Milenial

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

liburan ke luar negeri

Ajaib.co.id – Liburan ke luar negeri memang menyenangkan. Namun hal tersebut bisa berbalik menyebalkan jika persiapan kamu kurang. Nah, persiapan apa yang harus dilakukan sebelum liburan ke luar negeri? Simak ulasan berikut ini.

Kamu bersemangat untuk menuju ke tempat yang eksotis atau unik untuk liburan mendatang, tetapi untuk memiliki waktu yang bebas, sebaiknya menginvestasikan sedikit waktu di awal, untuk memastikan kamu telah memenuhi hal-hal yang perlu disiapkan.

Periksa 7 hal ini untuk memastikan liburan ke luar negeri kamu jadi tenang dan aman:

1. Pastikan Paspor dan Visa Kamu Masih Aktif

Sebagian besar negara mengharuskan paspor kamu berlaku selama enam bulan setelah tanggal pengembalian kamu. Kementrian Luar Negeri merekomendasikan agar kamu memperbarui paspor kamu tidak kurang dari sembilan bulan sebelum bulan kedaluwarsa.

Periksa tanggal kedaluwarsa paspor kamu sekarang, dan jika kamu perlu memperbarui, periksa situs web Kementrian Luar Negeri untuk mengetahui tata cara memperpanjang paspor kamu di kantor terdekat.

Prosesnya akan memakan enam hingga delapan minggu hingga aplikasi paspor selesai diproses. Jika kamu membutuhkan paspor lebih cepat dari itu, gunakan layanan yang dipercepat dengan biaya tambahan dan terima paspor kamu dalam dua hingga tiga minggu. 

Biasanya, Kemlu akan memberikan fakta-fakta atau informasi penting tentang tujuan kamu, seperti apakah kamu memerlukan visa dan bagaimana cara mendapatkannya, serta perincian penting lainnya tentang status keamanan negara tujuan, informasi medis dan banyak lagi.

Jika kamu berencana untuk menyewa mobil atau mengemudi di tempat tujuan kamu, cari tahu apakah SIM internasional diperlukan atau paspor sudah cukup dijadikan izin.

Buat fotokopi halaman informasi paspor kamu dan halaman visa untuk tujuan kamu. Kemas secara terpisah dari paspor kamu.

2. Periksa Saran Kesehatan dan Peringatan serta Saran Perjalanan

Cari tahu apakah pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peringatan perjalanan, untuk negara-negara yang memiliki masalah jangka panjang tentang menciptakan lingkungan berisiko bagi turis, atau peringatan perjalanan, untuk negara-negara dengan kondisi jangka pendek yang dapat menimbulkan ancaman bagi turis, di tujuan negara kamu. 

Banyak polis asuransi perjalanan tidak akan mencakup perjalanan ke negara-negara yang berada di bawah peringatan yang telah disiarkan. Pada awal 2020, virus baru diidentifikasi di Cina dan kemudian menyebar ke bagian lain dunia. 

Dampak coronavirus ini (Covid-19) akan terus terungkap pada bulan berikutnya. Banyak tujuan di seluruh dunia tetap tidak terpengaruh. Namun, sebelum perjalanan kamu berikutnya, periksa situs web resmi dari badan kesehatan atau pemerintah untuk informasi terkini dan saran perjalanan ke luar negeri.

3. Dapatkan Vaksinasi dan Resep

Kunjungi situs web Centers for Disease Control and Prevention untuk mengetahui informasi kesehatan dan persyaratan vaksinasi untuk tujuan negara liburan kamu. 

Untuk perlindungan maksimal, kamu harus mendapatkan gambaran negara tujuan, enam minggu sebelum keberangkatan. Jika kamu bepergian ke negara di mana penyakit merajalela, berkonsultasilah dengan ahli mengenai rencana perjalanan kamu.

Situs web CDC juga merupakan sumber informasi yang baik tentang risiko kesehatan dari mengonsumsi air dan makanan di tempat tujuan kamu, barang-barang yang tidak dianjurkan untuk dikemas atau dibawa pulang dan tips kesehatan lainnya.

Pastikan untuk memeriksa kedutaan asing di negara tujuan kamu, untuk mengetahui obat resep mana yang diizinkan atau ilegal di negara tersebut. Bawalah fotokopi resep kamu, bungkus secara terpisah dari obat kamu, dan catat nama obat generiknya. 

Selalu bungkus obat kamu, dalam botol resepnya, di dalam tas jinjing kamu. Jika kamu perlu menggunakan jarum suntik, pastikan kamu memiliki surat dari dokter kamu. 

Kemaslah cukup obat untuk perjalanan kamu, karena mungkin sulit untuk mendapatkan resep kamu di luar negeri.

4. Daftarkan Perjalanan Kamu

Salah satu opsi, terutama jika kamu bepergian ke luar negara industri atau ke daerah terpencil, adalah mendaftar ke Kementrian, dan memasukkan rencana perjalanan kamu. Dalam keadaan darurat, pemerintah akan tahu tentang keberadaan kamu di negara itu dan di mana harus menghubungi kamu. 

Juga, jika ditentukan bahwa informasi perjalanan kamu dapat dibagikan dengan pihak ketiga, keluarga dan teman kamu dapat menghubungi Kementrian Luar Negeri untuk menemukan kamu jika perlu. 

5. Masukkan Dompet Kamu

Pilih satu atau dua kartu kredit untuk kamu bawa, dan hubungi penerbit kartu kredit beberapa saat sebelum kamu pergi untuk memberi tahu mereka tentang negara mana yang akan kamu kunjungi. 

Kalau tidak, kartu kredit kamu dapat ditolak, karena penerbit mungkin merasa kegiatan internasional mencurigakan. Namun, keluarkan barang-barang yang tidak perlu, seperti kartu apa pun yang tidak kamu rencanakan untuk digunakan dalam perjalanan kamu.

Cek perjalanan tidak lagi diterima secara universal, dan kamu mungkin kesulitan menggunakannya di banyak negara, terutama yang sedang berkembang. Alih-alih, gunakan kartu bank kamu untuk menarik uang dari ATM, yang dapat ditemukan bahkan di destinasi paling eksotis. 

Hafalkan PIN kamu, karena banyak keypad ATM tidak akan menampilkan angka dan huruf yang kamu gunakan, atau mereka dapat ditempatkan berbeda pada keypad. 

Umumnya, nilai tukar kamu yang paling menguntungkan adalah melalui ATM, meskipun sebagian besar perusahaan akan membebankan biaya transaksi.

Tuliskan nomor kartu kredit kamu, tetapi jangan simpan daftar itu di dompet kamu. Ketahui cara menghubungi perusahaan bank penerbit kartu kredit kamu dari luar negeri. 

Nomor bebas pulsa tidak berfungsi dari luar Indonesia, tetapi perusahaan kartu kredit akan menerima panggilan penagihan di nomor yang ditentukan. Dapatkan lebih banyak tips tentang cara melindungi kredit kamu saat liburan ke luar negeri.

6. Beli Asuransi Perjalanan

Kemungkinan asuransi kesehatan kamu tidak akan melindungi kamu saat kamu bepergian ke luar negeri. Tergantung di mana kamu akan pergi, pertimbangkan untuk membeli evakuasi medis dan asuransi kesehatan darurat. 

Juga, jika perjalanan kamu membutuhkan uang muka yang besar atau dipesan beberapa bulan sebelumnya, gangguan perjalanan dan asuransi pembatalan dapat memberikan perlindungan yang berharga dari hal yang tak terduga. 

7. Kemas dengan Tepat

Selain elektronik yang diperlukan, jangan bawa barang berharga. Perhiasan mahal bisa menarik para pencuri yang ahli dalam membidik wisatawan. Jika kamu membawa barang-barang berharga, selalu bawa barang-barang itu di dalam tas kamu, atau simpan di dalam brankas hotel.

Gunakan tag bagasi tertutup untuk memberi label pada setiap tas. Masukkan nama, alamat, dan nomor telepon kamu di dalam dan di luar bagasi kamu.

Semakin banyak kamu tahu tentang sejarah dan kebiasaan negara tujuan kamu, semakin kamu akan menikmati dan mendapat manfaat dari perjalanan kamu. Berikut ini beberapa contoh untuk kamu memulai riset:

  • Jangan membawa celana pendek, rok mini, dan tank top jika kamu pergi ke negara konservatif.
  • Jika kamu pergi ke suatu tempat di mana kamu harus sering melepas sepatu untuk memasuki lokasi wisata, kemas sepatu slip-on.
  • Pelajari cara mengucapkan frasa sederhana dalam bahasa tujuan kamu, seperti “terima kasih” atau “selamat pagi.”

Itu dia tujuh tips untuk liburan ke luar negeri, agar liburanmu menjadi aman dan nyaman. Sudah kah kamu menentukan tujuan liburanmu? Jika sudah, jangan lupa untuk selalu aman dan waspada! Selamat berlibur!

Artikel Terkait