Milenial

Ini Manfaat Sedekah Selain untuk Keuntungan Finansial

Mafaat sedekah bagi kehidupanmu

Ajaib.co.id – Fakta bahwa manfaat sedekah sebagai salah satu cara mengurangi pajak sudah menjadi rahasia umum, terlebih jika kamu termasuk ke golongan yang kondisi uangnya berlebih. Namun, jika kamu melihat dari sudut pandang lain, sedekah tidak hanya sekadar mengurangi kewajiban pajak, tetapi melampaui bagaimana kamu melihat keuangan.

Tentu saja bersedekah bisa menjadi tantangan, terlebih jika kondisi keuangan sedang ketat. Lagipula, pendapatan tiap bulan keluar dan masuk begitu saja untuk pengeluaran operasional, dana tabungan, membeli sepatu baru, atau liburan. Tetapi apakah kamu tertarik menggunakan uang untuk sesuatu hal yang memiliki motif altruistik?

Kenyataannya, ketika memutuskan untuk memberi sedekah, tanpa sadar kamu akan mendapatkan lebih banyak dari jumlah yang diberikan, entah itu uang tunai, barang berharga, atau waktu yang berharga. Ketahuilah, bahwa selain terkait keuangan, manfaat sedekah juga mempengaruhi faktor emosional, sosial, ingga psikologis. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari bersedekah yang mungkin tidak kamu sadari karena sibuk menghitung penghematan pajak setiap tahunnya.

Mengaktifkan Reward Center di Otak

Sebuah studi dari profesor dan rekan-rekannya di Oregon University menunjukkan bahwa sedekah ke orang yang membutuhkan akan menciptakan respon di otak yang menyerupai respon yang diaktifkan oleh obat-obatan dan rangsangan lain. Respon hasil dari sedekah ini menimbulkan lonjakan hormon dopamin dan endorfin yang biasanya terpicu ketika kamu sedang merasa senang dan menyukai suatu hal.

Salah satu manfaat sedekah ini bisa memberikan perasaan menyenangkan di bagian terdalam fisiologi, melebihi dari kesenangan yang diperoleh dari menghabiskan akhir pekan bersama teman di restoran mewah atau berbelanja pakaian rancangan desainer. Jadi, pastikan kamu merasakan juga kesenangan lain dari bersedekah.

Mengajari Anak Pentingnya Berbagi

Sebagai orang tua, tentu kamu menginginkan anak tumbuh menjadi pribadi yang memiliki empati terhadap orang sekitar. Oleh karena itu, mengajarkan anak untuk peduli pada orang lain adalah pelajaran hidup penting yang harus dilakukan sejak ini. Ini adalah salah satu manfaat sedekah yang bisa kamu terapkan ke anak.

Ketika bersedekah entah melalui amal masjid atau sumbangan ke organisasi sosial lainnya dan anak kamu melihatnya, mereka akan tumbuh dengan mengetahui bahwa memberi ke sesama adalah hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk duplikasi terhadap kebiasaan yang kamu lakukan. Dengan kata lain, sedekah memiliki manfaat untuk membantu kamu menjadi panutan yang baik bagi anak-anak.

Membantu Membuat Prioritas Hidup

Selain meminimalkan pajak, salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk keuangan adalah dengan memahami prioritas pengeluaran. Entah kamu seorang pekerja korporat, tim kreatif, pekerja lepas, atau pemilik bisnis, kamu bisa merasakan manfaat sedekah untuk memahami nilai-nilai dan menetapkan prioritas. Jika kamu memang ingin bersedekah secara rutin, kamu bisa menjadikannya sebagai prioritas dan cara untuk mengelola keuangan lebih baik.

Kebiasaan bersedekah memaksa kamu untuk berpikir tentang bagaimana kamu akan mengarahkan sumber daya keuangan dan memungkinkan menemukan perasaan menghargai uang yang jauh lebih tinggi dibandingkan untuk dihabiskan ke sesuatu yang tidak penting.

Mendorong Perencanaan Uang yang Lebih Baik

Setelah kamu mengetahui prioritas keuangan, kemungkinan besar kamu akan membuat rencana keuangan yang memungkinkan untuk mendanai prioritas tersebut. Jika bersedekah merupakan salah satu prioritas tersebut, kamu akan selalu menemukan cara untuk memasukkannya ke dalam rencana keuangan. Sikap ini juga akan mendorong kamu untuk memikirkan di mana pengeluaran lain yang sesuai di alokasi anggaran dan membantu menentukan hal apa yang menjadi fokus utama.

Jika kamu ingin memastikan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk disumbangkan, rencana keuangan yang komprehensif dan teruji akan membantu, dan kapan pun sebuah rencana keuangan yang teruji, kemungkinan besar kamu akan menunjukkan peningkatan di aspek lain dalam finansial.

Bersedekah memaksa kamu untuk mundur dan mencari tahu apa yang sebenarnya penting di hidup kamu, dan mengevaluasi yang ingin kamu lakukan dengan uang tersebut. Kemudian, kamu dapat membuat anggaran lebih baik yang dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Meningkatkan Kepuasan Hidup

Sebuah penelitian di Jerman memberikan banyak bukti bahwa individu yang memberi lebih banyak kepada orang lain, baik waktu, tenaga, atau pun material mendapatkan kepuasan yang lebih besar dibandingkan individu yang tidak melakukannya sama sekali.

Fakta lainnya adalah komunitas individu yang tingkat bersedekahnya tinggi cenderung menunjukkan kepuasan yang lebih besar di dalam komunitas daripada kelompok individu yang tidak bersedekah dengan ikhlas. Intinya, manfaat sedekah lainnya adalah kamu akan lebih bahagia jika berkumpul bersama kelompok atau komunitas yang memiliki aktivitas berbagi ke sesama secara berkala.

Jadi di luar alasan mendapat pahala sedekah yang memadamkan api neraka pada hari kiamat sebagaimana yang ditanamkan umat Islam, kepuasan keika apa yang kita hasilkan dapat membantu orang lain akan membuat kita lebih ikhlas berbagi.

Meningkatkan Kesehatan

Orang yang menjadi sukarelawan dan sering bersedekah cenderung memiliki skor kesehatan secara keseluruhan lebih baik seperti ketahanan dalam aktivitas fisik hingga tingkat tekanan darah dibandingkan mereka yang tidak bersedekah.

Sebuah artikel di Consumer Reports menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang menyumbangkan waktu mereka terbukti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kecepatan berjalan, meningkatkan kemampuan untuk menaiki tangga, dan menurunkan tingkat menonton televisi atau berkutat di smartphone untuk waktu yang lama.

Manfaat Keluarga

Selain membantu menjadikan anak yang memiliki rasa empati dan simpati, sedekah juga memiliki manfaat yang lain bagi rumah tangga masa kini. Dengan membuat rencana sedekah bersama anggota keluarga, memungkinkan setiap anggota memiliki suara dalam diskusi dan membantu menciptakan hubungan keluarga yang lebih dalam dan hangat.

Untuk menciptakan rencana sedekah, pastikan kamu memiliki beberapa hal untuk memudahkan rencana tersebut, di antaranya membuat lembar kerja rencana amal, pertanyaan yang ditanyakan pada diri sendiri terkait tujuan sedekah, dan membuat rencana filantropis keluarga.

Sebagai warga negara, sudah kewajiban kita secara legal untuk membayar pajak penghasilan (PPh), pajak kendaraan bermotor, dan pajak lainnya. Sedekah memang membantu sebagai pengurang pejak, tetapi jika motif utama sedekah begitu, kamu akan merasa terpaksa dan akhirnya tidak membantumu menunaikan kewajiban sebagai umat beragama.

Artikel Terkait