Teknologi

Infokes Mobile, Aplikasi Layanan Puskesmas Online

Sumber: Infokes

Ajaib.co.id – Bekerja seharian membuatmu sering lupa waktu dan kehabisan jam untuk sekadar memikirkan tentang kesehatan. Satu-satunya waktu luang yang kamu miliki berada di genggaman tanganmu saat ini: smartphone

Dengan smartphone kamu bisa menjelajahi dunia internet dengan luas karena smartphone selalu ada di dekatmu. Tapi apakah kamu memiliki waktu untuk memeriksa kesehatanmu saat ini secara rutin di puskesmas?  Atau kamu sedang mencari aplikasi puskesmas online untuk keperluan kesehatanmu? 

Tenang saja, aplikasi Infokes Mobile bisa membantumu untuk menghemat waktu sekaligus menyimpan data dan memeriksanya hanya dalam satu genggaman. Aplikasi puskesmas online ini tersedia untuk pengguna smartphone, dan aplikasi ini dibuat oleh PT. Infokes Indonesia yang bekerja sama dengan ribuan puskesmas di seluruh Indonesia. 

PT. Infokes Indonesia (Infokes) merupakan perusahaan Teknologi Informasi yang fokus bergerak dalam pengembangan produk dan solusi Teknologi Informasi Kesehatan online dan terintegrasi di Indonesia.

Lebih dari satu dekade, Infokes telah dipercaya untuk membantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia dengan penerapan sistem lebih di 1000 titik Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia secara realtime

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Infokes berhasil meraih berbagai prestasi di kancah Nasional dan Mancanegara. Infokes akan tetap berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk untuk mewujudkan Integrated eHealth Solutions di Indonesia.

Berikut adalah fitur-fitur yang dapat kamu gunakan di dalam aplikasi Infokes:

1. Pendaftaran Online

Kamu tidak perlu repot lagi untuk datang dan mengambil nomor antrian di meja pendaftaran puskesmas, dengan sekali klik, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengambil nomor antrian dan semuanya dapat dilakukan secara online

Fitur ini menjadi salah satu fitur terbaik karena menghindari antrian yang panjang di puskesmas hanya untuk mendaftar. 

2. Cek Nomor Urut Antrian 

Selain mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor antrian, kamu bisa memeriksa nomor urut antrian di dalam aplikasi. Data-data yang ada di aplikasi cukup akurat karena Infokes memberikan informasi antrian secara realtime

Jika kamu tidak ingin menunggu di puskesmas, kamu bisa menunggunya di puskesmas online di dalam aplikasi. Dengan mengerti nomor urut antrian, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan waktu untuk tiba di puskesmas tanpa harus menunggu lama. 

3. Konsultasi

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah konsultasi dokter secara online di dalam aplikasi, kamu bisa menanyakan atau mendapatkan jawaban untuk keluhan yang kamu alami saat ini, tanpa harus bertemu secara tatap muka. 

Dengan fitur ini, kamu bisa menghemat waktu dan tetap fokus pada pekerjaan jika kamu adalah pekerja yang tidak memiliki banyak waktu. 

4. Rekam Medis 

Semua rekam jejak medis kamu dapat kamu lihat di dalam aplikasi ini, tentunya ini akan memudahkan kamu jika kamu ingin tahu kapan terakhir kali kamu checkup dan dapat menunjukkannya ke dokter. 

5. Cek Data BPJS

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memeriksa data BPJS kamu dan memeriksa fasilitas kesehatan pertamamu di dalam aplikasi. Dan melihat data-data BPJS kamu hanya dalam satu aplikasi, jadi kamu bisa mengontrol data kamu secara mudah dan cepat. 

Tentunya, fitur ini telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan secara resmi, jadi data kamu akan tetap aman, dan yang pasti tetap transparan karena kamu dapat dengan mudah mengaksesnya. 

Itu dia beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di dalam aplikasi Infokes, selain sangat membantu pastinya akan sangat menghemat waktu jika kamu menikmati setiap fitur yang ada di dalamnya. 

Infokes Mobile Apps, dapat gunakan di Fasilitas Kesehatan yang memiliki beberapa ketentuan, di antaranya: 

  • Faskes yang dimiliki sudah menggunakan Aplikasi Infokes 
  • Pengguna sudah terdaftar di BPJS kesehatan (Memiliki kartu/ No BPJS Kesehatan
  • Faskes yang dimiliki sudah mendapatkan ConsID dari BPJS Kesehatan

Infokes Mobile Apps saat ini telah bekerja sama dengan  56 Dinas Kesehatan Provinsi atau Daerah, 1383 Puskesmas, 108 Klinik, dan 1027 Posyandu. Tentunya, aplikasi ini akan lebih berkembang lagi ke depannya karena menjadi salah satu aplikasi puskesmas online terbesar di Indonesia.

Saat ini (08/2020), aplikasi ini telah tersedia di beberapa daerah atau kota berikut: 

  • Sumatera (Kab. Serdang Berdagai, Kab Banyuasin, Kab Deli Serdang, Banda Aceh, Limapuluh Kota, Kota Padang, Kab Padang Pariaman, Kota Metro)
  • Jawa (Kab Bekasi, Kab Tasik, Kota Tasik, Kota Cirebon, Kab Cirebon, Kab Ciamis, Kab Indramayu, Kota Sukabumi, Kab Bogor ,DKI Jakarta, Kota Tangerang)
  • Lombok – Bali (Kab Badung, Kab Lombok Tengah, Kab Lombok Utara, Kab Lombok Barat, Kota Mataram)
  • Kalimantan, Sulawesi, Maluku (Kab Banjar baru, Kota Ambon, Kota Makassar)

Untuk kamu yang belum berada di daerah atau kota di atas, maka kamu harus bersabar dan menunggu Infokes meluncurkan layanannya di kota kamu. Layanan ini gratis dan tidak dipungut biaya. 

Jika kamu berada di salah satu kota atau daerah di atas, maka kamu bisa mengunduh aplikasinya di smartphone kamu. Jangan lupa, untuk mengunduh aplikasi Ajaib juga di smartphone kamu. 

Selain kesehatan, maka tidak jauh dari masa depan. Ajaib menawarkan fitur investasi dan menabung dana darurat dalam satu genggaman yang bisa kamu gunakan dalam sekali klik. Tidak ada batasan daerah, kamu bisa mengunduhnya dari mana saja sesuai dengan smartphone yang kamu miliki. 

Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana hanya dengan Rp10.000 saja, dan investasimu akan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi investasimu akan aman, dan pengalaman berinvestasimu menjadi nyaman. Yuk, mulai berinvestasi bersama Ajaib!

Artikel Terkait