Dunia Kerja

Cara Menghilangkan Stres Bekerja dengan Makanan Ringan

Ajaib.co.id – Sebagai akibat disrupsi ekonomi, semua perusahaan harus banting tulang meningkatkan produktivitas sambil mengencangkan ikat pinggang. Lembur makin panjang, bos makin mengejar deadline, tapi gaji flat aja. Stres jadi makanan sehari-hari. Karenanya, stres di tengah jam kerja harus diredakan dengan makan. Wah, betul, pasti banyak yang setuju! Tunggu dulu. Kenapa harus dengan makanan? Bagaimana jika tambah stres karena berat badan yang terus bertambah?

Asupan Ringan Sebagai Cara Menghilangkan Stres

Lupakan dulu sementara martabak, mie ayam, somay, nasi goreng dan kawan-kawannya. Kali ini cara menghilangkan stres adalah dengan mengonsumsi asupan ringan yang gampang-gampang enak. Gampang menyiapkannya dan enak rasanya. Tapi mungkin nggak selalu bisa dipesan via GoFood atau GrabFood, jadi siapkan saja sendiri. Lalu kenapa harus makanan? Apa manfaatnya?  Di bawah ini Ajaib akan menjelaskan beberapa hormon pemicu stres dan makanan anti stres yang bisa jadi solusi buat kamu yang sedang mengalami stres saat ini.

Hormon Pemicu Stres vs Antinya

1. Hormon adrenalin

Seiring dengan peningkatan denyut jantung, adrenalin memberikan energi tambahan untuk bergerak cepat. Begitu pun ketika sedang stress mengejar deadline pekerjaan.

2. Hormon norepinefrin

Norepinefrin adalah hormon yang juga dihasilkan kelenjar adrenal, bekerja sama dengan hormon adrenalin. Saat di bawah tekanan, Norepinefrin akan meningkatkan kewaspadaan dan daya responsif.

3. Hormon kortisol

Saat stres, hormon kortisol akan membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah sambil mengatur agar energi tidak habis untuk mengatur sistem yang sedang tidak diperlukan.

Kehiperaktifan ketiga hormon stres di atas bisa dijinakkan dengan berbagai zat mineral, vitamin dan protein seperti: Theanine, B6, magnesium, asam folat, vitamin C, gula, omega-3.

4. Hormon Endorfin

Endorfin merupakan hormon yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan berperan dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia.

Hormon yang sering dianggap hormon bahagia ini memiliki pengaruh yang baik untuk tubuh dan pikiran. Selain bisa membantu mengurangi persepsi rasa sakit, hormon ini juga bisa membantu untuk mengatasi stres terus menerus. Selain itu, hormon ini juga berfungsi dalam mengurangi efek buruk dari stres dan rasa sakit, melepaskan hormon seksual, menambah nafsu makan, dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Makanan yang Mudah & Enak untuk Dikonsumsi

Pelihara saja hobi ngemil, tapi ganti kemilannya dengan asupan ringan yang bisa menenangkan, mengembalikan fokus dan energi. Daftar asupan ringan berikut sudah mempertimbangkan soal cita rasa kok, tenang saja.

  1. Susu – kandungan protein & kalsium memberi rasa rileks dan mengurangi stres. Pilih yang non-fat jika takut gemuk.
  2. Kacang Almond – kandungan B2, vitamin E, magnesium dan zinc ampuh menghilangkan stres dan mengangkat mood.
  3. Dark chocolate – kandungan theobromine dan phenylethyamine mengangkat mood.
  4. Keju – asam amino trytophan menimbulkan rasa bahagia.
  5. Blueberry – kaya serat dan vitamin C menjadikan pikiran rileks dalam menghadapi tekanan.
  6. Pisang – kaya vitamin A, B, C, & potasium ampuh menenangkan sistem saraf.
  7. Jeruk – vitamin C mengembalikan Kortisol dan tekanan darah ke level normal.
  8. Alpukat – lemak tak jenuh dan potasium menangkal stres dan depresi.
  9. Tuna & Salmon – zat omega-3 mampu menenangkan otak.
  10. Asparagus – membantu meningkatkan asam folat untuk menstabilkan mood dan menjaga kesehatan mental.
  11. Gandum – menstimulasi produksi sterotenin yang mampu menghilangkan stres.
  12. Kedelai – mengandung vitamin B, kalsium & magnesium yang menghilangkan stres.
  13. Ubi rebus – vitamin B dalam bentuk asam pantotenat memproduksi hormon pereda stres.
  14. Brokoli –vitamin B folic acid meredakan stres, sindrom panik, gelisah & depresi.
  15. Teh hijau – asam amino thenine menenangkan stres 
  16. Madu – B kompleks, biotin, asam folat, inositol & antioksidan melawan depresi.
  17. Es krim – asam amino tryptophan menenangkan otak.
  18. Yogurt – sama dengan as krim.
  19. Oatmeal – meningkatkanhormon serotonin yang menenangkan pikiran.
  20. Kismis – selenium, magnesium, vitamin E & B2 berperan meredakan stres.

Sehat Jiwa & Raga

Nikmati cara mengatasiq stres dengan ngemil makanan yang “gampangan”, tapi “jagoan” menggerus stres. Kembalikan semangat, agar tugas kerja jadi pilihan, bukan paksaan! Selain dengan makanan, untuk menghilangkan stres kamu juga bisa mulai dengan kebiasaan sehat di pagi hari. Kamu juga bisa mulai dengan minum teh hangat untuk membuat tubuh lebih felresh dan mendengarkan musik dan menyetel lagu favorit. Yuk mulai mengatasi stres berlarut!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres dengan mudah. Selain kesehatan tubuh, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya. Apalagi sekarang sedang ada pandemi Covid-19. Selain harus menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, olahraga, dan makan masakan sehat, kamu juga harus membuang pikiran negatif untuk menghadapi pandemi covid-19.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait