi investasi.
  • Investment Banker: Mewakili perusahaan yang ingin IPO dan juga perusahaan yang terlibat dalam merger dan akuisisi dengan cara menangani proses pencatatan sesuai dengan persyaratan peraturan.
  • Kustodian: Penyedia jasa yang menjaga dan menyimpan produk sekuritas untuk meminimalkan risiko kehilangan.
  • Market Maker: Sekuritas terpilih yang menyediakan kuota bid dan offer suatu saham dalam jumlah yang memadai untuk memastikan likuiditas yang cukup.

Cara Pasar Saham Mendapat Keuntungan

Pendapatan utama Bursa efek adalah dari biaya transaksi yang dilaksanakan pada bursa tersebut. Selain itu, bursa juga mendapat penghasilan dari biaya yang dikenakan ketika perusahaan IPO dan melakukan penawaran lainnya.

Selain itu, pasar ini juga mendapatkan keuntungan dengan membuat lisensi untuk indeks mereka (serta metodologi di belakanganya), yang digunakan sebagai acuan untuk perusahaan aset manager sebelum meluncurkan produk finansial seperti reksa dana.

Ada banyak bursa yang menyediakan layanan kursus bersertifikasi untuk edukasi finansial, dan penghasilan dari kursus ini adalah pemasukan dari bursa juga.

Revolusi Pasar Saham yang Dinamis Mengikuti Zaman

Transaksi saham dulu hanya dilakukan di bawah pohon dengan sistem sederhana. Namun kemudian berkembang dengan adanya perkembangan teknologi. Bahkan kini transaksi bisa dilakukan dengan cara online.

Perubahan yang terus muncul ini menjadi fakta pasar saham akan terus beradaptasi dengan pola kehidupan manusia. Transaksi pasar modal secara online kini membuatnya lebih mudah dilakukan oleh semua orang. Rasanya bukan mustahil jika nantinya pasar modal akan berkembang menjadi lebih besar lagi dengan semakin tingginya partisipasi masyarakat.

Perdagangan saham online adalah evolusi terbaru dari pasar modal yang kamu kenal sekarang. Pasar modal telah mengalami banyak perubahan selama puluhan tahun keberadaannya, tetapi akarnya kembali ke abad ke-14 di Venesia.

Fakta-Fakta Pasar Saham

Untuk lebih mengenal pasar saham, Ini dia beberapa fakta pasar saham yang harus kamu ketahui.

1. Pasar Tertua

Meskipun perdagangan terlama berada di Venesia, pasar di India dan daerah lain di dunia memiliki orang-orang yang jual beli dan memperdagangkan pinjaman dan masalah utang di jalanan. Lalu nama atau judul pasar perdagangan saham pertama berada di Amsterdam. Pada 1602, bursa saham Amsterdam dimulai oleh Dutch East India Company. Sekarang dikenal sebagai Euronext Amsterdam.

2. The Big Board

Ini adalah julukan New York Stock Exchange. NYSE adalah bursa saham terbesar di dunia, dan yang terbesar di Amerika Serikat. Pasar dibuka untuk pertama kalinya pada 1792. Harga saham anggota bursa di NYSE mencapai AS$14,242 triliun dalam kapitalisasi pasar global.

3. Ticker Tapes

Sebelum kamu dapat berdagang saham secara online atau melihat saham dan sekuritas mana yang diperdagangkan secara real time di TV, komputer atau ponsel kamu, broker menggunakan kaset ticker saham yang mencetak informasi harga saham yang dikirim melalui jalur telegraf . Bunyi detak saat kertas dicetak adalah bagaimana julukan ini muncul.

4. Efek Oktober

Efek Oktober: Entah ini kebetulan atau tidak, investor dan broker menjadi gelisah di bulan Oktober karena kejatuhan pasar saham terburuk terjadi setiap di bulan Oktober.

Pada 29 Oktober 1929, kehancuran pasar modal pertama terjadi. Saham anjlok 25 persen selama beberapa hari, membuat banyak investor panik. Itu dimulai dengan kehancuran Bursa Efek London bulan sebelumnya, dan berlanjut dengan pasar yang bergejolak dan penjualan saham yang tinggi. Ini menyebabkan Depresi Hebat tahun 1930-an, yang berlangsung satu dekade.

Pada hari Senin, 19 Oktober 1987, pasar dunia mulai turun dan pada akhir bulan, pasar telah turun poin persentase besar – hampir 46 persen di Hong Kong, lebih dari 26 persen di Inggris dan hampir 23 persen di Amerika Serikat. Selain itu, pasar turun pada tahun 2002 dan 2008 juga.

Pada bulan oktober, biasanya mata para investor lebih jeli untuk melihat detail yang terjadi pada bursa saham. Pasalnya, tidak ada satupun investor yang mau menanam saham hanya untuk rugi.

5. Film Pasar Saham

Pasar atau dunia persahaman adalah panggung yang baik untuk drama, sehingga tidak mengherankan bahwa Hollywood telah menghasilkan banyak film tentang pertukaran yang terjadi di dunia saham. Namun masih sedikit film yang menceritakan kisah keberuntungan dan kegagalan yang sebenarnya. Beberapa film di antaranya ada The Big Short, Too Big to Fail dan The Wolf of Wall Street.

Jenis-Jenis Pasar Saham

BEI menggolongkan perdagangan saham dalam tiga pasar yaitu pasar reguler, negosiasi, dan pasar tunai. Apa perbedaan ketiganya?

1. Pasar Reguler

Saham-saham di pasar ini diperdagangkan dalam satuan perdagangan “lot”, dan berdasarkan mekanisme tawar menawar yang berlangsung secara terus menerus selama periode perdagangan. Harga-harga yang terjadi di pasar ini akan digunakan sebagai dasar perhitungan indeks di BEI. Pasar ini berlangsung mulai dari Senin-Jumat.

2. Pasar Negosiasi

Pasar ini dilaksanakan berdasarkan tawar menawar individual antara anggota Bursa Beli dan anggota Bursa Jual dengan berpedoman pada kurs terakhir di Pasar Reguler.

3. Pasar Tunai

Pasar ini tersedia untuk menyelesaikan kegagalan anggota Bursa dalam memenuhi kewajibannya di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi. Pasar Tunai dilaksanakan dengan prinsip pembayaran dan penyerahan seketika (cash & carry).

Nah itu dia beberapa fakta pasar saham, ternyata dunia saham sudah ada sejak lebih dari dua ratus tahun yang lalu ya. Dengan adanya fakta pasar saham ini, kamu bisa lebih mengerti tentang pergolakan saham seperti yang terjadi pada efek Oktober.

Artikel Terkait