Dunia Kerja

5 Alasan Perusahaan Mengadakan Psikotes untuk Rekrutmen

5 Alasan Perusahaan Mengadakan Psikotes untuk Rekrutmen

Psikotes saat ini masih menjadi salah satu bagian dari proses rekrutmen. Bagimu yang sedang mengikuti rangkaian kegiatan itu, mungkin proses tersebut cukup melelahkan karena biasanya tesnya cukup panjang dan membutuhkan waktu berjam-jam. Maka dari itu untuk mengikuti psikotes kamu diharapkan menjaga kesehatan dengan baik, makan yang cukup agar proses tes kedepannya berjalan dengan lancar.

Namun, bagi banyak perusahaan proses ini termasuk penting karena berkaitan dengan kelangsungan karyawan itu kedepannya. Kinerja calon karyawan bisa diprediksi melalui psikotes yang diikutinya. Sebenarnya untuk mengikuti proses ini tidaklah terlalu rumit, dan tidak perlu belajar juga karena kamu melakukannya secara spontan. Lalu mengapa perusahaan masih menggunakan psikotes sebagai proses rekrutmen? Inilah alasan perusahaan mengadakan psikotes untuk merekrut karyawan terbaik.

Mengukur kecerdasan karyawan

Tidak hanya kecerdasan secara kognitif, tapi juga kamu diukur kecerdasan secara emosional dan spiritual dengan psikotes. Hal tersebut dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui apakah kamu cocok di posisi ini atau tidak. Atau bisa saja ditempatkan di posisi lain sesuai dengan hasil tesnya. Masalah pengendalian emosi juga sangat penting karena orang yang mampu bisa mengendalikan emosinya lebih disukai oleh perusahaan.

Mengukur produktivitas karyawan

Dengan tes psikotes bisa diketahui juga apakah calon karyawan bisa melakukan pekerjaan secara efektif atau tidak. Keefektifan karyawan dalam bekerja sangat diperlukan karena ini menyangkut tenggat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja perusahaan tidak akan mau karyawannya terlalu santai dan mengabaikan pekerjaan yang ada. 

Mengukur kemampuan karyawan mengendalikan stres

Ketika sedang bekerja pastinya karyawan akan dihadapkan dengan masalah jadwal yang padat dan pekerjaan yang sangat menumpuk. Untuk mengetahui kemampuan karyawan dalam masalah tersebut, tes psikotes inilah yang biasa dilakukan perusahaan. Biasanya perusahaan akan lebih memilih mereka yang bisa mengendalikan tingkat stres dengan baik. Artinya di sini lebih ke ketika sedang dihadapi dengan pekerjaan yang menumpuk, karyawan itu masih bisa tenang mengerjakan dengan kualitas yang bagus. Namun, tentu saja bukan berarti karyawan tidak boleh beristirahat.

Mengenal kepribadian

Salah satu bagian dari psikotes adalah wawancara. Wawancara ini biasanya memiliki berbagai macam pertanyaan yang cukup menjebak, tapi sebenarnya bisa dibawa dengan santai. Dari proses wawancara perusahaan bisa mengetahui bagaimana kepribadian calon karyawannya. Apakah ia adalah orang yang konsisten atau tidak, apakah ia bisa setia pada perusahaannya atau tidak. Semuanya bisa diketahui di bagian ini.

Menentukan posisi karyawan

Dengan mengikuti tes psikotes, calon karyawan akan bisa mengetahui di mana minatnya berada, kemampuannya seperti apa, dan bakatnya seperti apa. Hal ini penting bagi perusahaan karena tentunya mereka ingin seseorang itu berada di posisi yang tepat sehingga bisa bekerja dengan baik. Perusahaan memang tidak hanya memilih yang terbaik.

Itulah beberapa alasan melakukan tes psikotes ketika ingin merekrut karyawan. Ada banyak jenis psikotes, mulai dari tes logika aritmatika, tes koran, gambar pohon, tes wartegg, tes deratan gambar dan urutan gambar, garis lengkung, dan masih banyak lagi. Untuk mengerjakan tes ini, tidak ada jawaban yang benar dan salah, namun bisanya dari sinilah HRD bisa mengetahui kepribadianmu dalam bekerja.

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait