3 Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Penghasilan Tanpa Batas

Semua orang tahu bahwa berbisnis adalah cara paling efektif untuk mendapatkan uang. Namun banyak yang takut untuk memulai usahanya karena keterbatasan modal yang dimiliki. Dengan perkembangan dunia digital sekarang hal ini bisa diakali karena ada banyak bisnis online tanpa modal yang bisa dicoba.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dilakoni tanpa harus mengeluarkan serupiah pun untuk modal. Kamu tidak perlu dana sama semakin untuk membeli barang modal maupun memasarkan produk jika menjalankan usaha ini. Namun kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan jika menjalankan salah satu bisnis online minim modal ini.

Bahkan keuntungan yang didapat juga tak kalah besarannya jika dibandingkan orang lain yang melakukan bisnis secara online dan mengeluarkan modal sendiri. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memcoba jenis bisnis ini jika ingin masih belum punya dana lebih untuk modal usaha.

Kuncinya adalah kamu melakoni bisnis dengan menawarkan jasa dibandingkan barang. Misalnya saja dengan menyediakan jasa untuk membuat website, untuk mengurus akun media sosial, atau google adsense yang bagi sebagian pelaku bisnis adalah hal yang sulit dan merepotkan.

Untuk menjadi pekerja sejumlah pekerjaan di atas, kamu hanya membutuhkan skill dan keahlian. Hasilnya tentu saja pundi-pundi uang yang diterima tanpa benar-benar mengeluarkan modal sama sekali.

Alternatif Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

Mendengar kata bisnis, pastilah “modal” menjadi kata berikutnya yang muncul dalam benak kamu. Banyak orang yang berpikir, bahwa berbisnis artinya harus punya modal besar. Hal ini yang kerap menghalangi orang untuk mencoba berbisnis karena harus mengeluarkan dana yang besar.

Sebenarnya kini semakin banyak sumber permodalan yang bisa diakses oleh para calon pengusaha muda baik dari lembaga perbankan, pemerintah maupun pihak swasta. Syarat yang diberikan juga relatif lebih muda dan bunga pinjaman yang terjangkau namun tetap saja modal yang didapat dari kredit terasa menakutkan bagi beberapa pihak.

Banyak yang merasa bunga pinjaman yang diberikan tidak sebanding dengan penghasilan yang didapatkan dari bisnis yang dirintis. Apalagi bagi pemula yang baru terjun dalam dunia bisnis sehingga belum percaya diri untuk menggunakan kredit pinjaman sebagai modal bisnis.

Berbagai ketakutan ini sekarang bisa ditepiskan dengan semakin perkembangnya dunia bisnis online. Bisnis yang ditopang dengan kemajuan teknologi ini memberikan kelebihan salah satunya modal yang tidak terlalu besar. Contoh paling riil adalah tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa toko karena kamu bisa memajang barangmu hanya lewat e-commerce.

Kalau kamu sama sekali tidak punya dana maka kamu bisa menjajal jenis bisnis online tanpa modal. Ya, bisnis tanpa modal bukan hal yang mustahil saat ini. Bahkan ada banyak cara untuk bisa berbisnis online tanpa modal dengan penghasilan tanpa batas.

Hanya saja, kamu harus punya internet dan strategi promosi yang baik untuk mendapatkan penghasilan dari ini. Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa untuk menerapkan nilai-nilai bisnis yang lain agar sukses dan bisa meraup keuntungan sebanyak mungkin.

Berikut ini adalah 3 jenis bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakoni untuk mengawali tahun baru ini, antara lain:

1.    Dropshipper

Dropshipper adalah seseorang yang bekerja menjadi agen atau menjadi penghubung antara penjual dan pembeli. Seorang dropshipper mempromosikan toko online atas namanya sendiri. Barang akan dikirimkan kepada pelanggan atas nama dropshipper. Oleh karena itu, seorang dropshipper turut bertanggung jawab penuh atas kepuasan pelanggannya.

Berbeda dengan reseller, seorang dropshipper tidak butuh modal sama sekali. Tugasnya memang hanya mempromosikan dan kemudian menjaring sebanyak mungkin pembeli untuk produknya. Order yang didapat kemudian dilanjutkan ke produsen untuk diproses dan dikirimkan ke pembeli.

Ada banyak kelebihan menjalankan bisnis online menjadi dropshipper. Diantaranya adalah :

  • Kamu tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk stok barang.
  • Kamu bisa menentukan besaran keuntungan dari setiap barang atau jasa yang ditawarkan kepada pembeli.
  • Kamu tidak perlu menyediakan gudang atau ruangan khusus untuk menyimpan stok barang.
  • Kamu tidak perlu menanggung kerugian kerusakan barang akibat penyimpanan. Seperti barang yang kadaluarsa, rusak karena cuaca, dirusak hama tikus dll.
  • Tidak membutuhkan biaya operasional atau transportasi selain jaringan internet.

Dengan modal sekaligus resiko yang hampir nol, maka tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis ini. Yang kamu perlukan adalah kemampuan untuk promosi online dan melayani pelanggan dengan baik. Pastikan kamu bisa merespon setiap pembeli dengan cepat dan menyenangkan.

Akan sangat lebih baik jika kamu memiliki brand yang sudah dikenal luas dan memiliki target pembeli yang menjanjikan sehingga jualanmu lebih laku dan untung lebih banyak.

2.    Menjadi Pemasar Terafiliasi (Affiliate Marketer)

Apakah kamu aktif berkomunitas di dunia maya? Atau memiliki blog yang ramai pengunjung? Kalau jawabannya: YA! Maka menjalani bisnis online sebagai affiliate marketer (pemasar terafiliasi) bisa menjadi pilihan.

Pemasar terafiliasi adalah program yang umumnya disediakan oleh online marketplace. Dengan semakin banyaknya jenis marketplace di Indonesia saat ini tentu saja peluang untuk posisi ini juga semakin banyak. Kelebihan lainnya, pekerjaan ini belum terlalu familiar di telinga orang Indonesia sehingga pesaingmu masih terbatas.

Sistem kerja pemasar terafiliasi sangatlah mudah:

  • Kamu hanya perlu mendaftarkan diri kamu secara gratis sebagai pemasar terafiliasi pada situs-situs penjualan online.
  • Setelah terdaftar, kamu akan mendapatkan link dengan kode afiliasi milikmu.
  • Sebarkan link dengan kode afiliasi tersebut di internet. Kamu bisa menyebarkannya di komunitas online, melalui media sosial, atau memasangnya sebagai banner di website milikmu.
  • Kamu mendapatkan komisi jika ada pengguna yang mengunjungi situs penjualan online lewat link kamu dan melakukan pembelian.

Sebagian besar online marketplace memberikan komisi untuk setiap kunjungan lewat link afiliasi yang terkonversi menjadi penjualan. Namun, ada juga marketplace yang memberikan komisi untuk setiap pengunjung unik yang datang dari link afiliasi milikmu.

Jika kunjungan itu terkonversi menjadi penjualan, maka akan diberikan komisi tambahan. Kamu bisa menjadi pemasar terafiliasi dari situs mana saja. Baik situs dalam negeri maupun luar negeri. Selama situs tersebut menyediakan program pemasar terafiliasi seperti misalnya play-asia.com.

3.    Pembuat Konten

Dengan banyaknya platform media sosial saat ini, membuat konten yang digemari bisa menjadi lahan yang menjanjikan. Kamu bisa membuat konten di website atau channel youtube tanpa modal dan cukup membuat akun saja.

Dengan konten yang konsisten dan kreatif, bisa menarik banyak pengunjung. Traffic pengunjung yang tinggi bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan cara monetisasi website atau youtube channel milikmu. Terlebih lagi, para selebritas tanah air banyak yang membuat channel youtube-nya sendiri. Ini salah satu tanda bahwa bisnis ini memang sangat menjanjikan.

Jangan khawatir masalah peralatan. Banyak blogger dan vlogger yang bermodalkan gadget seadaanya pada konten awal mereka. Setelah memperoleh penghasilan lumayan, kamu bisa mencicil untuk membeli berbagai peralatan pembuat konten yang lebih canggih.

Pastikan konten yang kamu buat memiliki tema yang unik. Ada banyak hal menarik namun sederhana yang bisa diulas dan dijadikan konten di sosial media. Misalnya saja soal hobi memancing atau sekedar review kosmetik.

Ada banyak influencer sekarang yang memulai kariernya hanya bermodalkan hobinya seperti Tasya Farasya dan Suhay Salim. Tenang saja, kamu tidak ketinggalan hype kok jika baru akan memulainya saat ini asalkan bisa menampilkan sesuatu yang baru dan fresh sehingga menarik minat netizen.

Tiga jenis pekerjaan di atas adalah jenis bisnis online tanpa modal yang bisa kamu mulai. Kamu bisa memulainya sekarang untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan. Bisnis online sendiri adalah tren yang bergerak dengan sangat cepat dan persaingan tinggi.

Karena tak perlu modal apapun, tak heran jika nantinya akan banyak muncul pesaing yang terjun dalam bisnis yang serupa. Untuk hal ini maka kamu perlu berkreasi semaksimal mungkin untuk tetap menjad yang terdepan.

Harus diketahui pula jika bisnis tanpa modal ini hanyalah suatu pembuka. Nantinya ketika sudah pada tahap tertentu, kamu bisa memanfaatkan keuntungan yang didapat untuk dijadikan modal dan mengembangkan skala maupun jenis bisnis yang kamu jalankan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait