3 Bisnis di Pedesaan yang Menguntungkan Untuk Dijalani

Ajaib: 3 Bisnis di Pedesaan yang Menguntungkan Untuk Dijalani

Menjadi pebisnis handal dan sukses bukan berarti kamu harus berada di kota besar. Faktanya, ada banyak bisnis di pedesaan yang menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar. Salah satu cara terbaik dalam berbisnis di desa, adalah dengan memanfaatkan potensi yang terdapat di sekitar desa. Beberapa jenis peluang usaha yang bisa dijalankan di desa adalah usaha oleh-oleh, peternakan dan penunjang pariwisata.

Oleh-Oleh dan Souvenir

Setiap desa pasti memiliki kekhasan masing-masing. Baik berupa makanan atau pun cinderamata hasil karya masyarakat setempat. Berbisnis oleh-oleh lokal merupakan salah satu peluang usaha yang patut dicoba. Pasalnya, ada banyak buah tangan dari desa yang pastinya sulit diperoleh di perkotaan.

Buatlah kemasan yang menarik dan pilihlah lokasi yang strategis. Kamu bisa bekerja dengan para pengrajin lokal untuk menyuplai barang kepadamu. Jangan remehkan potensi bisnis oleh-oleh dan souvenir khas daerah. Karena omset dalam berjualan oleh-oleh bisa menghasilkan penghasilan sampai miliaran per bulan.

Apalagi, jika sebuah brand sudah melekat menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Selain memasarkannya secara offline, pemasaran online juga bisa mendobrak keuntungan usahamu.

Membuka Peternakan

Salah satu penyokong bisnis kuliner yang kian menjamur, adalah peternakan. Keunggulan beternak di kampung adalah lahan yang masih luas dan asupan gizi ternak lebih alami. Sehingga lebih menyehatkan.

Ternak lele, ikan mas atau bebek bisa menjadi pilihan. Jangan lupa sertakan rencana pemasaran yang baik. Lakukan survei potensi pasar pada pengusaha kuliner di sekitarmu. Kamu juga bisa menggunakan media online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Sebaiknya, pilih forum bisnis atau wisrausaha untuk mempromosikan usahamu secara online. Di sana lebih banyak orang yang membutuhkan produkmu dalam skala besar. Sementara marketplace kebanyakan penggunanya adalah end user yang mencari barang untuk konsumsi pribadi.

Usaha Penunjang Pariwisata

Kalau desamu memiliki potensi wisata yang baik, maka membuka bisnis di pedesaan berupa fasilitas penunjang pariwisata bisa menjadi pilihan. Agar bisa menjalankan peluang usaha ini, kamu harus mampu mengenali kebutuhan wisatawan yang datang ke desamu.

Ada beragam pilihan usaha yang bisa kamu lakukan. Mulai dari hal ringan seperti penyewaan tikar, membuka warung kopi, penyewaan transportasi, hingga membuka losmen untuk penginapan, dll.

Yang pasti, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika hendak membuka usaha penunjang pariwisata, yaitu:

Pertama: Dalam bisnis pariwisata, bersikap baik dalam melayani merupakan hal utama. Kesan pertama yang kamu berikan jadi sangat penting. Karena kamu akan sering bertemu dengan orang-orang yang baru pertama kali berkunjung ke desamu. Mereka bisa dibuat terkesan atau malah kapok dengan cara kamu bersikap.

Kedua: Memiliki pengetahuan yang baik mengenai potensi wisata di daerahmu juga merupakan modal penting. Sebisa mungkin kamu punya solusi untuk setiap pertanyaan dari wisatawan mengenai desamu. Siapa tahu kamu juga bisa mendapat penghasilan lebih dengan menjadi pemandu wisata.

Ketiga: Jaga selalu kualitas produk dan layanan yang kamu berikan. Jangan karena merasa produk atau jasamu dibutuhkan oleh para wisatawan, maka kualitas produk tidak dijaga. Lagipula, kualitas layanan yang baik berpotensi membuat wisatawan memberikan bayaran lebih berupa uang tips.

Keempat: Hindari mematok harga terlalu tinggi di luar batas kewajaran. Selain membuat pelanggan kapok, hal ini juga bisa menyebabkan nama baik bisnis menjadi buruk dan kesulitan untuk maju.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait