Milenial

6 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Kehidupan

meningkatkan produktivitas

Ajaib.co.id – Dengan meningkatkan produktivitas, kamu bisa menyelesaikan banyak hal di dalam waktu satu hari. Lalu bagaimana cara untuk bisa lebih produktif ini? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Kita semua memiliki dua puluh empat jam yang sama sehari, namun, sebagian besar merasa seperti tidak pernah ada cukup waktu untuk melakukan semua yang perlu dilakukan.

Produktivitas adalah cara kita mengukur efisiensi produksi, yang setiap orang terus berupaya untuk meningkatkannya. Sebagian besar orang masih kekurangan dalam area ini karena mereka tidak mengetahui berbagai metode praktis yang dapat mereka gunakan.

Setelah kamu belajar banyak cara untuk menjadi lebih produktif, kamu akan segera melihat bahwa kamu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Mengapa produktivitas penting?

Seperti yang kita ketahui, peningkatan output adalah akibat langsung dari peningkatan input dan efisiensi proses produksi. Tujuan keseluruhan adalah untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan jumlah waktu, uang, dan upaya yang kurang lebih sama, atau kurang.

Produktivitas sangat penting dalam mencapai teknik menghemat uang dan menghemat waktu. Tetapi, memiliki keterampilan manajemen waktu yang sangat baik bukanlah sesuatu yang kamu miliki sejak lahir, melainkan ini adalah sesuatu yang kamu pelajari.

Berikut adalah enam cara praktis untuk meningkatkan produktivitas agar lebih banyak dilakukan setiap hari.

1. Hilangkan Semua Gangguan

Kita semua bersalah karena membiarkan gangguan mengambil alih produktivitas. Karena itu, sangat penting untuk menyusun rencana yang memungkinkan kamu untuk menghilangkan gangguan.

Perhatikan seberapa sering kamu menggunakan ponsel, frekuensi kamu memeriksa email, dan jumlah pemberitahuan atau notifikasi media sosial. Bahkan membuka banyak tab di browser kamu dapat mengganggu dan merupakan sesuatu yang harus kamu hindari.

Menghindari berbagai macam gangguan akan memberikan fokus kamu pada satu pekerjaan. Jika kamu terlalu banyak melihat hal-hal yang berbeda, fokus kamu akan pecah dan pekerjaan yang seharusnya sudah selesai sebelum jam lima sore, malah tertunda sampai besok. Akhirnya, pekerjaan kamu akan menumpuk dan itu akan membuat lebih banyak beban di masa mendatang.

2. Atur Timer

Perkirakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menangani berbagai tugas dan rutinitas kerja setiap hari. Kemudian, mulailah setiap tugas dengan mengatur timer yang akan meminta kamu kapan untuk beralih ke pekerjaan lain. Pada akhirnya, kamu mungkin tidak lagi membutuhkan timer karena kamu menjadi terbiasa dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas reguler.

Langkah ini bisa kamu coba dengan memperhatikan menit atau jam saat kamu memulai pekerjaan dari nol hingga selesai. Catat dan coba lagi, kamu akan menemukan waktu rata-rata yang bisa kamu terapkan dalam memulai pekerjaan selanjutnya.

Jika kamu membutuhkan satu jam untuk satu pekerjaan, berarti kamu dapat mengukur berapa pekerjaan yang bisa kamu selesaikan dalam sehari.

3. Tidur yang Cukup

Pastikan kamu cukup tidur, yang dapat bergantung pada jenis pekerjaan yang kamu lakukan. Misalnya, jika kamu bekerja dari rumah, mungkin akan lebih sulit bagi kamu untuk berhenti bekerja. Jadi, kamu mungkin ingin mengatur timer untuk memastikan kamu tetap pada jam kerja reguler dan cukup tidur setiap malam.

Jika kamu tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kamu akan menurunkan produktivitas saat kamu berjuang untuk tetap terjaga di hari berikutnya. Buat aturan seperti tidak ada barang-barang elektronik yang akan kamu pegang selama satu jam sebelum tidur dan tidur di kasur yang sesuai dengan kebutuhan tidur kamu. Ini adalah titik awal yang bagus untuk memastikan kamu mendapatkan sisanya yang perlu kamu lakukan.

4. Temukan Tujuan

Untuk meningkatkan produktivitas, pertimbangkan mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan. Idealnya, kamu ingin bisnis kamu menjadi sesuatu yang kamu sukai dan bersemangat untuk itu. Apakah kamu mencari uang atau karena kamu menikmatinya? Tingkat produktivitas dapat bergantung pada alasan kamu bangun dan pergi ke kantor setiap hari.

Jika kamu melakukannya untuk uang, kamu menjadi tahu tujuanmu dan tetaplah fokus untuk mencari uang dengan hasil pekerjaan yang lebih bagus. Begitu juga jika kamu melakukannya karena sesuai dengan passion kamu. Tetaplah fokus pada tujuan.

5. Prioritaskan Tugas

Buat daftar setiap hal yang akan kamu lakukan setiap hari. Urutkan hal-hal tersebut dengan rapi dan urut untuk memastikan kamu dapat menyelesaikan dan memprioritaskan yang paling penting dengan nyaman.

Dengan hal ini, kamu dapat mengetahui tugas-tugas yang belum dan sudah selesai. Segeralah memilah hal yang paling penting untuk dikerjakan dan dapat diselesaikan. Gunakan daftar prioritas sebagai hal yang penting untuk menjalankan pekerjaan kamu.

6. Selesaikan Tugas yang Sulit Terlebih Dahulu

Selain membuat daftar prioritas tugas, kamu juga ingin memasukkan kegiatan yang paling kamu takuti dan memastikan kamu menyelesaikannya terlebih dahulu, setiap pagi. Jika hal pertama yang biasanya kamu lakukan adalah memeriksa email, kamu menciptakan ilusi produktivitas. Mulailah hari kamu dengan menyelesaikan tugas paling sulit kamu terlebih dahulu, saat kamu memiliki energi yang masih banyak di pagi hari.

Itu hanya beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas kamu. Kamu mungkin ingin mempertimbangkan teknik lain, dan yang mana yang paling cocok dengan kapan, di mana, dan apa yang kamu kerjakan di siang hari atau malam hari.

Industri tempat kamu bekerja dan jumlah jam kamu bekerja dapat mempengaruhi metode yang kamu gunakan. Kita semua punya batas. Sebelum kamu kehabisan tenaga, kehilangan uang, terlalu janji, dan berkinerja buruk, gunakan strategi yang berhasil. Jika kamu menggunakan teknik ini, kamu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan waktu lebih sedikit. Semangat!

Artikel Terkait