Banking

Menilik MasterCard dan Visa, Apa Bedanya?

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – MasterCard dan Visa bukan lagi istilah asing. Kedua logo ini di muncul mana-mana, iklan, film, toko hingga di ATM yang berada di pinggir jalan. Lantas, apakah keduanya sama? Kalau tidak, di mana letak perbedaannya?

Tak dipungkiri, MasterCard dan Visa telah menjadi jaringan kartu kredit raksasa yang telah mendunia. Jaringan keduanya telah menyentuh ratusan negara di berbagai belahan dunia. Kedua perusahaan ini pun menjadi kompetitor satu dengan lainnya. 

MasterCard dan Visa memproses transaksi antara tempat pembelian dengan bank penerbit kartu kredit. Dengan kata lain, kedua perusahaan tersebut bekerja sama dengan bank lokal di berbagai negara untuk penerbitan kartu kredit itu sendiri. Maka, tidak heran bila kebanyakan kartu kredit memang dikeluarkan oleh MasterCard dan Visa. 

kedua perusaahaan ini merupakan penyedia jaringan pembayaran. Dalam praktiknya, keduanya menghubungkan terminal pembayaran merchant dengan bank-bank yang menerbitkan atau menawarkan layanan kartu kredit. Jadi, pengguna.

MasterCard dan Visa tidak memiliki korelasi dengan program-program hadiah atau sejenisnya yang dijalankan oleh bank penerbit kartu kredit, termasuk suku bunga, biaya keterlambatan bayar (jatuh tempo) dan hal lainnya.

Rivalitas antara kedua perusahaan membuat mereka terus berinovasi memberi pelayanan maksimal kepada para penggunanya. Tak heran, persaingan di antara kedua perusahaan ini terbilang sangat ketat.

Sebagai kompetitor, baik MasterCard maupun Visa memiliki sejumlah perbedaan. Apa sajakah perbedaannya dalam konteks kartu kredit? 

Perusahaan atau Provider

Kartu kredit kedua perusahaan ini berasal dari perusahaan yang sama-sama berbasis di Amerika Serikat (AS). Namun, keduanya bukan berasal dari perusahaan yang sama. Berdiri sejak tahun 1966, MasterCard adalah produk kartu kredit dari perusahaan yang berlokasi di Purchase, New York, AS.

MasterCard dikeluarkan oleh Mastercard Worldwide. Sementara itu, Visa sudah berdiri sebelum MasterCard, tepatnya pada tahun 1955. Visa merupakan keluaran Visa International Services Association (VISA Inc) yang bermaskas utama di Foster City, California, AS.

Jangkauan

Dibanding Visa, MasterCard lebih mendominasi negara-negara di benua Amerika dan Eropa. Sebaliknya, Visa memiliki jaringan yang lebih luas di kawasan Asia-Pasifik.

Popularitas

Sulit membedakan mana yang lebih populer antara MasterCard dan Visa. Keduanya hampir bisa ditemui di merchant-merchant, baik online maupun offline. Begitu pula di gerai-gerai ATM. Kedua logo hampir selalu terpampang berdampingan.

Namun, merujuk dominasi jaringan, maka MasterCard lebih populer di negara-negara di benua Amerika dan Eropa, sedangkan di kawasan Asia-Pasifik, Visa lebih populer.

Tipe Kartu Kredit

Pada umumnya, provider kartu kredit memiliki tiga tipe kartu kredit, seperti silver, gold, dan platinum atau sejenisnya. Namun, MasterCard juga menyediakan tipe kartu kredit lainnya. Tipe kartu kredit ini menawarkan privilege lebih. Tipe yang dimaksud adalah World MasterCard.

Dalam setahun, pemegang tipe kartu kredit ini minimal harus menggunakannya sebesar Rp75 juta. Kartu World MasterCard ini diterima dua kali lipat lebih banyak di berbagai negara. Ada pula layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas pengguna ketika ada yang mencoba mencuri identitas pengguna.

Selain itu, ada pula World Elite MasterCard. Kartu ini merupakan jenis tertinggi dari MasterCard. Dengan memiliki kartu kredit ini, pengguna akan mendapatkan kemudahan lebih di semua aspek, baik dalam reservasi hotel berkelas tinggi, di bandara, restoran mewah dan lain-lain. World Elite Mastercard juga dilengkapi dengan fitur Identity Theft Resolution Service.

Visa juga memiliki tipe kartu kredit eksklusif, yakni Visa Signature. Pengguna kartu ini biasanya adalah pengusaha atau profesional ternama. Visa Signature memiliki limit minimal awal kartu kredit yang fantastis, mulai dari Rp100 juta sampai tak terhingga.

Fasilitas yang didapat pun sangat eksklusif mulai dari airport lounge, special travel, travel assist, keanggotaan klub golf  dan sebagainya. Tak hanya Visa Signature, ada pula Visa Infinite yang sama sulitnya dimiliki oleh orang biasa.

Paling tidak pengguna harus memiliki aset di atas US$ 00 ribu (Rp1 miliar) dalam bentuk tunai. Salah satu syarat pemegang kartu ini ialah terdaftar sebagai nasabah premium. Aset yang dimiliki oleh nasabah bisa berupa rekening, deposito atau investasi dari bank penerbit kartu.

Kartu kredit tipe ini memiliki limit mulai dari Rp50 juta hingga tak terbatas. Semakin besar aset pengguna, makin besar pula limit kartu kredit Visa Infinite miliknya. Fasilitas lainnya ialah asuransi perjalanan, travel assist hingga special priority pass.

Perlindungan Nasabah

Kedua perusahaan kartu kredit ini sangat memperhatikan aspek keamanan. Hal ini penting mengingat keduanya dapat digunakan lintas negara. 

Sistem keamanan MasterCard adalah Secure Code. Secure Code ini wajib digunakan pada setiap kali bertransaksi online. PIN yang terdapat pada Secure Code ini bisa dibuat sendiri oleh pengguna MasterCard tanpa perlu mendatangi bank penerbit kartu kreditnya.

Sedangkan Visa menerapkan tingkat keamanan yang berlapis pada setiap transaksi yang dilakukan nasabah untuk mengidentifikasi dan mencegah penipuan. Keamanan berlapis tersebut mencakup penggunaan Kartu Chip EMV, tokenisasi, dan Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS). Tambah pula, keamanan Visa memungkinkan pencegahan penipuan melalui penerapan Dynamic Risk-Based Authentication

Biaya Transaksi

Kedua perusahaan ini memberlakukan biaya tambahan ketika melakukan transaksi. Untuk biaya transaksi, MasterCard menerapkan nilai yang berbeda-beda. Besaran nilainya berkisar antara 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant-nya. Sementara itu, Visa mengenakan biaya sebesar 1% dari total transaksi jika pengguna bertransaksi di luar negeri. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kartu kredit sudah menjadi salah satu opsi alat pembayaran bagi sebagian masyarakat. Penggunaannya yang praktis hampir menggeser penggunaan uang tunai

Sumber: Bingung Soal Logo di Kartu Kredit? Ini Beda Visa dan Mastercard dan Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait