Investasi, Investor Pemula

8 Kunci Kesuksesan Investasi Saham untuk Pemula

Ajaib.co.id – Kunci kesuksesan dalam investasi saham tidak sulit untuk dilakukan. Kamu pun dapat mewujudkan cita-citamu dan memenuhi kebutuhan di masa depan dari keuntungan investasi. Mau nggak?

Kebanyakan orang menginginkan meraih keuntungan yang besar namun tidak berani mengambil risiko. Padahal, risiko dapat diminimalisir dengan trik investasi yang tepat. Selain itu, dibutuhkan waktu untuk proses belajar. Harus sabar, ya.

Jika kamu ingin menikmati keuntungan dari investasi saham, perhatikan 8 tips investasi berikut ini. Siapa tahu inilah kunci untuk meraih kesuksesanmu!

Pilih Saham Perusahaan yang Dipahami

Jika kamu seorang pemula yang ingin investasi saham, sebaiknya kamu memilih perusahaan yang sudah kamu kenal dan pahami core bisnisnya. Untuk lebih sederhananya, kamu bisa memilih saham perusahaan yang produknya kamu gunakan sehari-hari. 

Belajar dari Warren Buffet yang merupakan investor saham yang sukses dari Amerika Serikat, membeli saham itu artinya membeli sebuah bisnis. Sehingga, saat memutuskan untuk membeli saham yang ada di pikiran kita adalah untuk investasi, bukan spekulasi.

Pelajari Performa Perusahaan

Sebagai pemula, mungkin kamu masih belum paham cara membaca laporan keuangan dan memahami rasio keuangan suatu perusahaan. Namun bukan berarti kamu mengabaikan performa perusahaan yang akan kamu beli sahamnya.

Paling tidak, kamu perlu mengamati performa perusahaan dalam satu sampai lima tahun terakhir. Ketahui bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan rasio antara utang dan aset yang dimiliki perusahaan.

Beli Saham di Saat yang Tepat

Harga saham di bursa cenderung fluktuatif. Waktu terbaik untuk membeli saham bukanlah pada saat harga saham turun atau naik, melainkan belilah saham pada saat yang tepat. 

Membeli saham pada saat yang tepat adalah ketika harga per lembar saham lebih murah dibandingkan dengan valuasi dari saham tersebut. Kamu juga bisa membeli saham-saham dari perusahaan yang bagus saat harganya sedang diskon.

Buat Rencana Investasi

Kunci sukses dalam investasi saham selanjutnya adalah dengan membuat rencana investasi. Setelah memilih perusahaan yang akan kamu beli sahamnya, kamu sebaiknya menentukan berapa target keuntungan yang ingin kamu capai.

Membuat rencana investasi merupakan hal yang penting agar kamu mengetahui tipe investasi yang akan kamu lakukan apakah jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Sebaiknya kamu juga menentukan berapa target harga beli dan harga jual untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, kamu juga perlu menentukan batas harga terendah untuk melakukan cut loss guna mencegah kerugian yang lebih besar.

Update Informasi

Tips investasi saham berikutnya adalah update informasi terkini yang berkaitan dengan saham yang kamu pilih serta kondisi ekonomi makro di Indonesia maupun dunia. Berita ekonomi terbaru ini seringkali memberikan sentimen positif maupun negatif terhadap pergerakan harga saham di bursa.

Kamu bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja suatu perusahaan berdasarkan berita dari sumber yang kredibel. Kemudian lakukan analisis potensi keuntungan maupun kerugian yang mungkin terjadi kepada pemilik saham perusahaan terkait.

Jangan Mudah Panik

Berita yang membuat sentimen positif dan negatif terhadap suatu saham beredar luas setiap hari. Belum lagi adanya akun pom-pom di media sosial yang kadang dengan sengaja menebarkan ketakutan kepada investor agar melakukan tindakan impulsif tertentu.

Jangan mudah panik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam investasi saham. Ketika panik, kamu akan sulit untuk berpikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat. Sebaiknya kamu tidak menelan mentah-mentah setiap kabar yang beredar. 

Gabung di Komunitas Investor

Gabung di komunitas investor bermanfaat untuk bisa berdiskusi dan menambah teman sesama investor. Kehadiran teman-teman di komunitas ini dapat memicu semangat dalam berinvestasi. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan terkait hal-hal teknis yang belum kamu pahami. Teman-teman di komunitas dapat membagikan pengalaman mereka dalam berinvestasi.

Perlu diingat bahwa keputusan dalam investasi, baik itu membeli maupun menjual saham, merupakan keputusan masing-masing individu. Setiap informasi yang diberikan oleh anggota komunitas sekadar berbagi opini dan bukan ajakan untuk melakukan tindakan jual atau beli saham. Semua keuntungan dan risiko dalam investasi yang kamu lakukan akan ditanggung kamu sendiri.

Jangan Takut Memulai

Rasa takut berlebihan akan menghalangimu dari mulai melakukan investasi. Padahal, investasi saham tidak sulit dan tidak semenakutkan yang dibayangkan orang yang belum memulai. Kamu bisa memulainya dengan nilai investasi yang kecil, sehingga kamu tidak terlalu khawatir dengan risiko yang mungkin terjadi. Kemudian kamu bisa menambah investasimu sedikit demi sedikit sampai kamu yakin dan tidak takut lagi.

Saat ini sangat mudah untuk mulai investasi saham. Kamu tidak perlu lagi datang ke kantor sekuritas dan menghabiskan waktu beberapa hari untuk membuat RDN. Gunakan saja aplikasi Ajaib. Hanya dengan install aplikasi Ajaib di smartphone, kamu dapat mendaftar sebagai investor dan membuat RDN secara online. Prosesnya juga sangat cepat, yaitu maksimal 1×24 jam pada hari kerja.

Fitur-fitur di aplikasi Ajaib sangat mudah digunakan dan friendly untuk kamu yang masih pemula dalam investasi. Bahkan, di aplikasi Ajaib juga telah tersaji key statistics yang bisa kamu pelajari untuk mengetahui performa dan valuasi dari saham yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengakses laman kabar dan bergabung dengan komunitas investor di aplikasi Ajaib.

Kunci kesuksesan yang diuraikan di atas dapat kamu terapkan agar bisa meraih keuntungan dari investasi saham. Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosialmu agar teman-temanmu juga mengetahui tips investasi saham untuk pemula ini.

Artikel Terkait