Perencanaan Keuangan

8 Tips Mengatur Gaji Bulanan yang Pas-pasan di Tiap Bulannya

mengatur gaji bulanan

Ajaib.co.id – Mengatur gaji bulanan adalah hal yang perlu dilakukan agar pengeluaran kamu tidak melebihi kemampuan. Lalu, bagaimana cara mengatur gaji bulanan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Mendapatkan gaji pertama adalah perasaan luar biasa bagi banyak orang yang pertama kali bekerja. Apalagi, jika seorang pekerja jauh dari orangtua dan memutuskan untuk merantau ke luar kota dan bekerja di sana.

Namun, gaya hidup biasanya tidak sebanding dengan penghasilan. Besar pasak daripada tiang, yang artinya besar pengeluaran daripada pemasukan. Orang-orang seperti inilah yang harus kamu hindari dari dirimu dan sekitarmu.

Bila kamu pernah merasakan kanker (alias kantong kering) di akhir bulan, maka sepertinya kamu harus mulai mengubah gaya hidupmu untuk meraih kehidupan finansial yang layak dan aman, baik di masa sekarang dan masa depan.

Salah satu kuncinya adalah mengatur gaji bulanan kamu, dan memanfaatkan sebaik-baiknya gaji tersebut. Jangan berpikir jika ‘menabung’ adalah hal yang mustahil, karena dengan tips berikut ini, kamu dapat menabung sekaligus menghindari kantong kering di akhir bulan.

Berikut adalah delapan tips untuk mengatur gaji bulanan dengan penghasilan yang pas-pas-an:

1. Biaya Kos

Jauh dari orangtua, berarti jauh dari bantuan finansial. Maka dari itu, kamu harus memilih kos yang sesuai dengan keadaan finansialmu, bukan dengan gaya hidupmu. Jika kamu memimpikan mandi di jacuzzi atau bath tub setiap pagi dengan penghasilanmu sekarang, mungkin kamu berkeinginan terlalu jauh.

Pilihlah biaya kos yang tidak lebih 50% dari jumlah penghasilanmu, dan tekan angka tersebut dengan mencari kos-kos-an yang lebih murah, tentunya dengan fasilitas yang sebanding. Jangan habiskan penghasilanmu untuk biaya kos, karena masih ada pengeluaran lain yang harus dipikirkan.

2. Biaya Listrik

Menyalakan lampu di siang hari adalah kebiasaan boros yang harus kamu hentikan. Mengurangi pemakaian listrik saat matahari bersinar terang adalah cara untuk menekan biaya listrik bulanan kamu.

Carilah kos yang memiliki fasilitas listrik pra-bayar alias token listrik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dengan cara ini, kamu dapat lebih mudah untuk mengatur pengeluaran bulanan dan berhemat lebih banyak.

3. Bahan Pokok

Salah satu hal yang penting untuk tetap mengisi perut adalah membeli bahan pokok makanan. Kamu hidup mandiri, dan tidak dapat dipungkiri kamu harus masak sendiri. Belilah beras dan bahan pokok yang tidak mudah busuk seperti telur dan mie instan untuk di masak sewaktu-waktu.

Memiliki sisa beras untuk dimasak akan lebih menyenangkan daripada melihat kantong kosong untuk membeli makanan saat akhir bulan. Manfaatkan bahan pokok untuk konsumsi dalam sebulan penuh.

4. Uang Jajan

Siapa yang tidak suka jajan di luar, iya kan? Kamu masih dapat membeli makanan untuk makan di luar bersama teman atau sahabat. Yang penting, kamu mengetahui kemampuanmu untuk membeli jajan tersebut.

Jika jajanan yang kamu beli adalah jajanan kelas atas, maka berpikirlah dua kali untuk membeli dan pilihlah jajan dengan alternatif lain yaitu memilih harga yang lebih murah. Ingatlah untuk tetap menyisakan uang untuk hari-hari selanjutnya dan tetap teguh dalam prinsip menghindari kantong kering di akhir bulan.

5. Biaya Pacaran

Kalau kamu memiliki pasangan dan sedang menjalani hubungan, sudah saatnya untuk membicarakan keadaan finansial yang sebenarnya. Kadang, banyak pasangan yang akan membayar semua tagihan makanan dan segala jenis lainnya.

Jika kamu sudah tidak mampu lagi, bicarakanlah tentang split bill yaitu membagi tagihan secara rata saat keluar bersama. Ingat, kalian adalah pasangan bukan majikan dan anak buah. Jadi tidak adak kewajiban untuk membayar secara penuh.

6. Hiburan

Kamu membutuhkan hiburan saat suntuk atau stress tentang pekerjaan yang ada di kantor. Setelah pulang kerja, mungkin kamu ingin menonton tayangan yang dapat membuatmu tertawa atau film yang membuatmu lupa sejenak akan rasa stress sepulang kantor.

Manfaatkanlah platform berbagi video seperti YouTube untuk mencari tayangan yang dapat membuatmu tertawa, dan manfaatkanlah secara baik platform streaming film legal seperti iFlix, Viu, atau CatchPlay yang memberimu akses gratis untuk menonton tayangan film.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu keluar dan mencari hiburan dengan membayar lebih lagi untuk yang lain.

7. Me Time

Ada saatnya kamu membutuhkan waktu sendiri untuk memuaskan rasa kebanggaanmu karena telah bekerja dan hidup mandiri. Kamu berhak mendapatkan waktumu sendiri untuk menjamu dan menikmati waktu-waktumu melakukan sesuatu yang kamu suka.

Jamu diri sendiri dengan sesuatu yang membuatmu bahagia, tentunya hal ini tidak akan datang setiap hari, mungkin hanya sebulan sekali, atau bahkan dua bulan sekali. Tentukanlah di mana kamu ingin menghabiskan waktumu dan bagaimana kamu ingin menghabiskan waktumu.

Dan jangan lupa untuk tetap mengatur hal ini di perencanaan keuangan kamu, agar tidak membuat keadaan finansialmu semakin menipis di akhir bulan.

8. Tabungan Masa Depan

Semua orang memiliki mimpi untuk sesuatu, dan salah satu hal yang dapat mewujudkannya adalah kamu mulai untuk menabung. Hal ini sepertinya mustahil untuk dilakukan jika keadaan finansialmu pas-pasan.

Tapi, sebenarnya kamu dapat menabung setiap bulan, seiring dengan menumbuhkan uangmu di tabungan tersebut dengan cara berinvestasi. Tenang, investasi bukan hanya untuk orang kaya dan investasi tidak akan membuatmu kehilangan waktu.

Di Ajaib, kamu dapat memulai investasi dengan hanya ratusan ribu rupiah. Ajaib menyediakan investasi reksadana dan trading (jual-beli) saham hanya dalam satu genggaman. Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menjadi platform investasi terpercaya untuk digunakan.

Kamu dapat memulainya dengan mengunduh aplikasi secara gratis di Play Store (untuk smartphone Andorid) dan App Store (untuk smartphone iOS).

Artikel Terkait