Emas

Ingin Jual Emas Antam, Kapan Waktu yang Tepat?

Ingin Menjual Emas Antam, Kapan Waktu yang Tepat?

Ajaib.co.id – Sedang butuh uang dan ingin jual emas Antam yang kamu miliki? Jangan gegabah, pastikan kamu menjual logam mulia ini di waktu yang tepat. Dengan demikian keuntungan investasi yang kamu dapatkan bisa lebih banyak.

Salah satu jenis investasi yang digemari masyarakat umum adalah dengan investasi emas. Pasalnya, berinvestasi emas mudah dilakukan oleh mereka yang awam pada jenis instrumen lainnya. Kelebihan lainnya adalah emas mudah dijual kembali ketika sewaktu-waktu butuh dana.

Tak perlu repot melakukannya, tinggal datang ke toko emas, butik emas atau Pegadaian maka kamu bisa langsung menukarnnya dengan uang tunai. Harga jual kembali emas juga relatif menguntungkan karena harganya memang tidak pernah turun.

Meski demikian, bukan berarti kamu bisa menjualnya kapan saja. Jika memang bertujua mendapatkan untung investasi maka sebaiknya kamu menunggu beberapa saat sebelum jual emas Antam yang kamu miliki. Kapankan itu? Untuk mencari tahu jawabanya, simak ulasan dari Ajaib di bawah ini.

Waktu yang Tepat Jual Emas Milikmu Agar Cuan Maksimal

Harga emas Antam selama sepekan terakhir memang terpantau sedang tidak bertenaga seperti sebelumnya. Namun toh ini tidak memangkas begitu saja performa logam berharga ini selama pandemi Virus Corona.

Berdasarkan informasi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) pecahan 1 gram berada di Rp1.16.000 pada 30 Juli 2020, naik Rp3000 dibanding hari sebelumnya.

Adapun harga penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk atau buyback emas Antam menjadi Rp913.000 pada penutupan perdagangan Jumat 30 Juli tersebut. Harga jual kembali ini belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp10 juta. Untuk daftar harga jelasnya bisa langsung mengunjungi Butik Emas (LM) Antam.

Namun sebelum kamu terlalu bersemangat mendengar kabar ini dan langsung memutuskan menjual emasmu, ada baiknya kamu menyimak penjelasan dari Ajaib ini. Maksudnya adalag agar kamu tidak gampang tergoda atas kenaikan yang terjadi dan benar-benar bisa mendapatkan cuannya. Jangan sampai uangmu hanya sekedar numpang lewat saja dan malah tidak berkembang sesuai dengan tujuanmu berinvestasi.

Kebanyakan masyarakat membeli emas bertujuan sebagai investasi jangka panjang. Biasanya hanya sebagai persiapan untuk saat mendesak atau bahkan untuk diwariskan pada generasi berikutnya. Akan tetapi, sebagaimana jenis investasi lainnya, setiap investor tentu mengharapkan keuntungan.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan keuntungan signifikan dari investasi emas, setidaknya seseorang harus menunggu 6 bulan hingga 1 tahun. Keuntungan optimal akan didapatkan dengan menunggu setidaknya 3 tahun sebelum jual emas antam miliknya kembali.

Kalau kamu sudah menyimpan emas selama 3 tahun, tentu sudah relatif aman buat kamu menjual emas tersebut. Terlebih lagi dengan akses informasi yang sangat mudah seperti sekarang ini, ada banyak akses untuk mengetahui saat yang tepat untuk menjual emas.

Ada beberapa cara untuk melihat apakah harga emas sedang naik atau turun. Diantaranya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk smartphone, dengan cek pegadaian setempat, atau membuka situs resmi PT. Antam. Di sana kamu akan mengetahui harga beli atau jual emas antam terbaru.

Faktor yang paling berpengaruh terhadap harga emas adalah nilai mata uang Dollar. JIka nilai mata uang Dollar sedang jatuh, maka itulah saat yang tepat untuk menjual investasi emas. Karena, pada saat nilai mata uang dollar merosot, harga emas justru akan naik dan tentunya menghasilkan imbal balik yang besar bagi investor emas.

Satu hal yang paling penting pula untuk kamu ingat ketika jual emas Antam milikmu adalah akan ada pajak yang dijenakan. Pungutan ini tentu saja akan mengurangi jumlah keuntungan yang kamu dapatkan.

Untuk diketahui, berdasarkan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk. Jika transaksi yang kamu lakukan dengan nominal lebih dari Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non NPWP). Kemudian PPh 22 atas transaksi buyback dipotong langsung dari total nilai buyback.

Kelebihan Berinvestasi Emas, Dapat Cuan Tanpa Perlu Repot

Kamu baru belajar berinvestasi dan bingun memilih investasi yang pas? Jangan khawatir, emas adalah jawabannya. Membeli emas sekarang jug sangat mudah. Kamu bisa datang ke butik emas Antam jika ingin membeli emas batangan produksi perusahaan. Biasanya toko emas juga banyak yang menyediakan jenis emas ini sehingga kamu bisa membelinya sewaktu-waktu.

Alternatif lainnya ialah membeli emas di Pegadaian. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membeli emas dengan cara dicicil lewat Pegadaian dengan program Tabungan Emas. Dengan dana terbatas pun kamu tetap bisa berinvestasi.

Program ini juga sudah jadi favorit banyak orang. Di mana pelanggan pegadaian umumnya adalah kalangan masyarakat menengah bawah yang berminat pada transaksi beli dan jual emas antam. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi kelebihan dalam berinvestasi emas.

a. Tidak Berisiko Tinggi

Nilai investasi emas tidaklah terlalu dipengaruhi dampak inflasi. Selain itu, kenaikan nilai emas juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan rupiah. Kerugian yang terjadi dengan berinvestasi emas termasuk rendah hingga menengah. Maka tidak akan sampai mengancam kekayaan seseorang. Namun, kenaikan emas yang cukup tinggi, menawarkan jumlah keuntungan yang menggiurkan. 

b. Hak Kepemilikan Seutuhnya

Hak kepemilikan atas emas utuh pada si pemilik, sehingga orang lain tidak berhak ikut campur atas keputusan untuk beli atau jual emas antam yang dimilikinya. 

c. Bebas Pajak

Sebagai salah satu komoditi bebas pajak, membuat emas memiliki peminat yang tinggi. Karena investasi bebas pajak menjadi daya tarik tinggi bagi masyarakat.

d. Merupakan Aset Nyata

Berbeda halnya dengan investasi lainnya yang berupa angka, emas memiliki bentuk nyata berupa koin, batangan, atau perhiasan, sehingga mampu menjadi jaminan yang memiliki nilai.

e. Mudah Dicairkan

Pada saat dalam keadaan terdesak atau butuh uang mendadak, emas juga sangat mudah dicairkan. Bisa dengan digadaikan atau jual emas antam di pusat jual beli emas yang sudah banyak tersebar.

Kalau kamu sudah ingin jual emas Antam, jelas kamu sudah paham akan berbagai kelebihannya. Maka dari itu, saatnya meningkatkan level investasimu. Bisa dengan mulai berinvestasi reksa dana atau saham lewat aplikasi Ajaib.

Emas memang instrumen yang tak pernah mati. Namun margin keuntungannya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan instrumen keuangan modern. Misalnya saja saham, meskipun risikonya besar namun sudah terkenal sebagai cara paling tepat mendapatkan keuntungan investasi terbesar.

Ajaib sebagai fintech yang ramah bagi investor pemula akan memandumu untuk memulai investasi saham pertamamu. Ada banyak fitur yang akan sangat membantumu menentukan langkah sebagai investor saham.

Misalnya saja fitur notifikasi Ajaib Alert, Competitive Ranking, dan News Highlight. Berbagai fitur tersebut disajikan khusus agar kamu tahu apa yang harus dilakukan di saat yang tepat. Mudah sekali bukan?

Ajaib Alert akan membantu pengguna menjadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham pilihan mereka. Notifikasi pergerakan harga akan dikirim secara real-time sehingga pengguna tidak kehilangan momen tepat untuk berinvestasi.

Untuk membantu pengguna yang tidak tahu harus membeli saham apa saja, Ajaib menyediakan fitur Competitive Ranking, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya. Competitive Ranking juga untuk mengedukasi pengguna agar kenal betul dengan saham yang dipilihnya.

Ajaib juga akan aktif mencari dan merangkumkan saham yang jadi sorotan oleh media ternama melalui fitur News Highlight. Melalui fitur ini, pengguna bisa lebih yakin ketika mengambil keputusan saat berdagang saham, mengetahui sentimen pasar, dan peristiwa-peristiwa yang memengaruhi harga saham.


Artikel Terkait