Bisnis & Kerja Sampingan

8 Strategi Agar Bisnis Lebih Unggul dari Kompetitor

Ajaib.co.id – Dalam berbisnis apa pun pasti akan ada kompetitor yang tak bisa kamu kendalikan. Cara terbaik bersaing dengan kompetitor adalah dengan cara meningkatkan kualitas bisnis kamu.

Berfokus pada diri sendiri atau bisnis yang kamu jalankan adalah pilihan terbaik dalam bersaing dengan kompetitor.

Demi bersaing dengan kompetitor, beberapa pebisnis memutuskan untuk meminjam dana ke bank demi bisa memperluas bisnis mereka.

Banyak trik yang harus dilakukan demi bisa bersaing dengan kompetitor, sebab apabila sekali salah langkah pebisnis bisa tertinggal dan akan merugi. Kamu perlu memiliki strategi bisnis yang jitu untuk bisa unggul dari kompetitor.

Memiliki banyak kompetitor memang meresahkan, tetapi ada baiknya juga. Sebab, dengan demikian akan membuat kamu terus berinovasi dan berpikir kreatif untuk mengembangkan bisnis.

Di bawah ini merupakan kiat bagaimana agar kamu bisa bersaing dengan kompetitor dengan sehat.

1.     Kenali Kompetitor

Pertama untuk bisa bersaing dengan kompetitor, kamu harus tahu mengenai mereka terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup mencari tahu dari media sosial mereka. Kamu pelajari bagaimana mereka mempromosikan produk atau layanan yang mereka berikan.

Bagaimana mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan di kolom komentar, serta bagaimana mereka memperbarui produk atau layanan mereka.

Selain itu, kamu akan lebih memahami apa yang membuat mereka lebih dikenal dan bagaimana menghadapi mereka.

2.     Kenali Konsumen

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus mengenali target pasar atau konsumen kamu sendiri. Kamu harus mengenal mereka secara detail, menyesuaikan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Mengenali konsumen teramat penting supaya kamu tidak salah sasaran. Dengan mengetahui siapa konsumen kamu, kamu akan lebih bisa meningkatkan kualitas produk, promosi tertarget, serta menghemat tenaga dan waktu.

3.     Kenalkan Keunggulan Produk

Alih-alih mencari cela menjatuhkan kompetitor, lebih baik kamu fokus pada keunggulan produk atau layanan yang kamu berikan. Jangan berhenti mengenalkan layanan atau produk kamu ke masyarakat.

Menjadi berbeda dari segi produk adalah kunci agar lebih diminati oleh konsumen. Tentu saja, berbeda dalam hal positif serta menguntungkan. Terlebih dahulu, kamu harus paham mengenai kelemahan dan kelebihan produk kamu sendiri.

4.     Terus Berinovasi

Strategi bisnis yang sudah tidak diragukan lagi salah satunya adalah terus lakukan inovasi. Berinovasi dalam memperbaiki produk adalah pilihan yang tepat.

Selain berupaya untuk memperkenalkan keungulan produk, memperbarui produk agar lebih baik merupakan salah satu cara agar produk kamu lebih baik daripada produk kompetitor.

5.     Memastikan Stok Aman

Memastikan stok produk aman dengan memperbanyak stok adalah langkah yang tepat. Konsumen menyukai pebisnis yang memiliki banyak pilihan, sehingga konsumen akan lebih leluasa dalam memilih produk.

Mereka tak segan-segan membeli lebih dari satu varian, apabila memang tertarik. Sehingga, konsumen tak perlu pindah tempat lain.

Memperbanyak stok atau memperbanyak produksi tentu tak sedikit dana yang harus dikeluarkan. Tapi, hasil yang akan didapatkan pun tak akan main-main pula. Untuk mendapatkan ikan yang besar, perlu umpan yang besar pula.

6.     Optimasi Media Sosial

Saat ini media sosial memiliki kekuatan yang tak main-main. Kamu bisa menemukan target pasarmu di media sosial. Perkenalkan produk kamu di media sosial, tentunya dengan konten yang menarik perhatian.

Banyak media sosial yang bisa kamu pilih untuk promosi. Misalnya, Instagram, Twitter, Facebook, blog, Youtube, dan TikTok.

Carilah media sosial yang sesuai dengan target pasar kamu. Lalu, sesuaikan dengan karakteristik di media sosial tersebut.

7.     Perluas Pasar

Memperluas pasar bukan sekadar dengan mencari target pasar yang lebih banyak, tetapi bisa jadi dengan memberikan layanan atau produk lebih luas.

Misalnya, awalnya kamu menjual masker untuk orang-orang dewasa dan tentu target pasarnya adalah orang dewasa. Lalu, kamu memperluas produk dengan membuat masker kain untuk anak-anak.

8.     Memperkuat Jaringan

Strategi bisnis selanjutnya adalah dengan memperkuat relasi atau jaringan bisnis. Kamu bisa mencari mitra bisnis untuk memperkuat jaringan.

Misalnya, kamu mencari reseller untuk produk kamu di setiap daerah. Dengan begitu, produk kamu akan lebih dikenal serta jaringan bisnis kamu akan lebih luas.

Itu dia beberapa hal yang perlu dilakukan pebisnis agar lebih unggul dari kompetitor. Usaha apa sih yang harus kamu lakukan agar produk atau layanan kamu bertahan. Apabila sudah berusaha sekuat tenaga serta memakai banyak strategi bisnis, tetapi tetap saja mampu bersaing.

Maka, kamu harus tetap belajar dan mencari tahu dari kesalahan-kesalahan yang sudah kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Artikel Terkait