Investasi

Bingung Investasi Lewat Mana? Pilih Instrumen Investasi Ini

Ajaib.co.id – Memilih investasi sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan keuangan di masa mendatang merupakan langkah yang tepat saat ini. Apalagi jika kamu sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, maka investasi bisa menjadi media yang cocok untuk mengelolanya. Selain dana kamu bisa tersimpan dengan aman, nilainya juga dapat meningkat setiap tahunnya.

Lalu pertanyaannya, investasi lewat mana yang tepat untuk dilakukan? Mengingat, ada banyak instrumen investasi saat ini yang bisa dipilih. Ditambah, kecanggihan teknologi membuat akses untuk berinvestasi semakin dimudahkan.

Nah, supaya kamu tidak bingung investasi lewat mana yang tepat, berikut ini ada beberapa instrumen investasi yang cocok digunakan oleh para pemula.

Investasi Reksa Dana

Jika pertanyaan kamu investasi lewat mana yang tepat untuk dilakukan, maka reksa dana bisa menjadi jawabannya.

Reksa dana adalah instrumen investasi paling cocok untuk para pemula terutama bagi kamu yang tidak memiliki waktu cukup dan keahlian dalam menghitung risiko dari investasi. Apalagi modal awal untuk investasi reksa dana cukup rendah yaitu mulai dari Rp100 ribu.

Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa dipilih seperti pendapatan tetap, pasar uang, hingga saham. Pada dasarnya, investasi reksa dana tidak jauh berbeda seperti membuka rekening bank.

Ada baiknya bagi kamu untuk memahami alur dari investasi reksa dana ini sebelum memulainya. Di mana, dana yang kamu investasikan akan dialokasikan oleh Manajer Investasi secara tepat.

Di investasi reksa dana, nantinya kamu akan mengenal istilah Unit Penyertaan dan Nilai Aktiva Bersih yang mempengaruhi keuntungan dari investasi kamu.

Sambil berinvestasi, jangan lupa untuk mempelajari beberapa cara dalam menjaga aset reksadana agar menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Jika ditanya investasi lewat mana, maka reksa dana bisa menjadi pilihannya.

Investasi Saham

Instrumen investasi berikutnya yang tidak kalah menguntungkannya dan cocok bagi pemula adalah saham. Dalam beberapa tahun terakhir, instrumen ini mulai banyak diminati oleh anak muda.

Selain menghasilkan keuntungan yang besar, kemudahan dalam mengakses investasi saham menjadi salah satu alasan utamanya.

Di mana, banyak media investasi online yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas dan menciptakan aplikasi yang digunakan untuk berinvestasi saham. Dengan banyaknya pilihan untuk investasi saham, maka sudah sewajarnya peminat saham semakin berkembang saat ini.

Keuntungan yang didapat dari investasi ini berasal dari nilai saham yang terus meningkat, lalu diperdagangkan dan pembagian dividen atau laba oleh emiten saham setiap tahunnya.

Investasi Emas

Pertanyaan pilihan investasi selanjutnya lewat mana yaitu melalui investasi emas. Emas dalam hal ini adalah logam mulia dan bukan emas aksesoris yang biasa dijadikan perhiasan berupa kalung, cincin, atau anting. Investasi emas yang dimaksud adalah emas batangan murni tanpa ada campuran dari logam tertentu.

Investasi emas memang menjadi pilihan banyak orang karena paling mudah dilakukan dan tahan terhadap inflasi. Ditambah harga yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat emas menjadi salah satu cadangan investasi oleh kebanyakan orang.

Di mana, ketika investasi saham sedang kurang baik dan mengalami kerugian besar, maka para investor tidak terlalu khawatir karena masih memiliki cadangan investasi di emas.

Apalagi kini investasi emas juga bisa dilakukan secara online atau digital secara dicicil. Di mana, wujud emas digital tidak memiliki fisik, namun indeks harganya mengikuti harga emas pada umumnya.

Investasi Properti

Investasi lewat mana selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah properti. Hanya saja investasi ini biasanya bagi orang-orang yang memiliki bisnis dan ingin mengalokasikan dana dalam jumlah besar ke investasi properti. Mengingat, harga properti yang bukan belasan atau puluhan juta rupiah sehingga investasi rumah tidak menjadi pilihan banyak orang.

Di samping itu, investasi properti memang sangat menguntungkan khususnya jangka panjang. Kamu dapat menciptakan passive income dari kepemilikan aset properti baik bangunan rumah, tanah, maupun apartemen.

Hal ini karena harga rumah yang juga terus meningkat setiap tahunnya sehingga instrumen ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk investasi.

Investasi properti seperti rumah dan apartemen, bisa kamu manfaatkan dengan cara menyewakannya secara perbulan atau pertahun. Dengan begitu, setiap bulannya kamu sudah memiliki pendapatan tetap dari biaya sewa orang yang menyewa tempat tersebut.

Apalagi jika bangunan yang kamu miliki berada di tempat atau lokasi yang strategis seperti dekat perkantoran, sekolah, jalan tol, mal, dan tempat hiburan lain.

Dengan begitu, kamu juga bisa menaikkan harga sewa yang dipatok. Kenaikan dari harga bangunan yang kamu miliki berada di lokasi strategis, biasanya bisa mencapai 15 persen sampai 22 persen setiap tahunnya. Kamu bisa melihat kenaikkannya melalui perhitungan berikut:

·      Rp400 juta x 15% = Rp60 juta

·      Rp60 juta x 10 tahun = Rp600 juta

Hal ini berarti dalam 10 tahun, aset kamu menjadi:

·      Rp400 juta + Rp600 juta = Rp1 miliar

Walaupun aset rumah dapat dimiliki dengan harga ratusan juta rupiah, namun dengan adanya KPR, kamu bisa mewujudkan hal tersebut. Sebelum itu, kamu harus memastikan penghasilan yang dimiliki dapat memenuhi cicilan per bulannya.

Nah sebagai solusi pembayaran dari cicilan rumah, kamu bisa menyewakan bangunan tersebut ke orang lain. Biaya sewa yang kamu dapatkan bisa dibayarkan untuk cicilan rumah.

Itu dia jawaban dari investasi harus lewat mana yang bisa dilakukan secara tepat. Pada dasarnya, investasi memang merupakan salah satu cara tepat untuk mempersiapkan keuangan di masa mendatang.

Mengingat, usia bekerja kamu saat ini belum tentu sama dengan beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, setiap kemungkinan dapat terjadi sehingga mulai merencanakan keuangan adalah pilihan yang tepat.

Lewat mana untuk mendapatkan uang untuk kebutuhan di masa mendatang, makan investasi jawabannya. Pilihlah investasi yang memang cocok dengan kebutuhan dan kesanggupan kamu.

Kemudahan investasi saat bisa kamu dapatkan secara online melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham dan reksa dana.

Dengan mendaftarkan diri kamu melalui aplikasi, kamu bisa mulai berinvestasi dan memilih instrumen mana yang cocok dengan gaya berinvestasi kamu.

Dengan menggunakan Ajaib untuk berinvestasi, kini kamu bisa mempersiapkan rencana keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara aman dan mudah seperti biaya untuk membeli rumah, biaya membuka usaha, biaya pernikahan, dan biaya untuk kebutuhan lainnya.

Jadi, lewat mana kamu bisa berinvestasi? Jawabannya adalah dengan mengunduh aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi dan hasilkan keuntungan besar sekarang!

Artikel Terkait