Bisnis & Kerja Sampingan

5 Perusahaan Terbesar di Dunia, Kapitalisasinya Fantastis!

perusahaan terbesar di dunia

Ajaib.co.id – Tahukah kamu siapa saja yang masuk ke daftar perusahaan terbesar di dunia? Dengan nilai kapitalisasi yang begitu fantastis, perusahaan-perusahaan itu begitu kokoh dalam posisinya. Siapa saja mereka?

Sudah menjadi hal yang tentu jika para investor memperhatikan tren pergerakan harga saham, selain itu keputusan untuk berinvestasi biasanya didasarkan pada kapitalisasi pasar sebuah perusahaan.

Kapitalisasi pasar atau biasa dikenal juga dengan istilah Market Cap merupakan sebuah istilah bisnis yang merujuk pada harga yang harus dibayar seseorang apabila ingin membeli seluruh kepemilikan perusahaan tersebut. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan lembar saham perusahaan yang beredar dengan harga saham perusahaan pada saat ini.

Teknologi dan informasi yang semakin maju, mau tidak mau ikut membawa perekonomian global untuk ikut berkembang. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan di dunia yang mampu menghasilkan pendapatan yang fantastis.

Tentunya hal tersebut beriringan juga dengan kapitalisasi pasar yang sangat besar. Beberapa perusahaan dengan kapitalisasi yang sangat besar di dunia mungkin produknya sedang kamu gunakan sehari-hari.

Nah, lalu perusahaan apa saja yang memiliki valuasi sangat besar sehingga disebut sebagai perusahaan terbesar di dunia? Berikut Ajaib rangkumkan 5 perusahaan terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui!

Saudi Aramco

Setelah mengumumkan laporan keuangannya di tahun 2019, dan merilis saham dalam Tadawul Stock Exchange, Saudi Aramco menjadi perusahaan termahal di dunia. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi minyak bumi dan gas dengan produk migas serta produk petrokimia.

Perusahaan ini menjadi pionir dalam memproduksi gas alam yang sudah dicairkan, bahkan Saudi Aramco saat ini digadang-gadang sebagai leader bagi perusahaan lain di dunia dalam hal produksi minyak dan cadangan.

Perusahaan minyak ini milik pemerintah Arab Saudi dan memiliki kantor utama di Dhahran, Arab Saudi. Perusahaan sebesar Saudi Aramco tentu tidak hanya berada di Arab Saudi, mereka memiliki kantor cabang di beberapa negara seperti China, Jepang, Rusia, Uni Emirat Arab, Amerika, Britania Raya, dan beberapa negara lainnya.

Selain itu perusahaan ini juga menjalin kerja sama dengan perusahaan minyak bumi lainnya seperti Royal Dutch Shell, Lukoil, Sinopec, dan lain sebagainya.

Melihat pada apa yang mereka produksi dan banyaknya kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia, jangan heran kalau kapitalisasi pasar Saudi Aramco mempunyai besaran yang luar biasa yaitu hampir mencapai USD 1,9 triliun.

Apple Inc.

Siapa yang tidak mengenal perusahaan satu ini, dengan logo apel yang sudah digigit mudah saja untuk kamu menebak bahwa itu adalah Apple. Apple Inc., yang sebelumnya dikenal sebagai Apple Computer, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan elektronik ditemukan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1977.

Pada awalnya mereka memproduksi komputer. Namun saat ini Apple sudah memiliki banyak produk turunan lainnya mulai dari ponsel pintar, tablet, hingga jam tangan pintar.

Produk-produk milik Apple banyak digunakan masyarakat umum melampaui batas geografis, pengguna mereka berasal mulai dari Amerika, Eropa hingga Asia.

Apple mencapai puncak kesuksesannya karena desain dari gawainya yang selalu mengikuti zaman, kualitas yang sangat baik, serta strategi marketing brilian dari Steve Jobs. Tak heran kalau perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar hampir USD 1,4 triliun.

Saat ini apple memiliki ribuan kantor, toko, dan service centers yang tersebar di seluruh dunia dengan kantor pusat yang berada di Cupertino, California. 12 bulan belakangan ini saham Apple Inc. mengalami pergerakan yang signifikan, dengan kenaikan nilai saham sebesar 36%. Wow!

Microsoft Corporation

Perusahaan terbesar lainnya adalah Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen saat menjadi mahasiswa di Harvard College pada 4 April 1975. Perusahaan ini bergerak di bidang komputer dan teknologi dengan piranti lunak sebagai produk utamanya.

Kamu pasti sudah tahu bahwa sistem operasi Windows dan Microsoft Office merupakan produk milik Microsoft Corporation yang banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Sistem operasi dan piranti lunak untuk komputer, ponsel pintar, dan tablet yang mudah digunakan membuat Microsoft mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Microsoft Corporation memiliki kapitalisasi pasar sebesar hampir USD 1,4 triliun, hal ini menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia. Bahkan Bill Gates sebagai pendirinya merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

Alphabet Inc.

Alphabet Inc. mungkin bukanlah perusahaan yang sering kamu dengar. Namun tahukah kamu, Alphabet Inc merupakan perusahaan induk dibalik Google. Ya, Google yang merupakan mesin pencari paling dikenal di seluruh dunia merupakan salah satu perusahaan yang ada di bawah Alphabet Inc.

Produk lain dari perusahaan adalah YouTube, Android, Chrome, Google Maps, dan Nest juga tidak kalah populer dibandingkan Google. Alphabet Inc. bahkan dinobatkan sebagai perusahaan yang paling banyak mengeluarkan dana untuk R&D di seluruh dunia.

Mirip dengan Microsoft Corporation, Google juga didirikan oleh mahasiswa Stanford University bernama Larry Page dan Sergey Brin. Mereka pula lah yang sampai ini menjadi orang yang mengelola Alphabet Inc. hingga memiliki kapitalisasi pasar sekitar sebanyak USD 1.020 triliun. Saat ini kantor pusat Google berlokasi di Mountain View, California serta banyak kantor lainnya yang tersebar di seluruh dunia.

Amazon Inc.

Amazon merupakan perusahaan retail asal Amerika yang menjual serta mengirimkan berbagai macam barang di Internet. Pengguna internet, pemasok, dan produsen dapat menggunakan Amazon sebagai platform untuk melakukan kegiatan jual beli. Perusahaan ini menjadi populer karena jasa mereka yang menawarkan barang berkualitas baik, harga yang rendah, pengiriman cepat, serta variasi barang yang banyak.

Amazon Inc didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos, kantor pusat mereka berada di Seattle, Amerika. Perusahaan ini sempat mencetak rekor sebagai perusahaan paling mahal di dunia pada awal tahun 2019. Saat ini Amazon Inc tetap masuk dalam daftar teratas perusahaan top dunia dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 924 triliun.

Masih ada beberapa perusahaan lain yang juga berada di daftar teratas perusahaan termahal di dunia seperti Industrial and Commercial Bank of China Ltd., JPMorgan Chase & Co., China Construction Bank, Bank of America, dan lain sebagainya.

Mempunyai saham di salah satu perusahaan terbesar di dunia memang menggiurkan, namun tentunya kamu harus mengumpulkan modal dan portofolio yang bagus. Memulai investasi tidaklah sulit lho, kamu dapat menggunakan Ajaib platform investasi online yang mudah untuk digunakan.

Saham-saham yang ada sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori, Ajaib juga dapat menilai langsung portofolio saham kamu sehingga dapat merekomendasikan saham jenis apa yang cocok untukmu. Ayo mulai nabung saham!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait