Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi, Pahami di Kala Pandemi

Ajaib.co.id – Pandemi COVID-19 telah berdampak ke berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi. Berkurangnya pendapatan sudah dirasakan sebagian orang. Potensi PHK masih menghantui. Perekonomian pun serba tidak pasti. Maka, memahami pengertian tindakan ekonomi bisa membantu kamu mengelola keuangan di tengah pandemi.

Sudah ada sejumlah pendapat yang menjelaskan arti atau definisi tindakan ekonomi. Seorang akademisi dan antropolog bernama James C. Scott, misalnya, berpendapat bahwa tindakan ekonomi merupakan refleksi langsung atas tindakan lainnya, selama tidak keluar dari etika subsistensi.

Dari sudut pandang Scott, tindakan ekonomi merupakan pantulan langsung dari moral ekonomi, yakni manusia bertindak sebatas tidak keluar dari etika subsistensi.

Pendapat lain datang dari seorang ahli bernama Hans Dieter Evers. Ia mengungkapkan bahwa tindakan ekonomi sebagai sintesis dari tindakan lain yang ada dan kepentingan ekonomi yang dimiliki, yakni akumulasi modal dalam bentuk barang dan uang.

Dari ‘kacamata’ Evers, tindakan ekonomi adalah sintesis dari moral ekonomi–yakni kewajiban moral untuk membantu teman-teman dan kerabat-kerabat–yang ada dan kepentingan ekonomi yang dimiliki berupa akumulasi modal dalam bentuk barang dan uang.

Secara sederhana dapat disimpulkan, tindakan ekonomi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melakukan tindakan itu, manusia akan dihadapkan pada sumber daya yang terbatas. Keterbatasan sumber daya ini membuat manusia harus menentukan pilihan yang tersedia guna memenuhi kebutuhannya. 

Manusia melakukan tindakan ekonomi dengan tujuan tertentu, seperti:

  • Menentukan barang atau jasa seperti apa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Mempertimbangkan untung dan rugi dari beberapa pilihan.
  • Membedakan kualitas barang atau jasa.
  • Memprioritaskan kebutuhan hidup, bukan keinginan.

Dari beberapa poin di atas, terlihat lebih jelas bahwa tindakan ekonomi memiliki peran yang signifikan, bukan? Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu menyelami lebih dalam tentang pengertian tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi sangat relevan dengan kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Tidak ada yang bisa memprediksi pandemi COVID-19 berakhir atau setidaknya melandai.

Jadi, sudah sewajarnya kamu melakukan pertimbangan yang rasional dan lebih matang terkait berbagai pilihan yang tersedia sebelum mengeksekusinya menjadi tindakan ekonomi. Bila bertindak tanpa memikirkannya secara seksama terlebih dahulu, maka bisa merugikan diri sendiri atau keluarga kamu.

Nah, bagaimana sebaiknya mengaplikasikan pengertian tindakan ekonomi di saat pandemi COVID-19 agar isi rekening kamu tidak jebol? Well, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti di bawah ini. 

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan.

Semakin banyak pos pengeluaran, artinya kamu harus makin pintar-pintar dalam mengatur dan menggunakan uang. Maka, dahulukan membeli barang sesuai kebutuhan, bukan apa yang kamu inginkan.

Kamu bisa memilah barang-barang apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan dengan menyusun list priority. Kamu, misalnya, dapat mengelompokkan barang-barang primer, sekunder, atau tersier. Biasanya, barang-barang yang masuk kategori primer adalah yang kamu butuhkan.

Selain menyusun priority list, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah atau takaran barang yang perlu dibeli. Dengan kata lain, hindari membeli sesuatu dengan berlebihan, apalagi menimbunnya dan sudah termasuk dalam pengertian panic buying.

Perilaku panic buying dipicu oleh faktor psikologis yang biasanya terjadi karena penyebarluasan informasi tidak utuh atau menyeluruh. Akibatnya, masyarakat merasa khawatir. Mereka kemudian meresponnya dengan berbelanja secara masif sebagai upaya penyelamatan diri. Bahayanya, panic buying bisa menimbulkan kerugian dari segi keuangan yang tidak hanya secara personal, namun juga dalam lingkup lebih luas.

Cost and Benefit

Setelah menentukan barang-barang apa saja yang dibutuhkan, kamu jangan serta-merta membelinya. Kamu bisa melakukan analisa sederhana sebelum memutuskan membeli barang, misalnya kamu hendak membeli minyak goreng berukuran 1 liter.

Setelah dihitung-hitung, membeli minyak goreng berukuran 2 liter dengan merek sama lebih menghemat budget karena kamu tidak perlu pergi ke toko dua kali atau membayar ongkos kirim dua kali bila membelinya secara online.

Contoh lain dari cost and benefit ini ialah membandingkan harga jual dan kualitas suatu barang di lebih dari satu toko. Jadi, di sini kamu mempertimbangkan dengan masak suatu barang layak dibeli atau tidak. 

Cari Sumber Penghasilan Ekstra

Jika kamu turut terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19, maka segeralah mencari sumber penghasilan tambahan. Hal ini perlu karena pulihnya kondisi ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19 tidak bisa diprediksi dengan pasti. Bila kamu seorang karyawan yang mengalami pengurangan gaji, sebagai contoh, kamu bisa memulai mencari pekerjaan paruh waktu yang tidak mengikat.

Terlebih bila kamu menjalankan work from home (WFH). Sebagian waktu yang sebelumnya habis untuk perjalanan menuju dan dari kantor bisa kamu manfaatkan untuk mencari sumber penghasilan di tempat lain. Sejumlah peluang bisnis yang muncul akibat pandemi COVID-19 ternyata cukup menjanjikan, lho.

Perbesar Dana Darurat

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, keberadaan dana darurat menjadi lebih mendesak. Jika kamu biasanya mengalokasikan dana darurat tiap bulannya, maka jangan ragu-ragu untuk memperbesar porsinya dari penghasilan kamu tiap bulan.

Jika kamu belum mengalokasikan sebagian penghasilan untuk dana darurat, maka jangan menunda memulainya. Lebih baik lagi, dana darurat ini bisa menjadi investasi ke depan, misalnya memilih emas murni sebagai dana darurat.

Selain tren, harganya naik cukup tinggi, emas murni juga relatif mudah dijual untuk memperoleh uang tunai. Bila perlu, lakukanlah diversifikasi atau penyebaran risiko penempatan dana darurat dengan membaginya ke banyak tempat, seperti emas, tabungan dan sebagainya.

Sumber: Tindakan Ekonomi : Pengertian, Jenis, Tujuan Dan Contohnya, Tindakan Ekonomi: dari Definisi hingga Hubungannya dengan Dunia Bisnis, Melaksanakan Tindakan Ekonomi dalam Berbisnis, 5 Cara Efektif Atur Keuangan Saat Pandemi Buat Generasi Sandwich, dan Jenis Tindakan Ekonomi & Cara Mengaplikasikannya dalam Dunia Bisnis, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait