Investasi

Sukses di Usia Muda dengan Cara Investasi

Sukses

Ajaib.co.id – Setiap orang pastinya ingin menjadi orang sukses di usia yang masih muda. Untuk dapat meraih sukses di usia muda, tentunya kita juga harus melakukan berbagai usaha agar sampai di tahap tersebut. 

Nah, berada di usia muda memberikan kita kesempatan untuk belajar dan mewujudkan mimpi kita untuk sukses. Proses untuk sukses di usia muda biasanya membutuhkan proses dan juga konsistensi untuk dapat berjuang dan mengatasi hambatan-hambatan yang datang. 

Banyak contoh orang yang sukses di usia muda, tentunya kita juga ingin hal yang sama seperti mereka kan?  

Cara Sukses di Usia Muda

Berikut ini adalah beberapa cara dan usaha yang dapat kita lakukan agar dapat sukses di usia yang masih muda. Yuk, simak pembahasan dibawah ini.

  • Tingkatkan Kompetensi

Untuk menjadi sukses pada usia muda, prioritas utama kita seharusnya adalah pengembangan diri atau self development. Salah satu cara kita mengembangkan diri adalah dengan meningkatkan kompetensi kita. 

Untuk meningkatkan kompetensi, kita harus melakukan investasi pada bagian tubuh kita yakni otak atau biasa disebut investasi leher ke atas.

Untuk dapat meningkatkan bahkan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita, langkah awal yang dapat kita lakukan adalah dengan menggali dan menemukan kompetensi yang kita miliki. 

Menggali kompetensi dapat kita mulai dari hal-hal yang sederhana seperti memperhatikan minat, hobi dan bahkan keahlian yang kita miliki. 

Dengan menemukan kompetensi yang ada, kita dapat melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi dengan cara belajar atau menambah pengetahuan dan pengalaman kita dan menggali berbagai sumber informasi yang dapat mendukung proses tersebut.  

Meningkatkan kompetensi dapat kita lakukan dengan mengikuti workshop, membaca informasi, mengikuti seminar, pelatihan-pelatihan atau bahkan pertandingan untuk menguji kualitas kita. 

Kompetensi atau skill yang kita miliki dapat berupa hard skill maupun soft skill. Untuk dapat sukses, kita harus memiliki pengalaman dan menerima banyak pembelajaran dari pengalaman dan juga kesalahan.

Kompetensi kita akan mengalami peningkatan dan memperoleh hasil yang baik jika kita konsisten melakukan evaluasi untuk semakin mengoptimalkan potensi yang ada pada diri kita. 

  • Mulai Berbisnis

Setelah kita menemukan dan meningkatkan potensi yang ada diri, maka hal selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah melakukan aksi. 

Kita dapat melakukan aksi nyata seperti berbisnis. Berbisnis bukan selalu harus dimulai dengan memiliki modal yang sangat banyak, dan juga tidak ada kalimat terlalu muda untuk memulai bisnis. Pada tahap awal memulai bisnis, sebaiknya lakukan bisnis yang peluangnya tidak terlalu jauh dari diri kita sendiri. 

Saat ini era digital menawarkan banyak sekali kemudahan untuk memulai bisnis. Memulai bisnis dapat dilakukan dengan memilih bisnis yang dekat dengan kehidupan kita. 

Saat ini media sosial dapat menjadi media bagi pebisnis untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang mereka miliki, seperti berjualan produk kecantikan atau hal lainnya. Kemudahan dari media sosial ini dapat kita nikmati sekaligus kita manfaatkan untuk mendukung bisnis. Beranilah menciptakan dan juga mencoba ide-ide baru dan jangan takut gagal yah. 

  • Memiliki Networking

Dalam membangun bisnis, kita memerlukan networking. Pada usia muda, beranilah untuk bertemu dengan banyak orang dan menjalin komunikasi. 

Networking dapat kamu lakukan baik secara langsung maupun online. Hal ini dapat memberikan kamu keuntungan untuk memiliki koneksi dan kesempatan untuk belajar. 

Dengan memiliki networking yang luas kamu juga akan terbiasa memperhatikan cara mereka berkomunikasi dan melatih personal kamu untuk berkomunikasi. 

Selain itu, kamu juga dapat bertemu banyak orang yang dapat kamu jadikan mentor untuk belajar seperti bertemu pengusaha yang memiliki bisnis yang berhasil atau bahkan seseorang yang mengerti risiko usaha dan bisa membantu kamu belajar dalam merintis dan mengembangkan bisnis

Kita dapat belajar dari siapa saja, oleh karena itu perbanyaklah relasi atau networking agar suatu saat kamu membutuhkan informasi, peluang usaha bukan hanya mengandalkan diri sendiri namun mungkin kamu akan mendapatkannya dari relasimu. 

Networking yang luas juga menjadi wadah untuk kita mempresentasikan kemampuan dan potensi yang ada dalam diri kita sehingga kemampuan tersebut bisa menjadi nilai yang menguntungkan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

  • Investasi 

Sukses di usia muda juga dapat dilakukan dengan berinvestasi. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana investasi. 

Kamu harus tahu seberapa besaran uang yang ingin kamu investasikan dan juga target investasimu. Namun, jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang tepat.

Instrumen investasi harus disesuaikan dengan profil finansial masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu dengan lengkap risiko dan juga return investasi mu yah.

Pilihan investasi yang dapat dicoba sangat beraneka ragam seperti reksadana, emas, property, deposito, SBN, dan lainnya. Salah satu investasi yang memiliki return yang tinggi adalah investasi saham.

Kamu dapat memilih saham-saham bluechip. Saham bluechip merupakan jenis saham dengan kinerja-kinerja terbaik dan memiliki track record yang juga baik.

Nah, beberapa saham bluechip yang cocok untuk investasi adalah:

BBRI

Bank BRI adalah salah satu emiten dengan pertumbuhan profit yang baik. Fokus bank ini adalah kredit usaha mikro, kecil dan menengah.

Kinerja keuangan BBRI juga mengalami pertumbuhan di beberapa tahun terakhir meskipun tidak luput dari efek pandemi. BBRI juga merupakan bank yang mencatat pertumbuhan kredit yang konsisten dan juga memiliki aset kedua terbesar di Indonesia.

BBCA

Bank BCA adalah bank dengan kapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja BCA yang ciamik menjadikan bank BCA menjadi saham dengan nilai kapitalisasi terbesar. 

BBCA konsisten membagikan dividen kepada pemegang sahamnya sebanyak 2 kali dalam setahun. Kemampuan BCA dalam menghasilkan profit menjadikannya bank swasta terbaik di Indonesia.

TLKM

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, merupakan perusahaan BUMN bidang telekomunikasi terbesar. TLKM mencatat penghasilan rata-rata per konsumen paling tinggi dan memiliki profit margin yang berada di atas pesaing operator lain dan di antara operator yang lain.

TLKM juga unggul menjangkau pelosok tanah air oleh karena itu memiliki jumlah pelanggan yang juga banyak. Selain itu, TLKM juga rajin membagikan dividen kepada pemegang saham setiap tahunnya.

Nah, itulah beberapa cara untuk sukses berinvestasi di masa muda, baik berinvestasi pada diri sendiri maupun investasi keuangan. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi saham juga?

Yuk, mulai investasi mu dengan menggunakan aplikasi Ajaib yang mudah dan aman dapat diakses langsung di smartphone mu. Yuk, pilih Ajaib! 

Artikel Terkait