Dunia Kerja

7 Jenis Pekerjaan yang Paling Dicari Saat Ini

Ajaib.co.id – Saat ini mencari pekerjaan memang membutuhkan perjuangan ekstra karena masa pandemi yang belum berakhir. Banyak perusahaan yang kolaps dan terpaksa melakukan efisiensi.

Lowongan pekerjaan yang tersedia pun jadi lebih banyak diincar dari biasanya. Jika sebelum pandemi satu lowongan diincar 300 kandidat, sekarang bisa diincar oleh 800 kandidat. Persaingan sangat ketat di berbagai jenis pekerjaan.

Namun, kamu tenang dulu karena ada beberapa jenis pekerjaan yang saat ini paling sering ada lowongan. Mengingat kebutuhan perusahaan akan posisi tersebut, kamu tidak perlu takut tidak bekerja selamanya. Asalkan terus berusaha dan tidak menyerah, kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dan butuhkan.

Di bawah ini adalah jenis pekerjaan yang kandidatnya paling diincar saat ini.

1.   Guru dan Tutor

Guru biasanya sebutan mereka yang mengajar di sekolah, sedangkan tutor adalah mereka yang mengajar di luar sekolah. Lowongan menjadi guru di sekolah negeri dan swasta selalu terbuka setiap saat.

Untuk sekolah negeri biasanya lowongan pekerjaan dibuka di rekrutmen CPNS. Untuk sekolah swasta, biasanya sekolah swasta yang akan mengumumkannya sendiri.

Selain itu ada juga pengajar kursus yang disebut tutor. Tutor ini mengajarkan berbagai subjek yang menjadi incaran mereka yang belajar. Ada yang bahasa asing, mengajar kemampuan berbasis teknologi, dan lain sebagainya.

Apalagi saat ini makin banyak orang yang mengincar belajar dan pelatihan berbasis internet. Jadi, pekerjaan ini pun akan semakin dibutuhkan setiap saat.

2.   Digital Marketing

Saat ini banyak perusahaan yang memasarkan produk dan jasanya melalui internet. Jadi, tidak hanya mengandalkan promosi yang dilakukan secara offline, promosi online pun sangat diandalkan.

Mengingat cukup banyak pengguna internet dan media sosial di Indonesia, tentu saja banyak perusahaan yang memanfaatkan hal ini. Terlebih promosi di media sosial yang berbayar pun tidak akan semahal promosi di televisi, misalnya.

Digital marketing kini bisa dibilang sebagai cara terampuh untuk menarik konsumen. Secara sederhana digital marketing bisa dipahami sebagai cara mempromosikan bisnis secara online.

Sebuah teknik promosi yang kini banyak dipilih oleh pebisnis. Banyak sekali kelebihan yang promosi bisnis lewat digital marketing. Selain lebih efektif, pelanggan pun bisa lebih tertarget. Jadi wajar saja jika saat ini banyak pebisnis yang lebih memilih cara ini.

Untuk itulah posisi digital marketing sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Digital marketing pun punya kemampuan yang berbeda dengan marketing yang biasa fokus pada promosi offline. Mereka harus paham dengan SEO, algoritma di masing-masing media sosial, dan mampu menganalisis data.

3.   Developer Aplikasi

Pekerjaan berbasis IT ini diincar oleh perusahaan-perusahaan yang membangun aplikasi untuk keperluan bisnisnya. Aplikasi sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Misalnya saja ketika ingin berbelanja barang kebutuhan, kita dapat menggunakannya dengan aplikasi. Aplikasi dibuat oleh developer yang mengerti bahasa pemrograman.

Untuk itulah kamu yang memiliki kemampuan itu jangan disia-siakan. Perusahaan-perusahaan besar, maupun yang berbasis pemerintahan pun sekarang berlomba-lomba membuat aplikasi demi kemudahan untuk para pengguna dan masyarakat.

Para perusahaan itu bahkan berani membayar dengan jumlah yang layak karena membangun aplikasi tidaklah mudah.

4.   Dokter dan tenaga kesehatan

Dokter dan tenaga kesehatan sangat-sangat dibutuhkan karena banyaknya pasien yang membludak akibat pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Profesi/pekerjaan ini membutuhkan banyak dedikasi karena menguras tenaga dan waktu untuk merawat pasien.

Namun, sangat dibutuhkan oleh semua orang karena untuk kembali sehat sedia kala mereka yang kita andalkan.

Kamu yang mengincar lowongan posisi dokter dan tenaga kesehatan, bisa menemukan rekrutmen di rumah sakit yang membutuhkan. Rumah sakit tidak hanya dimiliki oleh pemerintah, tapi juga swasta yang jumlahnya tidak kalah banyak.

5.   Perencana keuangan

Percaya tidak percaya, sekarang pekerjaan yang satu ini, yakni perencana keuangan, juga dibutuhkan karena dicari oleh banyak orang. Banyak orang yang menyadari betapa pentingnya merencanakan keuangan dengan rapi sehingga tidak menjadi orang yang boros, serta dapat meraih target-target yang diinginkan dengan uang yang dimilikinya.

Masalahnya tampak sepele, tapi terkadang membuat kita sendiri kebingungan ada apa sebenarnya sampai uang cepat habis. Oleh karena itu perencana keuangan akan kamu butuhkan.

Mereka ahli dalam melakukan perencanaan penggunaan uang, dan akan memberikanmu masukan-masukan penting yang bisa langsung kamu praktikkan. Coba saja kamu lihat di internet, sekarang perencana keuangan pun sudah semakin banyak ditemukan.

Tugas perencana keuangan adalah memberikan saran-saran penting yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Saran-saran itu sendiri dihasilkan dari analisis yang terstruktur sehingga tentu mereka tidak akan sembarangan memberikanmu saran.

Agar orang yang membutuhkan saran itu bisa mengelola uangnya secara wajar dan bisa mendapatkan tujuan utama dari pengelolaan uang tersebut dengan cara yang efisien.

Jadi, misalnya kamu yang memiliki uang yang banyak, daripada dihamburkan dengan tidak jelas, kamu sebaiknya berkonsultasi pada perencana atau penasihat keuangan.

Karena mereka yang akan membantumu bagaimana caranya agar kamu bisa mengelola uang dengan baik, dan juga akan mendatangkan keuntungan nyata untukmu juga.

6.   Pekerja kreatif

Jenis pekerjaan yang paling banyak dicari lainnya adalah pekerja kreatif. Posisinya sangat banyak mulai dari penulis, editor video, sutradara, produser, perencana budget, dan masih banyak lagi.

Di masa pandemi ini orang-orang lebih sering menghabiskan waktu di rumah dengan menonton Youtube, film, series, dan lain sebagainya.

Para pekerja kreatif yang menyediakan konten-konten tersebut. Tidak hanya perusahaan yang memproduksi konten, jika kamu punya tim dan alat-alatnya, kamu pun bisa memproduksi konten sendiri.

Pekerja kreatif dituntut menghadirkan konten yang berkualitas agar semakin banyak orang yang menikmati karyanya.

7.   Penerjemah

Sekarang banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan luar untuk keperluan bisnisnya. Mereka tidak menunggu sampai bisa bahasa perusahaan luar, tapi akan mempekerjakan penerjemah yang membantu proses bisnis mereka. Untuk itulah pekerjaan ini tidak bisa diremehkan.

Sekarang pun yang dibutuhkan tidak hanya mereka yang bisa berbahasa Inggris, tapi bahasa-bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Arab, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada salahnya kamu menambah wawasan bahasa tidak hanya di bahasa Inggris, tapi bahasa lain yang kamu sukai.

Penerjemah juga bisa bekerja secara lepas dengan bayaran per proyek. Banyak juga perusahaan yang mengincar penerjemah lepas karena dibutuhkanya hanya untuk sesekali. Kemampuan bahasa ini bisa dipelajari dengan belajar sendiri atau belajar dengan orang yang lebih ahli.

Profesi freelance translator (penerjemah lepasan) sudah lama populer sebagai profesi yang menyenangkan karena sistem kerja fleksibel, lingkup kerja jelas, dengan standar umum yang transparan. Meskipun sebenarnya keterampilan berbahasa asing itu sendiri termasuk keterampilan tingkat tinggi.

Itulah berbagai jenis pekerjaan yang saat ini menjadi daya tarik perusahaan. Semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian, jadi terus semangat berjuang ya.

Artikel Terkait