Investasi

Bagaimana Menghasilkan Keuntungan Ketika Pasar Kurang Baik?

pasar bearish

Investasi saham menghasilkan keuntungan dengan dua cara bagi investor yakni berupa dividen dan harga yang didapat ketika trading saham. Jika dividen didapat dari pembagian keuntungan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki maka kamu bisa mendapatkan untung lebih cepat dengan jual beli saham.

Jual beli saham dipercaya sebagai cara yang tepat untuk mendapat keuntungan dalam dunia saham hanya dalam jangka pendek. Jika saham yang kamu miliki nilainya naik terus maka kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan untung yang cukup besar. Kamu hanya perlu bersikap jeli untuk tahu kapan tepatnya waktu untuk melepas saham yang kamu miliki.

Untuk mencapai nilai saham yang tinggi tentunya dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk fluktuasi pasar. Namun jika pasar sedang kurang baik untuk menjalankan bisnis maka kebanyakan investor merasa sulit menghasilkan keuntungan. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab lesunya pasar saham yang menjadi tempat berbagai bisns mencari modal usaha.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi pasar kurang baik termasuk perekonomian yang melemah, kebikan pemerintah maupun nilai tukar mata uang yang buruk. Dampaknya biasanya banyak investor yang merasa panik dan kemudian memutuskan untuk menjual sahamnya daripada harga terus turun dan kerugiannya semakin besar.

Namun apakah cara ini tepat untuk menghindari kerugian dan menghasilkan keuntungan yang maksimal?

Tetap Menghasilkan Keuntungan Meskipun Pasar Lesu

Berkat internet, kamu dapat selalu mengakses berita terbaru dimanapun dan kapanpun. Meskipun terdengar baik, eksposur investor terhadap berita meningkatkan volatilitas harga saham. Setiap berita kecil sepertinya menjadi alasan untuk menjual atau membeli saham di akun investasimu.

Contoh yang belakangan terjadi adalah dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina. Konflik ekonomi yang terjadi berhasil membuat pasar saham melemah. Banyak investor yang kemudian menjual bisnisnya agar tidak merugi terlalu banyak. Di sisi lain, melemahnya pasar menjadi peluang bisnis bagi investor besar memborong saham yang dianggap bagus namun dengan harga murah.

Turunnya harga saham menyebabkan kepanikan di beberapa investor, tetapi fluktuasi di pasar merupakan representasi bisnis seperti biasa. Investor yang merasa nyaman dengan kenyataan ini tahu bagaimana merespons penurunan harga dan bagaimana mengenali aset yang dibeli dengan baik ketika harga saham turun.

Tentu keadaan ini membuatmu bertanya-tanya apa yang harus dilakukan bila kondisi pasar sedang kurang baik?

Berikut adalah beberapa tips bagaimana kamu bisa menghasilkan keuntungan selama kondisi pasar turun.

# Abaikan Instingmu

Sifat manusia selalu mengikuti keramaian dan hal ini tidak berbeda untuk pasar saham. Jika harga saham sedang naik, investor akan bereaksi dengan cepat untuk terburu-buru membeli dan akhirnya membeli sebelum harga terlalu tinggi. Namun, ini sering berarti bahwa Kamu terburu-buru untuk membeli saham sebesar Rp 5 ribu hari ini yang bisa kamu beli seharga Rp 4 ribu kemarin. Ketika memikirkannya seperti itu, maka pembelian terburu-buru ini mungkin bukan pembelian yang baik.

Hal sebaliknya juga berlaku. Jika harga pasar jatuh, investor sering bergegas keluar sebelum harga jatuh terlalu jauh. Sekali lagi, ini mungkin berarti kamu menjual saham seharga Rp 7 ribu yang dihargai Rp 8 ribu kemarin. Itu juga bukan cara menghasilkan uang.

Sementara peristiwa atau keadaan tertentu dapat menyebabkan saham melonjak atau jatuh dan investor perlu mengambil tindakan cepat, kenyataan yang lebih umum adalah bahwa fluktuasi sehari-hari, bahkan yang tampak ekstrem, hanyalah bagian dari tren yang lebih panjang.

Jika kamu berada di pasar terutama untuk membangun sarang kekayaanmu, tindakan terbaik yang hampir selalu dilakukan adalah tidak melakukan apa-apa dan membiarkan pertumbuhan jangka panjang terjadi. Jika kamu mencoba untuk dengan cepat membangun nilai bisnis atau portofoliomu, melihat orang lain yang tergesa-gesa menjual saham yang jatuh mungkin merupakan isyarat agar kamu untuk terjun melawan arus dan membeli. Pertimbangkan bagaimana itu bisa bekerja untuk investasimu dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

 

# Beli Saham Perusahaan dengan Fundamental yang Baik

Beli saham dengan bisnis yang baik yang menghasilkan laba nyata dan pengembalian ekuitas yang baik. Selain itu, alasan lain sebuah perusahaan layak dibeli sahamnya ketika pasar kurang baik karena memiliki rasio hutang terhadap ekuitas yang rendah hingga sedang, yang meningkatkan margin laba kotor, memiliki manajemen yang ramah terhadap pemegang saham, dan setidaknya memiliki beberapa waralaba.

Perusahaan-perusahaan dengan fundamental yang bagus umumnya bertahan lebih baik di bawah tekanan, membuat pemulihan harga saham lebih cepat bahkan jika harga saham turun 75% atau lebih. 

# Reinvestasi Dividen Milikmu

Investasikan kembali dividenmu karena itu akan menambah biaya program rata-rata biaya yang kamu keluarkan. Beberapa studi telah menunjukkan berkali-kali bahwa dividen yang diinvestasikan kembali adalah komponen besar dari keseluruhan kekayaan mereka yang membuat kekayaan mereka berinvestasi di pasar.

# Jaga Biaya Investasimu Tetap Rendah

Jaga agar biaya investasimu tetap rendah. Meskipun mungkin tampak tidak signifikan, tetapi ada perbedaan besar antara menghasilkan 7% dan 8,25% pada uangmu dalam kondisi apapun. Jika dalam 25 tahun menginvestasikan $ 5.000 per bulan ke Roth IRA dengan harapan pensiun pada 65, tingkat pengembalian 7% akan membuatnya sekitar $ 998.175 dengan pensiun.

Sedangkan pengembalian 8,25% akan menghasilkan $ 1.383.610 dalam kekayaan. Perbedannya mencapai 38,6% lebih banyak atau setara dengan $ 385.435! Tempatkan perbedaan dalam obligasi kota dan kamu mendapatkan $ 17.000 tambahan + dalam pendapatan setelah pajak masing-masing dan setiap tahun tanpa menyentuh investasi pokok milikmu.

# Siapkan Dana Darurat

Akhirnya, rahasia terakhir untuk membangun kekayaanmu ketika pasar saham melemah dalam badai adalah membuat generator uang cadangan dan sumber pendapatan. Bisa dengan memiliki bisnis sampingan untuk mengatur biaya hidupmu berikutnya. Kamu bisa melakukannya dengan menyisihkan modal yang cukup untuk bisnis lainnya dan membuka usaha sebagai persiapan jika pasar saham anjlok.

Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko. Bahkan jika kamu seorang direktur yang menghasilkan Rp 1 milyar per tahun, atau pengusaha besar yang menghasilkan Rp 1 triliun per tahun, kamu akan memiliki kehidupan yang jauh lebih menyenangkan jika tahu bahwa kamu tidak bergantung pada gaji berikutnya untuk mempertahankan kenyamanan hidupmu dan kondisi finansialmu tetap stabil.

Metode yang diterapkan oleh investor legendaris Warren Buffett telah terbukti untuk mendapatkan kesuksesan finansial jangka panjang. Intinya, kamu hidup dari pendapatan bulanan yang didapatkan. Lalu, kamu membangun sumber alternatif pendapatan misalnya gaji yang didapatkan dari pekerjaan freelance-mu, uang sewa dari tenant yang tinggal di lantai 2 rumahmu, atau bisnis sampingan toko kelontong milikmu.

Uang tambahan inilah yang kamu gunakan untuk membangun portofolio investasimu dan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Dengan begitu, ketika melakukan hal-hal biasa, seperti pergi bekerja, menjemput anak-anak, mengadakan rapat staf, dan memasukkan bensin ke mobil, pendapatan tambahanmu menuangkan uang ke broker saham milikmu dan akun investasi lainnya.

Hal ini dapat mengurangi berpuluh-puluh tahun perjalananmu menuju kemandirian finansial. Belum lagi melindungimu ketika kehilangan pekerjaan karena pendapatan tambahan yang kamu miliki akan menjadi sumber biaya untuk kebutuhan sehari-hari selama belum mendapatkan pekerjaan baru.

Contoh nyata yang membuktikan hal itu ialah Warren Buffett. Jika Dairy Queen bangkrut, ia masih akan kaya dari kepemilikan GEICO di Berkshire Hathaway. Jika ingin turun juga, dia masih memiliki Nebraska Furniture Mart. Jika tidak, selalu ada Cat Benjamin Moore.

Jika perusahaan-perusahaan itu bangkrut juga, ia selalu bisa kembali ke Coca-Cola. Jika tidak ada lagi, selalu ada American Express, Washington Post, Wells Fargo, AS Bancorp, Johnson & Johnson, Borsheims, dan MidAmerican Energy. Ditambah lagi, Buffett menghasilkan jutaan dolar duduk di berbagai Dewan Direksi.

Kinerja pasar yang buruk tidak selalu berarti kamu tidak bisa menghasilkan keuntungan. Lakukan tips-tips diatas dan dapatkan keuntungan yang akan membawamu menuju kemandirian finansial yang diidamkan banyak orang.

Artikel Terkait