Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Mendaftar Gojek, Cocok untuk Kerja Sampingan

cara mendaftar gojek

Ajaib.co.id – Kehadiran Startup Gojek menjadi fenomenal karena kesuksesannya menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak masyarakat Indonesia. Mendadak berbondong-bondong orang tertarik cara mendaftar Gojek karena iming-iming penghasilannya. Terlebih lagi syarat daftar Gojek relatif mudah dipenuhi.

Gojek sudah menjadi perusahaan rintisan kebanggaan Indonesia dengan prestasinya menjadi bisnis dengan valuasi miliaran dollar. Namun popularitasnya didongkrak dengan konsepnya yang berhasil mengubah profesi tukang ojek yang dulu hasilnya pas-pasan menjadi memuaskan setela daftar Go-ek.

Layanan transportasi yang dipermudah dengan aplikasi online ini langsung jadi favorit. Pertama karena berhasil memecahkan masalah transportasi umum yang sudah lama jadi perkara. Kedua dan terutama karena menyediakan pekerjaan dengan hasil memuaskan dan syarat yang mudah.

Semua orang bisa daftar ke Gojek untuk jadi drivernya baik untuk Go Car maupun Go Ride. Tinggal datang ke Kantor Gojek, dapat seragam dan bisa dapat uang dengan berbagai skema penghasilannya. Melihat kesuksesan banyak driver awal ini maka pertanyaan soal cara mendaftar Gojek kemudian jadi hal yang kerap muncul.

Panduan Cara Mendaftar Gojek Untuk Cari Uang Tambahan

Jika kamu mencari pekerjaan sampingan atau menginginkan pekerjaan yang tidak mengikat waktu, menjadi seorang driver online dan mencari tauh cara mendaftar Gojek mungkin bisa kamu lakukan. Selain jam kerja yang fleksibel, menjadi driver Gojek sudah pasti sangat menjanjikan karena saat ini Gojek sudah menjadi kebutuhan masyarakat urban.

Saat ini Gojek memiliki banyak fitur yang menarik membuat kamu pastinya akan memanfaatkan fitur tersebut semaksimal mungkin untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan. Mulai dari Goshop, Go-Box, Go-Food, Go-Send, GoMed, dan banyak lagi membuat kamu semakin mudah untuk menjalani profesi sebagai mitra Gojek. Pasti kamu penasaran bukan bagaimana cara mendaftar Gojek?

Menjadi seorang driver Gojek tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengetahui cara daftar Gojek dan mempersiapkan ketentuan yang sudah menjadi standar ojek daring. Selanjutnya kamu sendiri yang membuat kenaikan performa kamu dari mulai kerajinan mengambil order dan juga keramahan kamu kepada penumpang yang membuat penumpang kamu loyal memberikan bintang lima untuk kamu.

Jika kamu ingin bergabung sebagai salah satu driver Gojek, ada beberapa cara mudah mendaftar Gojek. Namun sebelum mengetahui cara mendaftar Gojek, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi untuk proses pendaftaran menjadi driver gojek, antara lain :

Berkas yang Harus Dilengkapi

  • Fotokopi Kartu Identitas (KTP)
  • Surat Keterangan Domisili (Jika tempat tinggal beda dengan alamat KTP.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM C)
  • STNK
  • BPKB
  • Ijasah Terakhir
  • Akte Kelahiran/Buku Nikah (Salah satu)
  • Kartu Keluarga.

Selanjutnya, beberapa persyaratan personal driver Gojek yang wajib dipenuhi antara lain:

Persyaratan Driver Gojek

  • Pendidikan terakhir minimal SMP
  • Usia minimal 17 tahun (dibuktikan dengan KTP), dan maksimal usia 55 tahun.
  • Membawa motor yang akan digunakan saat pendaftaran.
  • Memiliki smartphone android

Selanjutnya cara mendaftar Gojek yakni melalui online. Setelah mengisi data secara online, maka kamu akan menerima notifikasi dari pihak Gojek melalui email dan SMS untuk kemudian kamu wajib melewati tahapan seleksi di kantor Gojek terdekat.

Formulir Pendaftaran

Hal pertamya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengakses website Gojek, https://daftar.go-ride.co.id/. Selanjutnya kamu perlu mengisi formulir pendaftarannya yang terdiri dari :

  1. Nama Depan             :
  2. Nama Belakang :
  3. Email                          :
  4. Nomor HP/Telepon  :
  5. Kota                            :
  6. Dari mana kamu Mendapat Informasi tentang Gojek?
  7. Apakah kamu Sedang Bekerja diperusahan Transportasi Online Motor Lain?
  8. Nomor Polisi Kendaraan        :

Setelah melakukan registrasi online, selanjutnya kamu hanya perlu mengunggu verifikasi yang masuk dari email kamu. Maka dari itu, pastikan email yang kamu gunakan aktif. Setelah menerima pesan dari email, maka selanjutnya kamu akan menerima sms atau panggilan untuk melalui tahapan seleksi ke kantor Gojek terdekat.

Bawalah berkas dan dokumen-dokumen yang sudah kamu lengkapi sebelumnya. Setelah prosesnya selesai dan diverifikasi maka kamu sudah langsung bisa memacu kendaraanmu di jalan untuk dapat uang tambahan.

Mengkalkukasi Jumlah Penghasilan Driver Gojek, Benarkan Sebanyak Itu?

Kalimat yang jadi penggoda utama semua orang untuk tahu cara mendaftar Gojek ialah penghasilannya yang lebih besar dibandingkan UMR. Sementara banyak pekerjaan lain yang lebih sulit didapatkan berkutat dengan haji pas-pasan tentu saja profesi driver online ini terasa lebih menjanjikan.

Bisa pilih sendiri jam kerjanya, tak perlu ijazah khusus dan bisa pulang dengan banyak uang. Namun benarkah jumlah penghasilan driver Gojek sefantastis itu?

Dikutip dari Kata Data, riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyebut bahwa pada tahun 2018, rata-rata penghasilan mitra Gojek sudah melebihi upah minimum kabupaten/kota (UMK). Dalam riset tersebut, rata-rata penghasilan mitra pengemudi Gojek di wilayah Jabodetabek mencapai Rp 4,9 juta per bulan. Sementara, UMK di wilayah ini sekitar Rp 3,8 juta per bulan.

Jumlah lebih besar bisa didapatkan oleh driver Gocar dengan kisaran Rp5,5 juta sampai Rp6 juta. UMR Jabodetabek saat riset tersebut dilakukan sebesar Rp3,9 juta sedangkan di luar Jabodetabek lebih rendah yakni maksimal Rp2,8 juta.

Hasilnya adalah penghasilan gojek melebihi besaran UMR saat ini dan memapu menaikkan kesejahteraan dan perekonomiannya sejak menjadi mitra. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan metode wawancara pada 6.732 respoden di berbagai kota.

Jumlah ini cukup fantastis apalagi masyarakat kelas menengah yang saat ini semakin sulit mencari pekerjaan. Terlebih lagi waktu kerjanya cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tak heran kini banyak mahasiswa yang juga tertarik menjadi mitra Gojek untuk sebagai pekerjaan sambilan.

Hanya saja belum semua driver Gojek merasakan kondisi yang menyenangkan seperti ini. Ada banyak ojol yang masih berjuang untuk ordernya bisa memenuhi target dan mendapat bonus harian dan poin per order. Selain itu kini trennya juga semakin menurun akibat berbagai faktor.

Penurunan penghasilan Gojek ini disebabkan oleh jumlah driver yang semakin banyak sehingga persaingan semakin tinggi. Selain itu, ada beberapa aturan baru dari aplikator yang dinilai merugikan driver. Salah satunya sudah tidak ada lagi subsidi tarif yang diberikan aplikator ke driver. Padahal dengan subsidi tarif itu driver bisa mendapat penghasilan dari aplikator, selain dari penumpang.

Belum lagi aturan yang mewajibkan penghasilan driver dipotong 20% setiap satu kali perjalanan. Proses pemotongannya berlangsung begitu saja. Masih banyak lagi aturan yang terasa kurang mendukung driver untuk mendapatkan penghasilan maksimal.

Misalnya saja ketika Gojek sempat dilarang beroperasi di masa pandemi Corona lalu karena dianggap rawan penyebaran virus ini. Hasilnya pendapatan para driver online ini anjlok. Meskipun masih ada layanan Go-Food namun hasilnya memang tidak seoptimal Go-ride.

Kesimpulannya, kamu bisa tetap menempuh cara mendaftar Gojek namun harus memahami bahwa sama seperti pekerjaan lainnya ada fase turun dan naiknya dalam menghasilkan cuan.

Artikel Terkait