Emas

Harga Emas Dunia Terus Naik, Perhatikan Cara Beli Emas Berikut!

Ajaib.co.id – Harga emas dunia yang menjadi rujukan dalam penetapan harga emas hari ini dalam jangka panjang cenderung mengalami kenaikan dibandingkan nilai mata uang. Hal ini menjadikan emas sebagai logam mulia yang dapat menjadi pelindung nilai dari kekayaan.

Emas memiliki persediaan yang terbatas dan dalam jangka panjang memiliki nilai yang stabil. Artinya, jika nilai mata uang mengalami inflasi setiap tahunnya, maka nilai emas dipercaya tidak terpengaruh oleh inflasi. Sehingga jika kita menyimpan emas dalam jangka panjang misalnya 5-10 tahun, maka nilai kekayaan yang dimiliki akan tetap di masa yang akan datang.

Sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, emas telah dijadikan sebagai barang berharga yang memiliki nilai tinggi. Emas dalam bentuk koin maupun perhiasan dijadikan alat tukar maupun hadiah yang diberikan kepada orang-orang terpandang.

Apakah kamu tertarik untuk memiliki emas? Selain memantau harga emas dunia, perhatikan juga hal-hal berikut ini dan ketahui cara beli emas yang bisa kamu pilih.

5 Hal yang Penting untuk Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

Emas merupakan salah satu komoditas yang harganya mahal. Oleh karena itu sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam membeli emas. Apalagi jika kamu berniat untuk menyimpan emas dalam jangka panjang. Perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum membeli emas.

  • Ketahui Tujuan Membeli Emas

Sebaiknya kamu mengetahui apa tujuanmu dalam membeli emas. Hal ini penting karena akan menentukan jenis emas apa yang tepat untuk dibeli. Apakah kamu akan membeli emas perhiasan atau emas batangan?

Jika tujuanmu membeli emas untuk digunakan sebagai perhiasan pada acara-acara tertentu, kamu bisa memilih jenis perhiasan yang diinginkan. Misalnya anting-anting, kalung, gelang, cincin, bros, atau jam tangan. Kamu juga bisa memesan model tertentu sesuai keinginanmu, namun dibutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak.

Sebaiknya kamu membeli emas batangan jika tujuannya untuk tabungan di masa depan. Emas Antam memiliki harga yang lebih stabil dalam jangka panjang dan tidak ada potongan yang besar ketika dijual, seperti halnya pada emas perhiasan.

  • Ketahui Harga Emas Hari Ini

Harga emas dunia dan harga emas hari ini dalam jangka panjang memang cenderung naik nilainya terhadap mata uang. Namun, dalam jangka pendek tetap terjadi fluktuasi pada harga emas. Kadang harga emas akan naik dan akan turun tergantung berbagai sentimen positif maupun negatif yang memengaruhinya.

Info tentang harga emas hari ini dapat kamu peroleh melalui berita di media televisi, surat kabar, maupun internet. Namun, untuk kepastiannya kamu bisa menanyakan kepada tempat pembelian emas yang kamu tuju.

  • Pilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Memilih tempat pembelian emas yang terpercaya sangat penting agar kamu terhindar dari penipuan. Apalagi jika kamu orang awam dan tidak dapat membedakan ciri-ciri emas asli dan emas palsu. Jangan sampai kamu mengalami penipuan ketika membeli maupun menjual emas.

Selain itu, pastikan kamu membeli emas di tempat yang akan bertahan dalam waktu lebih dari 10 tahun. Hal ini berkaitan dengan waktu di masa mendatang saat kamu ingin menjual emasmu. Disarankan kamu menjual emas di tempat kamu membeli emas tersebut.

  • Periksa Kadar Kemurnian dan Berat Emas

Saat membeli emas, perhatikan kadar kemurnian emas dan beratnya. Emas yang beredar di pasaran memiliki berbagai tingkatan kadar emas seperti 25%, 50%, 75%, 90%, sampai emas murni 24 karat atau 100%.

Selain kadar kemurnian emas, berat emas juga bervariasi. Berat emas perhiasan tergantung juga dari besar kecilnya perhiasan tersebut. Jika kamu berniat membeli emas Antam, kamu bisa memilih berat emas mulai dari 1 gram sampai 1000 gram.

  • Cermati Sertifikat Emas

Setiap pembelian emas biasanya disertai dengan sertifikat resmi. Baik itu emas Antam, emas batangan selain Antam, maupun emas perhiasan. Pada emas Antam, ada versi lama dengan sertifikat terpisah dari kepingan emas, dan ada juga versi baru dimana kepingan emas menyatu dengan sertifikat yang disebut Emas Certicard.

Jika kamu membeli emas perhiasan di toko kecil, sertifikat pembelian berupa nota pembelian yang harus disimpan untuk kemudahan saat menjualnya kembali. Dalam nota tersebut tercantum kadar emas, berat emas, dan gambar model perhiasan yang kamu beli.

Cara Mudah Membeli Emas Batangan Antam

Masih banyak orang yang ingin memiliki emas Antam namun tidak tahu bagaimana cara beli emas ini. Ada beberapa cara mudah membeli emas yang bisa kamu pilih berikut  ini.

  • Datang Langsung ke Butik Antam

Setelah mengetahui harga emas dunia dan harga emas hari ini, kamu bisa mengunjungi Butik Antam terdekat di kotamu untuk membeli emas batangan Antam. Butik Antam buka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00.

  • Beli Emas Antam di Toko Emas Langganan

Selain emas perhiasan, kamu juga bisa membeli emas Antam di toko emas langgananmu. Tidak banyak orang mengetahui hal ini karena emas batangan biasanya tidak dipajang di etalase toko. Kamu bisa menanyakannya kepada pelayan toko jika ingin membeli emas Antam di toko tersebut.

  • Beli Emas Secara Online

Saat ini, telah banyak yang menjual emas secara online. Baik itu di marketplace maupun website tersendiri. Pastikan kamu memilih toko online yang terpercaya untuk membeli emas. 

Harga emas dunia dan harga emas hari ini yang cenderung naik nilainya terhadap mata uang dalam jangka panjang menjadikan emas sebagai primadona untuk menyimpan kekayaan. Kamu bisa menabung emas untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Namun, perlu diingat bahwa emas adalah pelindung nilai, bukan investasi yang memberikan keuntungan besar.

Jika kamu ingin investasi juga untuk mendapatkan return yang lebih tinggi, kamu bisa memilih untuk investasi saham dan reksa dana. Gunakan Aplikasi Ajaib untuk mulai melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham dan reksa dana. Kamu juga bisa memantau berita ekonomi dan bergabung dengan komunitas investor di Aplikasi Ajaib.

Artikel Terkait