Bisnis & Kerja Sampingan

Sebelum Memilih Mitra Usaha, Pertimbangkan 8 Faktor Ini

Mitra usaha
Mitra usaha

Ajaib.co.id – Bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak menyukai bekerja di belakang meja kerja. Hasratnya memiliki usaha sendiri, dimana ia bisa merencanakan dan mengatur pekerjaan sendiri termasuk penghasilan. Namun, untuk memulai berbisnis tidaklah gampang. Kalau ingin bisnisnya cepat berkembang dan menguntungkan dibutuhkan mitra usaha.

Akan tetapi menjalin kerja sama dengan orang lain juga perlu pertimbangan. Jika kamu sampai salah memilih mitra, bisnis kamu tentu bisa gagal bahkan sebelum berpeluang untuk sukses. Di sisi lain menemukan mitra yang punya pengalaman dan mau berbagi nilai serta tujuan dalam bisnis kamu merupakan suatu berkah.

Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan pada saat mencari mitra usaha agar tujuanmu dalam berbisnis bisa tercapai.

1. Memiliki Passion yang Sama

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenali passion dari calon mitra tersebut. Apakah ia punya hasrat yang sama dengan kamu dalam membangun bisnis! Sebab hal ini sangat penting dalam keberlangsungan bisnis dan memudahkan kamu untuk menetapkan Langkah berikutnya.

Cari rekan yang memiliki passion sama dengan tujuanmu. Tak ada yang tahu bagaimana perjalanan bisnis ke depan, maka dari itu punya kesamaan visi akan menghindarkan kamu dan juga mitra dari sesuatu yang buruk. Seorang mitra harus memiliki komitmen yang sama dan meringankan beban kamu sehingga apa yang dijalankan jadi prioritas bersama.

2. Integritas

Dalam dunia usaha, kamu akan dihadapkan dengan berbagai konflik bahkan sejak usahamu dirintis. Maka dari itu kamu perlu mitra usaha yang memiliki integritas tinggi untuk memajukan bisnis dan semangat pantang menyerah hingga mencapai target.

Disinilah kamu bisa menilai apakah mitra yang dipilih bisa diandalkan atau tidak. Seorang mitra diharapkan dapat berkomitmen membantu kamu memimpin dan menjalankan usaha sebagaimana mestinya serta tidak melenceng dari target.

3. Jujur Adalah Hal Mutlak

Selain komitmen dan integritas, sebuah kejujuran adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar dan tak ternilai. Rekan yang jujur akan berjuang bersama menggapai cita-cita dan tujuan yang ditetapkan.

Memang sulit untuk mencari mitra usaha yang jujur. Tidak hanya sebatas keuangan saja, melainkan keterbukaan akan informasi yang dimiliki. Jika kamu dan rekan bisa saling terbuka, itu akan membuat hubungan kemitraan berjalan dengan baik dan harmonis.

4. Memiliki Kapabilitas Mumpuni

Ada yang bilang mencari mitra dalam berbisnis lebih baik memiliki kemampuan dan keterampilan tidak sama dengan kamu atau berseberangan. Hal itu boleh-boleh saja, tapi jika kapabilitas yang dimiliki rekanan kurang mumpuni, ada kemungkinan usaha yang baru dirintis ambyar atau berhenti sebelum mencapai target.

Pilih rekan bisnis yang punya pengetahuan di bidang usaha milikmu. Misalnya kamu merintis usaha restoran seafood, pastikan calon rekanan kamu memiliki pengetahuan tentang seafood. Dengan demikian akan mempermudah jalannya sebuah usaha serta berpotensi besar untuk sukses.

5. Bertanggung Jawab

Ketika bisnis kamu sedang berada dalam tekanan badai, apakah rekanan akan bertahan atau malah meninggalkanmu? Jika mitra usaha kamu memilih untuk mundur, artinya orang yang dipilih tidak memiliki tanggung jawab.

Pada saat situasi sulit ini kamu bisa menilai seperti apa rekanan. Untuk itu, kamu harus menjalin kerja sama dengan mitra yang tidak mudah menyerah. Dengan begitu apa yang dikerjakannya bisa berdampak baik pada usahamu demi tercapainya tujuan utamamu.

Di sisi lain, kamu juga perlu menentukan siapa yang akan mengelola keuangan usahanya. Jika kamu tidak mampu menanganinya sendiri, ada baiknya mencari mitra untuk membantumu mengurus keuangan. Tidak harus yang handal, minimal tahu cara mengelola uang dan belum pernah terlibat atau mengalami masalah finansial serius sebelumnya.

6. Kemampuan Menyelesaikan Konflik

Hancurnya sebuah hubungan kemitraan paling banyak disebabkan karena pengelolaan konflik yang kurang tepat. Mitra yang baik akan bersedia bersama-sama berjalan dalam satu koridor sampai menuju kepada kesuksesan.

Mitra yang memiliki tanggung jawab besar tidak akan menolak untuk dilibatkan pada saat terjadi konflik atau masalah. Seperti yang sudah terjadi di banyak kasus, rekanan lebih memilih mundur ketika badai menerjang.

7. Ketahanan

Dalam berbisnis ada kalanya kamu sebagai pemilik usaha mengalami kemunduran bahkan kegagalan. Tak menutup kemungkinan terkadang kamu pun bisa salah dalam mengambil keputusan hingga membuatmu terpukul.

Disinilah peran seorang mitra sangat diharapkan memiliki ketangguhan yang mampu memotivasi kamu dan membantu menemukan solusi. Ingat, untuk bisa mencapai kesuksesan kamu dan mitra harus dapat saling mendukung.

8. Mampu Menjalin Hubungan yang Kuat

Untuk bisa meningkatkan skala usaha kamu menjadi lebih besar, tentunya dibutuhkan akses jaringan yang luas ke klien potensial, influencer, hingga investor. Apabila jaringan sosial kamu masih terlalu kecil dari yang diharapkan, menemukan mitra bisnis yang memiliki jaringan lebih luas dan mampu menjalin hubungan yang baik pastinya jadi langkah brilian.

Menjalin kerja sama dengan mitra usaha merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan skala bisnis dan memperoleh profit lebih cepat. Maka dari itu peran seorang mitra sangat penting dalam mendukung keberlangsungan bisnis yang sedang dirintis.

Namun, memilih seorang mitra perlu kehati-hatian agar bisnis bisa sukses. Kalau kamu memutuskan untuk mencari mitra bisnis untuk menggapai tujuan lebih besar, maka tips-tips di atas bisa kamu gunakan untuk menemukan rekanan yang mampu melengkapi kreativitas milikmu. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Artikel Terkait