Bisnis & Kerja Sampingan

Inspiratif! Inilah 5 Pengusaha Muda Sukses Indonesia

pengusaha muda sukses

Ajaib.co.id – Menjadi tentara, PNS atau pegawai bank sekarang sudah bukan lagi profesi idaman anak muda. Memulai usaha dan terjun dalam dunia bisnis sekarang jauh lebih seksi dan menjanjikan keuntungan. Setidaknya itulah yang dibuktikan oleh sejumlah pengusaha muda sukses Indonesia yang kini populer.

Dekade yang lalu, status sebagai pegawai dianggap memberikan kemapanan dan jaminan finansial sehingga orang berlomba-lomba mendapatkannya. Namun dengan perkembangan dunia saat ini agaknya hal itu tidak lagi relevan. Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini tren berwirsausaha berkembang pesat khususnya di kalangan anak muda.

Terbukti ada banyak usaha yang digawangi oleh milenial maupun generasi Z. Kini menjadi orang sukses tak selalu ditandai dengan berpakaian seragam. Banyak yang membuktikan kesuksesannya dengan mengembangkan usaha sendiri. Meski memang tidak mudah untuk membuat usaha maupun untuk mengembangkannya, nyatanya tren ini masih terus diminati.

Terciptanya tren enterpreneurship ini jelas bukannya tanpa alasan. Menjadi pegawai mungkin memang menjanjikan income yang pasti setiap bulan. Namun menjalani bisnis bisa memberikan kesuksesan finansial yang lebih besar. Muda dan kaya raya jelas adalah tawaran yang menggiurkan bagi siapa saja, bukan?

5 Pengusaha Muda Sukses Indonesia, Kamu Bisa Jadi Daftar Berikutnya Lho!

Dulu kita melihat sejumlah nama pengusaha sukses diisi oleh orang-orang yang sudah berumur. Namun memasuki era milenial rasanya ada perubahan drastis. Kini dunia bisnis diisi oleh sejumlah nama yang masih muda.

Di dunai internasional, kita tahu Elon Musk dan Evan Spiegel yang sudah jadi fenomena tersendiri. Hal ini tidak lagi karena akses ke dunia usaha yang lebih mudah. Kini semua orang bisa mendirikan usahanya sendiri. Saat ini tren permodalan juga semakin banyak sehingga semakin mudah untuk mendapatkan dana yang kamu butuhkan ketika merintis bisnis.

Siapapun punya kesempatan untuk menjadi pengusaha yang sukses di usia muda, namun tidak semua bisa mengalaminya. Butuh ketekunan, usaha, dan kerja keras karena untuk meraihnya tidaklah mudah, terutama di usia belia. Di Indonesia, banyak pengusaha muda sukses yang menginspirasi kita semua dari kerja kerasnya.

Tidak sedikit dari pengusaha muda sukses ini yang memulai bisnisnya dari usaha kecil-kecilan alias nol, bahkan tanpa modal sepeserpun. Dari kisah mereka mengajarkan bahwa untuk menuju kesuksesan tidak ada yang instan. Mereka pun sempat mengalami kegagalan dan bangkrut. Namun, kesabaran dan semangat pantang menyerah yang mengubah nasib mereka hingga menjadi sukses.

Nah, di sini kita akan sama-sama diulas secara singkat siapa saja pengusaha muda sukses di Indonesia yang berawal dari bisnis kecil-kecilan. Semoga bisa menjadi penyemangat bagimu yang saat ini sedang merintis usaha sendiri ya.

1. Ali Muharam

Ali Muharam merupakan pengusaha muda sukses Indonesia yang bergelut di bidang makanan. Kalau kamu tidak asing dengan produk cemilan Makaroni Ngehe, Ali Muharam inilah pemiliknya. Sebelumnya, pemuda tamatan SMA ini bekerja sebagai office boy di Bogor.

Dirinya juga sempat bekerja di sebuah kantin bank yang ada di Jakarta dengan upah yang pas-pasan. Sampai akhirnya kesuksesan menghampirnya lewat bisnis cemilan pedas yang diciptakannya itu.

Namun, ternyata kata Ngehe yang disematkan pada produknya ini ternyata gambaran dari kisah hidup pria asal Tasikmalaya ini yang cukup keras untuk bisa mencari uang. Bermodalkan 20 juta yang ia pinjam dari temannya, Ali memutuskan untuk berjualan makanan menggunakan gerobak yang berlokasi di Kebon Jeruk.

Mulai dari masak, melayani konsumen, sampai menata barang dagangannya ia lakukan sendiri. Singkat cerita, selama delapan berjalan penjualan mengalami peningkatan. Lalu karena gaya hidup Ali yang sederhana, ia pun bisa memperbesar usahanya dari hasil menabung. Dari berjualan Makaroni Ngehe, Ali tak pernah menyangka sempat merasakan menerima omzet hingga Rp 3 miliar per bulan.

2. Nicholas Kurniawan

Nicholas Kurniawan lahir dari keluarga yang sangat sederhana, namun bukan berarti ia anak yang suka mengeluh. Berkat kerja kerasnya sedari masa sekolah membuatnya saat ini sukses menjadi entrepreneur sebagai exportir ikan hias termuda di Indonesia.

Bisnisnya itu berawal dari Kaskus dengan memanfaatkan jual beli yang terjadi di platform lokal itu. Bisnisnya ini sendiri berawal dari kejeliannya akan jenis ikan hias yang diminati pasar. Padahal ia sendiri bukanlah penikmat hobi ini.

Kondisi ekonomi keluarganya yang pas-pasan dan selalu bermasalah membuat Nicholas muda bertekad untuk mengubah nasibnya. Berbagai bisnis pernah digelutinya tapi semuanya gagal. Bahkan ia sempat tinggal kelas saat kelas 2 SMA, sampai ia harus pindah dari sekolahnya. Perasaan terpukul dan terpuruk itulah yang dirasakan Nicholas.

Namun, dengan semangat dan mendekatkan diri kepada Tuhan, ia mulai membangun bisnis ikan hias. Disinilah awal dari kesuksesan yang diraihnya, bisnisnya berjalan lancar hingga bisa menembus ke negara-negara tetangga. Berkat kesuksesannya, ia pun bisa membiayai sendiri pendidikan kuliahnya dan mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satu satunya adalah 1st Winner of UGM National Business Case Competition.

3. Hamzah Izzulhaq

Pria kelahiran 26 April 1993 di Jakarta ini sudah punya jiwa bisnis ketika masih kecil. Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Hamasa Indonesia di perusahaan miliknya itu dulunya pernah mencoba berjualan kelereng, petasan, hingga koran. Saat di bangku SMA ia mulai berbisnis sebagai distributor buku dan mampu menghasilkan Rp 950 ribu selama enam bulan.

Sebelum mendirikan perusahaan, ia pernah mendirikan bisnis bimbingan belajar yang bernama Bintang Solusi Mandiri. Meski usahanya itu berkembang, namun Hamzah menemukan potensi lain yang lebih besar yaitu menjual sofa bed. Sebagai pengusaha, ia juga pernah mengalami kegagalan. Akan tetapi, kegagalan itu jadi pelajaran berharga untuk meraih kesuksesan.

4. Dea Valencia

Pengusaha muda sukses Indonesia lainnya yaitu Dea Valencia sudah memiliki minat untuk berbisnis dan menekuni bidang busana batik sejak berusia 17 tahun. Di balik itu, Dea punya tujuan untuk mengenalkan batik kepada kalangan anak-anak muda supaya mulai menyukai batik sebagai pilihan busananya.

Di bawah naungan brand pakaian Batik Kultur, ia berhasil memasarkan produk lokal ini ke berbagai lapisan masyarakat. Ia juga berhasil mengubah sudut pandang anak muda dengan berbagai desain unik dan menarik yang dihasilkannya.

Maklum saja, karena anak-anak muda sekarang masih menganggap batik sebagai pakaian untuk orang tua karena modelnya yang kaku. Untuk itulah Dea mencoba melihat potensi batik di tengah permasalahan yang terjadi dan memproduksi batiknya sendiri, yaitu batik kultur. Kini omzetnya pun sudah mencapai ratusan juta tiap bulan.

5. Valentina Meiliyana

Pengusaha muda sukses Indonesia wanita lainnya bernama Valentina Meiliyana. Perempuan ini mengawali suksesnya dengan berjualan online produk kecantikan dan tas di Kaskus. Namun, pada akhirnya justru ia sukses sebagai pedagang sepatu dengan omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bukan hanya itu, ia juga kemudian memproduksi brand sepatu sendiri.

Valentine bahkan sempat merancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week pada 2011. Tak selalu sukses, wanita cantik kelahiran 1995 ini juga pernah terpuruk sampai stress berat karena di usia 18 tahun. Saat itu, Valentina merugi hingga 100 juta Rupiah namun ia kemudian bangkit kembali dan bisa merasakan kesuksesan seperti sekarang ini.

Misi Valentina yakni membuat sepatu yang nyaman untuk para wanita agar kaki tidak merasa lecet saat digunakan. Hal ini terinpirasi dari keluhannya sendiri sebagai pengguna sepatu yang kerap kesulitan mencari produk yang nyaman namun juga tetap cantik dikenakan.

Maka dari itu, pemilihan bahan berkualitas jadi prioritas utama Valentina. Hasilnya? Produknya kini diminati banyak orang dan menjadikannya sebagai salah satu pengusaha muda sukses Indonesia sampai saat ini.

Dari kelima kisah pengusaha muda sukses di atas membuktikan bahwa siapapun yang terus berusaha dan gigih akan mencapai hasilnya. Tak hanya itu, pandai dalam mencari peluang dan pengambilan keputusan adalah hal yang sangat penting. Kalau kamu sedang merintis usaha sendiri, cobalah mengambil pelajaran dari perjalanan hidup mereka.

Namun kesuksesan sendiri tidak selalu didapatkan dengan terjun dalam dunia usaha. Tak perlu menjadi pebisnis pun kamu bisa sukses seperti mereka, asalkan bisa memanfaatkan peluang yang ada. Salah satunya adalah berinvestasi reksa dana di Ajaib!

Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk kamu dalam berinvestasi demi mendatangkan pundi-pundi Rupiah. Ajaib memungkinkan kamu menghemat 4% dari return yang dihasilkan lho! Jadi tunggu apa lagi, investasikan sekarang uangmu di Ajaib.

Artikel Terkait