Bisnis & Kerja Sampingan

4 Ketrampilan Tangan yang Bisa Dijual dan Cara Membuatnya

keterampilan tangan

Ajaib.co.id – Tren bisnis produk dari hasil ketrampilan tangan belakangan sedang kembali naik pamornya. Masyarakat sedang gemar-gemarnya menggunakan hasil kerajinan tangan baik itu pakaian, perabotan sampai aksesoris. Tentu saja ini jadi peluang bisnis bagi tangan-tangan kreatif sepertimu.

Banyak orang menjadikan skill ketrampilan tangan yang dimilikinya menjadi hobi. Misalnya saja membuat kerajinan tangan dari barang bekas misalnya kardus bekas menjadi tempat pensil atau alat tulis lainnya. Atau kerajinan tangan dari botol yang dijadikan lampu gantung dengan tutup botolnya sebagai ornamen.

Hasil ketrampilan tangan itu sendiri memiliki nilai jual tersendiri karena keunikannya. Bisa dikatakan tidak ada duanya sehingga sulit untuk mencarinya. Itulah kenapa hasil buatanmu itu bisa dijual dengan harga yang menguntungkan. Asalkan kamu tahu cara mempromosikannya dengan tepat.

Berbagai Ketrampilan Tangan yang Mudah Dibuat dan Dijamin Laris Manis

Kreativitas adalah aset yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan. Misalnya saja dengan menjual hasil ketrampilan tangan. Jenis bisnis ini sudah cukup lama dilakoni misalnya saja oleh UMKM.

Hasilnya, sudah banyak pelaku UMKM yang meraih kesuksesan dengan hasil karyanya yang sederhana namun bernilai. Bahkan banyak yang berhasil go international dengan hasil karyanya. Misalnya saja sejumlah pengusaha asal Yogyakarta seperti Ieko Damayanti. Eceng gondok menjadi kerajinan tangan pilihannya yang diubah menjadi berbagai produk menarik.

Omsetnya terbilang lumayan, saat ini dia bisa mengantongi hingga Rp 30 juta setiap bulannya. Padahal bahan bakunya hanya eceng gondok yang bisa dibeli dengan harga Rp2.000 per kilogram. Murah meriah sekali bahan bakunya bukan?

Produk buatannya beragam, mulai dari tas, wadah penyimpanan, alas kaki, hingga furniture. Harga jualnya mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 5 juta rupiah. Harga paling mahal adalah furnitur yang dilapisi eceng gondok. Pembelinya kini mulai dari Spayol, Italia, Hongkong sampai dengan Amerika Serikat.

Ide untuk menjual ketrampilan tangan ini sudah diamini oleh banyak pihak. Coba saja cek Instagram, bertebaran produk kerajinan tangan dari kardus, plastik atau material sederhana lainnya yang dijual. Namun tak bisa dipungkiri jika hasilnya sangat unik dan menarik.

Terlebih lagi di masa pandemi Corona ini ketika banyak orang mengalami krisisi keuangan. Alhasil banyak yang harus memutar otak agar tetap bisa memenuhi kebutuhannya termasuk dengan berjualan hasil ketrampilan tangan. Ide menjual hasil kreasi sendiri sendiri cocok dicoba di masa pandemi.

Tak butuh modal besar untuk memulainya. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan barang di sekitar. Misalnya saja hasil buah tangan dari botol bekas atau kardus bekas. Tinggal potong kardus, kreasikan dan hias seindah mungkin agar menarik. Peralatanya bisa diambil dari yang ada di rumah seperti gunting, lem atau kertas berwarna.

Kemudian kamu tinggal memasarkannya lewat online. Bisa dengan mempromosikannya pada kenalan dan kerabat terdekat. Jika dirasanya hasilnya memuaskan, minta mereka mereview di akun media sosialnya agar semakin banyak orang yang tertarik dengan produk buatanmu.

Buat kamu yang memiliki bakat keterampilan tangan yang bagus dan senang membuat karya kerajinan tangan, tidak ada salahnya membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas dan kemudian menjualnya. Hal itu sangat mungkin dan banyak orang yang sudah mencoba membuat hasil keterampilan tangan yang mudah untuk dibuat ini.

Tak terbiasa membuatnya? Jangan khawatir, kamu bisa berlatih terlebih dahulu. Ada banyak tutorial dan panduang yang bisa kamu temukan. Ajaib juga menyediakan panduan cara membuatnya untuk kamu jajal di rumah. Tekun berlatih pasti nantinya hasil karyamu akan layak dijual juga.

Membuat hasil keterampilan tangan bisa meredakan stress juga karena proses pengerjaannya yang cenderung mengasyikkan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun tidak sulit untuk ditemukan. Malah kamu bisa membuatnya dari barang-barang di rumahmu yang tidak digunakan lagi.

Dan untuk menjual barang-barang ini kepada orang lain juga sangat memungkinkan. Karena itu kamu harus membuatnya sebaik mungkin. Inilah hasil keterampilan tangan yang patut kamu coba untuk membuatnya.

1. Pot Bunga dari Botol Bekas

sumber: bibitbunga.id

Kamu yang senang berkebun, memiliki pot bunga adalah hal yang harus dilakukan. Namun membeli pot bunga itu rasa-rasanya bisa menghabiskan uang juga. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membuat pot bunga sendiri.

Kamu juga bisa menjualnya atau menjadikannya kado ulang tahun untuk sahabat terdekat. Apalagi sekarang tren bertanam sedang kembali naik. Pot mungil buatanmu bisa dijadikan wadah cantik untuk succulen, kaktus atau tanaman indoor lainnya.

Caranya juga mudah. Coba kamu perhatikan tahapan pembuatannya di bawah ini

Bahan dan alat-alat yang dipersiapkan untuk membuat pot bunga:

  • Botol plastik bekas berukuran besar
  • Pisau/cutter
  • Hiasan untuk dijadikan sebagai mata.
  • Pupuk dan tanah
  • Kuas berbentuk kecil
  • Bibit tanaman atau tanaman

Cara membuat pot bunga sederhana dari botol bekas:

  1. Setelah semua bahan dan alat-alat untuk membuat pot bunga sudah terkumpul, langkah berikutnya adalah membelah botol plastik bekas menjadi dua bagian.
  2. Ukurannya terserah kamu, tapi alangkah lebih baik tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Disesuaikan saja dengan perkiraan tinggi tanamannya nanti.
  3. Berikan sedikit hiasan sesuai sama apa yang diinginkan. Kamu bisa menempelkan hiasan berupa bunga-bunga atau gambar seperti contoh karena gambar tersebut cukup banyak di internet.
  4. Agar botol terlihat lebih berwarna, kamu bisa mengecatnya dengan warna yang disukai.
  5. Lubangi sisi bawah botol untuk saluran keluarnya air nanti.
  6. Masukkan pupuk serta tanah ke dalam botol.
  7. Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.
  8. Kamu pun tinggal menunggu tanaman yang kamu sukai tumbuh.

2. Tempat Charger Ponsel dari Botol Bekas

sumber: viralistas.com

Charger handphone adalah kebutuhan semua orang tanpa terkecuali. Banyak orang rutin mengisi ulang baterai handphone apalagi sekarang ketika semua aktivitas dilakukan secara online. Namun sadarkah kamu ada satu kesulitan yang kerap dihadapi?

Seringkali colokan listrik terlalu tinggi dan panjang kabel charger handphonemu tidak mencukupi. Akibatnya, ponsel milikmu menggantung dan berisiko merusak kabel karena membawa beban berat yang tidak seharusnya.

Untuk kebutuhan inilah maka kamu perlu membuat tempat charger ponsel khusus. Kamu bisa meletakkan ponselmu dengan aman dan kabelnya juga tetap terjaga kondisinya. Kreasimu ini juga bisa dijual lho, apalagi jika dihias dengan tampilan yang lucu dan unik.

Bahan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat tempat charger ponsel:

  • Botol bekas, bisa pakai botol shampoo
  • Gunting
  • Pisau atau cutter
  • Spidol

Tahapan untuk membuat tempat charger ponsel dari botol shampoo besar:

  1. Ini juga bisa dilakukan dengan sederhana sekali dan dalam waktu yang cepat.
  2. Setelah semua bahan-bahan sudah dikumpulkan, sekarang yang kamu lakukan adalah membentuk pola.
  3. Pola tersebut dibentuk menggunakan spidol. Bentuk pola seperti pada gambar. Bentuknya bisa bermacam-macam, asalkan ada lubang yang bisa digunakan untuk menjadi gantungan.
  4. Setelah itu potong atau gunting bagian botol itu sesuai dengan polanya.
  5. Tempat charger sederhana milikmu pun siap untuk digunakan.

3. Lampu Hias dari Botol Bekas

sumber: seruni.id

Ide ketrampilan tangan lain yang bisa kamu coba adalah lampu hias. Bukan hanya berfungi sebagai penerangan ketika tidur, lampu dengan desain unik ini juga biasanya dijadikan furnitir sesuai dengan tema dekorasi. Kamu bisa mencoba membuatnya dengan berbagai tema dan bentuk yang unik.

Kalau ingin menjadikannya komoditas jualan, kamu bisa menyesuaikan bentuknya sesuai dengan terget pasarmu. Misalnya saja jika menyasar anak-anak maka tema buah-buahan dan animasi adalah pilihan yang tepat. Jika menyasar remaja maka carilah bentuk yang lebih ceria.

Seperti apa caranya? Simak panduan dari Ajaib berikut ini.

Alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat lampu hias:

  • Botol bekas berukuran besar
  • Sendok plastik bekas
  • Lampu lengkap
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Cat warna kuning
  • Tiang untuk tempat berdirinya lampu
  • Lampu kecil

Cara membuat keterampilan tangan berupa lampu hias dari botol bekas:

  1. Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa langsung melakukan eksekusi.
  2. Potong botol plastik menjadi dua bagian.
  3. Potong-potong juga sendok plastik dengan hanya menyisakan bagian kepalanya yang akan digunakan.
  4. Cat sendok-sendok tersebut dengan warna kuning.
  5. Setelah itu, tempelkan sendok ke lampu menggunakan lem, supaya tampilannya menjadi indah.
  6. Pasang lampunya dan tiang untuk penyangga lampu, siapkan kabel agar lampu bisa disambungkan ke listrik.
  7. Dan, lampu hias dari botol bekas berbentuk nanas pun siap untuk digunakan. Bahkan kamu juga bisa menjualnya.

4. Hiasan Pohon dari Potongan Botol Bekas

sumber: duniaq.com

Belum berani membuat kerajinan berukuran besar? Kamu bisa memulainya dengan ketrampilan tangan berukuran kecil terlebih dulu. Misalnya saja hiasan pohon yang bisa dipakai untuk mempercantik pohon natal atau dekorasi lainnya.

Sediakan berbagai bentuk yang menarik dengan tema berbeda. Kreasi seperti ini sekarang tidak lagi hanya digunakan ketika perayaan Natal saja namun juga di keseharian. Karena itu, kamu tetap menjual hasil ketrampilan tanganmu ini kapan saja.

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan:

  • Botol bekas berbentuk kecil, semakin banyak disediakan semakin baik.
  • Benang
  • Paku
  • Cat
  • Papan atau triplek
  • Lem
  • Pisau
  • Spidol
  • Pita berwarna bebas.

Tahapan untuk membuat hiasan pohon yang terbuat dari botol bekas:

  1. Pastikan bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul agar tidak kerepotan ketika akan membuatnya.
  2. Potong terlebih dulu papan atau triplek, bentuk pola melingkar seperti ranting dengan menggunakan spidol yang tersedia.
  3. Gabungkan papan atau triplek yang sudah dipotong dengan lem atau benang. Bentuknya jadi seperti batang pohon yang memiliki banyak cabang.
  4. Sekarang tahapan untuk membuat daun-daunnya. Daun-daunnya berasal dari bagian bawah botol yang sudah dipotong. Ketika dipotong pastikan bentuknya menjadi bunga seperti pada foto.
  5. Setelah selesai memotong semua botol yang tersedia, beri warna pada bagian bawah botol bekas dengan cat. Polanya sesuai dengan seleramu saja. Asalkan bunga-bunga tersebut jadinya berwarna-warni.
  6. Lubangi sisi bawah botol bekas itu dengan paku.
  7. Masukkan pita berwarna-warni ke dalam lubang itu. Setelah semua bunga-bunga dimasukkan pita, kamu bisa langsung mengaitkannya di pohon yang sudah tersedia.
  8. Lakukan hal tersebut sampai hiasan pohon itu terbentuk dengan sempurna.

Itulah berbagai macam keterampilan tangan yang bisa kamu buat ketika sedang ada waktu luang. Cara membuatnya pun cenderung mudah. Selain itu, kamu juga bisa menghasilkan uang tambahan melalui keterampilan ini.

Mungkin kamu merasa rupiah yang dihasilkan dari berjualan barang ketrampilan tangan ini tidak seberapa. Namun jangan salah kaprah, untung yang didapatkan cukup besar. Hal ini karena modal yang minim ketika memulai usaha ini.

Selain itu, produk yang kamu tawarkan punya nilai jual keunikannya tersendiri. Karena merupakan hasil buatan tangan maka tidak akan ada yang sama persis. Maka dari itu, si pembeli akan punya kesenangan tersendiri ketika memilikinya.

Terlebih lagi saat ini masyarakat sudah semakin menghargai produk buatan tangan. Kalau dulu dianggap sesuatu yang jelek maka kini banyak yang berminat karena dianggap unik dan menarik. Karena itu, sekarang adalah momen yang tepat kalau kamu berjualan produk ketrampilan tangan hasil karyamu sendiri.

Jadi, apakah kamu ingin memanfaatkan peluang usaha ala Ajaib ini?

Artikel Terkait