Uncategorized

Bedah Saham IPO BAUT, Waralaba Baut dan Mur Pertama

Ajaib.co.id – Emiten yang akan segera melantai di bursa satu ini merupakan perusahaan yang mendeskripsikan diri sebagai penyedia lebih dari 60.000 Jenis Mur dan BAUT. Perusahaan ini bergerak dibidang perdagangan besar logam untuk bahan konstruksi terutama mur dan BAUT. Yuk kita bahas saham BAUT kali ini.

Profil Singkat Emiten

PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar logam untuk bahan konstruksi terutama mur dan baut ini sendiri didirikan pada tahun 2012.

Pada tahun 2016, untuk meningkatkan skala bisnis perseroan, perseroan mulai bermitra dengan RJ Steel dengan pendirian outlet RJ Steel pertama sebagai wujud kemitraan.

Pada 2017 perseroan mulai memasarkan produk PATTA, dan 2018 perseroan resmi menjadi principal supplier merek PATTA dan PTA dari King Point Enterprise Co., Ltd.

Pada tahun 2020, perseroan mulai mencoba membuka bisnis waralaba dengan nama RJ Steel dan RJ Steel Mitra, yang merupakan waralaba baut dan mur pertama di Indonesia.

Saat sebelum melaksanakan proses penawaran umum saham perdana, komposisi kepemilikan saham perseroan terdiri atas NA Fasteners Pte. Ltd. (77,61%), dan PT FAS Bersama Investama (22,39%)

Detail Rencana IPO Saham BAUT

Saham PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan 1.450.000.000 saham atas nama dengan nominal Rp10 setiap lembar saham, atau sama dengan 30.21% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp100.

Perseroan juga menerbitkan 1.160.000.000 Waran Seri I, dengan harga pelaksanaan sebesar Rp125

Prakiraan struktur pemegang saham NA Fasteners Pte. Ltd. (54,17%), dan PT FAS Bersama Investama (15.63%), dan Masyarakat (30,21%)

Penjamin pelaksana emisi efek BAUT adalah PT UOB Kay Hian Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi efek akan segera ditentukan kemudian.

Jadwal Penawaran Saham

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal : 4 -10 Januari 2022
  • Tanggal Efektif : 18 Januari 2022
  • Masa Penawaran Umum : 21 – 26 Januari 2022
  • Tanggal Penjatahan : 26 Januari 2022
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I : 27 Januari 2022
  • Tanggal Pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) : 28 Januari 2022
  • Tanggal Awal Perdagangan Waran Seri I : 28 Januari 2022
  • Perkiraan Tanggal Akhir Perdagangan Waran Seri I pada Pasar Reguler dan Negosiasi : 21 Januari  2025
  • Perkiraan Tanggal Akhir Perdagangan Waran Seri I pada Pasar Tunai 23 Januari 2025
  • Akhir masa Berlaku Waran Seri I : 24 Januari 2025

Rencana Penggunaan Dana IPO

Berdasarkan prospektus saham IPO BAUT, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO, setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan berbagai hal, yaitu: sejumlah 6% akan digunakan untuk pembayaran utang usaha kepada NA Fasteners, dan sisanya akan digunakan untuk pembelian persediaan secara lengkap dan keseluruhan.

Kinerja Laporan Keuangan BAUT

Prospektus saham BAUT menunjukkan kinerja yang cukup baik, walaupun pada aset terlihat cenderung stagnan, namun pada laba terjadi peningkatan yang positif, dari rugi menjadi laba pada periode tahun 2020 ke 2021 sebesar 157%, hal ini disebabkan oleh meningkatnya penjualan perseroan di tahun 2021.

Rasio Keuangan BAUT

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO BAUT selama bulan Desember 2018 hingga kinerja Juli 2021:

Data di atas menunjukkan bahwa BAUT secara fundamental menunjukan pertumbuhan yang sangat baik. Dari rasio pertumbuhan terlihat bahwa laba meningkat positif serta liabilitas yang cenderung turun.

Kebijakan Dividen BAUT

Prospektus saham IPO BAUT menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen saham BAUT, dengan skema yang belum ditentukan.

Prospek Bisnis BAUT

Sumber: BPS (Prospektus Perseroan)

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat. Pandemi yang memaksa pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial menyebabkan Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) menurun, salah satunya PDB di Indonesia di mana terjadi penurunan hingga -2,07% (YoY) dari tahun 2019 dengan pertumbuhan PDB sebesar 5,02% (YoY). 

Dengan munculnya upaya-upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan, seperti pemberian stimulus fiskal dan vaksin, tercatat bahwa pertumbuhan PDB telah mengalami peningkatan pada Kuartal I-2021 dengan pertumbuhan PDB sebesar 0,74% (YoY).

Adapun, produk baut dan mur yang didistribusikan oleh Perseroan merupakan produk fastener yang merupakan komponen penting dan dapat dikategorikan sebagai salah satu bahan pokok dalam menopang berbagai industri seperti industri infrastruktur, manufaktur, serta otomotif.

Bisnis baut dan mur di Indonesia memiliki prospek yang baik seiring dengan pembangunan infrastruktur yang digulirkan pemerintah maupun pembangunan properti yang digerakkan sektor swasta. Jadi, ketika pemulihan ekonomi berjalan baik, maka sektor industri manufaktur dan infrastruktur juga akan berjalan baik.

Sektor infrastruktur di Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan sebanyak 3,3% pada tahun 2020 dikarenakan lelang proyek baru dan progres proyek berjalan sangat lambat bahkan sempat terhenti akibat dampak dari Pandemi COVID-19. Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh Fitch Solutions, pertumbuhan sektor konstruksi di

Indonesia diprediksi akan bertumbuh positif sebesar 8,7% pada tahun 2021. Pertumbuhan tersebut didukung oleh beberapa faktor, seperti pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal, himbauan penggunaan produk domestik, serta berbagai dukungan di bidang infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah, seperti pembentukan Indonesia Investment Authority (INA).   

Kesimpulan

Berdasarkan laporan prospektus saham IPO BAUT, secara fundamental perusahaan ini cukup potensial secara jangka panjang, langkah serius perseroan untuk terus bertumbuh dapat dilihat dari strategi bisnis perseroan yang terus menggandeng perusahaan lain, mencoba model bisnis baru dapat diartikan manajemen perusahaan mempunyai goodwill dan strategi yang baik untuk bertumbuh.

Dengan prospek yang bagus, maka saham IPO BAUT ini menarik untuk dimasukan kedalam watchlist teman-teman.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait