Saham

Investasi di Saham, Lebih Banyak Untung atau Rugi?

investasi di saham

Sebenarnya seberapa menjanjikan sih investasi di saham itu? Bagi kamu yang memiliki pertanyaan tersebut, redaksi Ajaib akan mengulas mengenai investasi di saham agar kamu bisa menimbang keuntungan atau bahkan kerugiannya.

Di era globalisasi seperti saat ini sudah banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Hal ini didukung dengan kemudahan memilih produk atau jenis investasi yang sesuai dengan keinginan si pelaku investasi. Mulai dari investasi di saham, properti, deposito bank, hingga reksa dana. Selain itu, perkembangan teknologi juga semakin memudahkan aktivitas investasi yang bisa dilakukan melalui gadget.

Salah satu produk investasi yang didukung oleh kehadiran gadget yaitu investasi saham. Tidak seperti dulu, peminat saham kini semakin banyak bermunculan. Apalagi jenis saham jangka pendek yang bisa diperdagangkan di bursa saham. Keuntungan besar ketika saham yang dibeli mengalami kenaikan harga, menjadi alasan mengapa banyak orang mulai berinvestasi melalui saham.

Lalu, apa semudah itu berinvestasi saham dan mendapatkan keuntungan besar? Pastinya tidak karena ada beberapa tahapan yang harus dilewati untuk mendapatkan keuntungan dan juga persiapan ketika harga saham mengalami penurunan yang menyebabkan kerugian. Ada istilah, “tak kenal, maka tak sayang”. Oleh karena itu, coba kita mengenal lebih dalam tentang investasi saham melalui penjelasan berikut ini.

Memahami Investasi Saham

Sebelum memilih saham sebagai produk investasi, kamu harus memahami pengertian investasi saham secara tepat. Di mana, investasi saham merupakan kepemilikan yang didapat dari aktivitas pembelian lembar saham suatu usaha atau perusahaan, baik perseorangan maupun instansi yang telah dikomersilkan di pasar saham.

Keuntungan dari dana yang dialokasikan untuk membeli saham suatu perusahaan berasal dari harga yang mengalami fluktuasi atau naik turun di bursa saham. Selain itu, ada juga keuntungan yang didapat oleh investor yang disebut dengan dividen. Dividen ini merupakan laba yang diberikan perusahaan penerbit ke investor dari setiap lembar saham. Ada dan tiadanya dividen ini tergantung kebijakan perusahaan di awal yang menerbitkan saham untuk dibeli

Investasi saham memiliki instrumen yang dikategorikan ke dalam beberapa jenis investasi yaitu investasi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Kategori ini juga tergantung dari keinginan investor untuk memilih kepemilikan saham dan keuntungan yang akan didapat. Apakah kepemilikan ingin diteruskan setelah mendapat laba atau ingin menjual saham setelah mendapati harga saham yang naik.

Bagi investasi jangka panjang dan menengah, biasanya saham yang dimiliki akan diteruskan kepemilikannya walau nilai atau harga saham sudah naik berkali-kali lipat dan memanfaatkan dividen sebagai keuntungan yang diambil. Lain halnya pada investasi jangka pendek atau yang disebut dengan istilah trading saham, pada jam trading dibuka, maka saham akan diperdagangkan nilainya untuk mendapatkan keuntungan dari harga saham yang naik.

Manfaat dari Investasi Saham

Saham sebagai instrumen dalam berinvestasi tentu memiliki manfaat yang dihasilkan. Hal ini yang menjadi alasan para investor tertarik dan mempercayakan dana yang mereka miliki untuk diinvestasikan melalui saham. Untuk mengenal manfaat dari investasi di saham, berikut ini ulasan lengkapnya.

Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Modal merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang investor untuk membeli saham suatu perusahaan. Permasalahan modal ini juga menjadi kendala beberapa orang yang ogah berinvestasi saham karena stigma yang mengharuskan investasi saham harus dengan modal besar. Padahal, modal dari per lembar saham bisa dibeli dengan dana sebesar Rp 100.000,- bahkan beberapa perusahaan memperbolehkan untuk menginvestasi modal awal di bawah angka tersebut.

Modal kecil ini bisa mendapatkan keuntungan hingga pencapaian margin sebesar 100%. Hal ini mengapa hanya dengan modal kecil bisa mendapatkan keuntungan besar. Tentunya dengan melalui beberapa tahap yang dapat memberikan dan meraih angka keuntungan tersebut.

Waktu Investasi yang Fleksibel

Pada dasarnya, investasi itu sifatnya bisa dikatakan sebagai sampingan. Walau ada beberapa orang yang bisa hidup dan memiliki penghasilan hanya dengan mengandalkan investasi. Hal ini yang menjadi manfaat sehingga kamu tidak perlu membuang waktu, tenaga, dan menelantarkan pekerjaan utama yang notabennya merupakan sumber penghasilan untuk menanam modal investasi saham. Aktivitas investasi saham bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Mengingat, perkembangan teknologi yang memudahkan kamu bisa memantau kondisi pasar saham melalui gadget.

Keuntungan yang Berasal dari Margin Investasi yang Naik secara Signifikan

Margin saham yang dimiliki naik secara signifikan alias harga per lembar saham kamu naik seiring dengan keuntungan yang besar pula. Kenaikan atau biasa disebut capital gain ini akan terus naik ketika saham perusahaan tersebut semakin banyak diminati. Bahkan perusahaan penerbit saham bisa memberikan bonus berupa uang tunai jika nilai saham mampu mencapai titik tertentu.

Keamanan dan Transparansi dari Investasi Saham Terjamin

Hal yang berhubungan dengan uang tentunya diharapkan baik keamanannya. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang memilih bank sebagai tempat penyimpanan dibanding menyimpannya di rumah. Begitu juga dengan investasi saham, di mana pasar saham di Indonesia dikelola oleh satu payung yaitu Bursa Efek Indonesia. Bisa dipastikan proses transaksi jual beli saham akan terjamin keamanannya serta transparansi yang ramah dengan publik. Jadi, pemikiran akan praktik penipuan hingga sabotase bisa kamu sampingkan dulu.

Risiko dalam Investasi Saham

Dibalik keuntungan besar dan kemudahan mendapatkan penghasilan dari investasi saham, hal yang harus siap diterima adalah risiko saat investasi saham. Hal ini mengacu pada istilah High Return, High Risk, dibalik keuntungan besar yang didapat, ada risiko yang harus kamu hadapi. Berikut ini beberapa risiko dalam investasi saham.

Mengalami Capital Loss

Di dalam dunia saham, dikenal istilah capital gain yang juga berhubungan dengan capital loss. Di mana, situasi yang terjadi saat harga saham per lembar yang dimiliki mengalami penurunan secara anjlok hingga lebih rendah dari harga saham pertama kali dibeli melalui bursa saham. Jika hal ini terjadi dan harga terus turun, makan dana yang kamu miliki bisa hilang atau musnah. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan di bursa saham, dibutuhkan analisa yang baik dan tepat.

Mengalami Suspend

Kendala ini merupakan lanjutan dari harga saham yang kamu miliki terus menurun. Untuk menghindari kerugian yang lebih parah, maka bursa efek akan melakukan suspend pada akun kamu secara otomatis hingga jangka waktu tertentu. Jika hal ini terjadi, maka kamu tidak dapat melakukan aktivitas saham selama waktu suspend berlangsung.

Ketika memutuskan untuk memilih saham sebagai produk investasi, maka kamu harus menerima segala kondisi meliputi keuntungan dan risikonya. Sama halnya dengan instrumen investasi lainnya yang bisa membuat nilai investasi naik dan turun. Jika ditanya, apakah saham lebih menghasilkan untung atau rugi, maka jawabannya tergantung dengan cara kamu dalam berinvestasi. Pahami betul langkah dan cara yang dapat memberikan kamu keuntungan pada setiap produk investasi.

Sama halnya dengan memilih reksa dana sebagai produk investasi. kamu harus memahami dan memilih reksa dana yang memberikan keuntungan dengan risiko yang rendah. Hal ini bisa diwujudkan dengan bantuan aplikasi Ajaib. Melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa berinvestasi reksa dana secara online dengan menggunakan smartphone di mana saja dan kapan saja.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait