3 Bisnis di Pedesaan yang Menguntungkan Untuk Dijalani

Ajaib: 3 Bisnis di Pedesaan yang Menguntungkan Untuk Dijalani

Dekade yang lalu banyak generasi muda bercita-cita menjadi pegawai berdasi namun sekarang banyak yang bermimpi jadi enterpreneur sukses. Namun banyak anggapan jika bisnis hanya akan sukses jika dijalankan di kota. Padahal ada banyak jenis bisnis di pedesaan yang juga menjanjikan keuntungan berlimpah.

Menjadi pebisnis handal dan sukses bukan berarti kamu harus berada di kota besar. Faktanya, ada banyak bisnis di pedesaan yang menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar. Tentu saja karakteristik bisnisnya disesuaikan dengan kondisi dan demografi wilayah pedesaan.

Sejumlah peluang usaha di desa yang sebenarnya cocok untuk dijajal antara lain usaha ternak ayam kampung dan sapi, toko sembako, maupun komoditas mentah lainnya. Meskipun menjadi peternak ayam atau juragan beras sepertinya tidak nampak keren namun sebenarnya penghasilannya sangatlah menjanjikan.

Menjalankan bisnis di pedesaan juga memiliki kelebihan sendiri dibandingkan di kota. Misalnya saja harga bahan baku maupun bahan bakar yang digunakan untuk produksi maupun upah tenaga kerja yang tidak sebesar di kota. Dengan ongkos produksi yang lebih rendah, kamu bisa meraup keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan bisnis perkotaan.

Tinggal di desa juga memberikan kesempatan bagi bisnismu turut serta untuk memajukan masyarakat setempat. Misalnya saja dengan memanfaatkan kerja sama perangkat desa maupun organisasi anak-anak muda setempat untuk mendapatkan tenaga kerja dari masyarakat pedesaan. Bukan hanya mendapatkan SDM, secara tidak langsung bisnismu juga mendapatkan dukungan karena mejaukan perekonomian desa.

Hal lain yang kerap luput dari perhatian juga adalah bisnis di pedesaan kini semakin mudah mendapatkan permodalan. Baik dari lembaga perbankan maupun perusahaan plat merah maupun swasta kini berlomba menyalurkan dana CSR untuk usaha lokal desa. Sudah banyak usaha makanan atau kerajinan yang dibiayai dan mungkin bisnismu yang berikutnya.

Berbekal ide peluang bisnis yang unik cukup untuk membuat pihak tersebut mengucurkan dananya untukmu. Apalagi jika memanfaatkan daya tarik dan keunikan lokal maka pasti lebih banyak pemodal yang tertarik.

Rekomendasi Bisnis di Pedesaan yang Paling Menjanjikan

Salah satu cara terbaik dalam berbisnis di desa, adalah dengan memanfaatkan potensi yang terdapat di sekitar desa. Beberapa jenis peluang usaha yang bisa dijalankan di desa adalah usaha oleh-oleh, peternakan dan penunjang pariwisata.

Namun jangan sekedar menjalankan bisnismu begitu saja dengan cara tradisional. Sebagai generasi milenial yang cerdas dan melek teknologi kamu bisa memanfaatkan kemajuan dunia digital untuk bisnismu. Misalnya saja promosi media sosial untuk produk yang kamu pasarkan atau inovasi lainnya.

Meskipun di pedesaan, inovasi yang kamu lakukan bisa menjadi terobosan untuk menjawab persaingan usaha yang semakin ketat belakangan ini. Meskipun merintis bisnis di pedesaan bukan berarti usahamu kalah pamor dengan yang di perkotaan. Ada banyak cara untuk memaksimalkan potensi pedesaan atau malah menjadikannya keunggulan utama.

Berikut ada 3 jenis bisnis di pedesaan yang paling menjanjikan untuk kamu coba.

1. Oleh-Oleh dan Souvenir

Setiap desa pasti memiliki kekhasan masing-masing. Baik berupa makanan atau pun cinderamata hasil karya masyarakat setempat. Berbisnis oleh-oleh lokal merupakan salah satu peluang usaha yang patut dicoba. Pasalnya, ada banyak buah tangan dari desa yang pastinya sulit diperoleh di perkotaan.

Terlebih lagi jika desa tempatmu tinggal memiliki objek wisata yang banyak dikunjungi oleh orang. Jika memang tidak ada, kamu bisa memproduksi suvenir untuk objek wisata terdekat dari lokasimu dan memasarkannya. Misalnya modalmu terbatas, bisa dimulai dari barang kecil seperti gantungan kunci atau pembatas buku.

Buatlah kemasan yang menarik dan pilihlah lokasi yang strategis. Kamu bisa bekerja dengan para pengrajin lokal untuk menyuplai barang kepadamu. Jangan remehkan potensi bisnisoleh-oleh dan souvenir khas daerah. Karena omset dalam berjualan oleh-oleh bisa menghasilkan penghasilan sampai miliaran per bulan.

Ada banyak merk oleh-oleh yang sudah berhasil meraih kesuksesan karena pemiliknya jeli pada kesempatan yang ada. Apalagi, jika sebuah brand sudah melekat menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Misalnya Dagadu dari Jogja atau Joger dari Bali. Selain memasarkannya secara offline, pemasaran online juga bisa mendobrak keuntungan usahamu.

2. Membuka Peternakan

Salah satu penyokong bisnis kuliner yang kian menjamur, adalah peternakan. Kamu bisa merintis peternakan sapi perah, ayam kampung, ayam potong atau ayam petelur. Selain itu, ternak lele, ikan mas atau bebek bisa menjadi pilihan.

Jangan remehkan bisnis ternak karena omzetnya tak kalah dibandingkan pengusaha lainnya di perkotaan. Apalagi peternakan hewan-hewan ini merupakan salah satu penyokong konsumsi masyarakat yang sangat besar. Permintaan pasar pasti selalu ada dan bahkan bisa untung lebih besar di waktu tertentu ketika harga melonjak.

Keunggulan beternak di kampung adalah lahan yang masih luas dan asupan gizi ternak lebih alami. Sehingga lebih menyehatkan dan hasil produksimu lebih berkualitas. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk sewa atau membeli lahan tentunya tidak sebesar di perkotaan. Izinnya juga tidak terlalu rumit.

Jangan lupa sertakan rencana pemasaran yang baik. Lakukan survei potensi pasar pada pengusaha kuliner di sekitarmu. Kamu bisa melakukan inovasi dengan mengemas daging ayam dengan lebih baik atau menjanjikan proses yang halal.

Bisnismu boleh dijalankan di pedesaan namun mekanismenya harus modern agar tak kalah saing. Kamu juga bisa menggunakan media online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan teknologi saat ini, kamu bisa meraih pembeli lebih banyak asal kreatif.

Sebaiknya, pilih forum bisnis atau wisrausaha untuk mempromosikan usahamu secara online. Di sana lebih banyak orang yang membutuhkan produkmu dalam skala besar. Sementara marketplace kebanyakan penggunanya adalah end user yang mencari barang untuk konsumsi pribadi.

3. Usaha Penunjang Pariwisata

Kalau desamu memiliki potensi wisata yang baik, maka membuka bisnis di pedesaan berupa fasilitas penunjang pariwisata bisa menjadi pilihan. Agar bisa menjalankan peluang usaha ini, kamu harus mampu mengenali kebutuhan wisatawan yang datang ke desamu.

Ada beragam pilihan usaha yang bisa kamu lakukan. Mulai dari hal ringan seperti penyewaan tikar, membuka warung kopi, penyewaan transportasi, hingga membuka losmen untuk penginapan, dan menjadi tour guide. Jika tak punya dana lebih untuk membangun penginapan, kamu bisa mulai dengan menyewakan ruangan di rumahmu.

Apalagi jika kamu punya lahan atau rumah yang ada di lokasi strategis dan menarik. Setidaknya cukup lakukan sedikit renovasi misalnya pasa interior ruangan agar lebih sesuai dengan wisata di sekitar. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan kamar yang disediakan pada berbagai aplikasi.

Kini banyak wisatawan yang tak sekedar ingin merasakan kenyamanan hotel belaka. Mereka juga ingin merasakan sensasi menjadi warga lokal yang tentunya bisa menjadi peluang bisnismu. Yang pasti, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika hendak membuka usaha penunjang pariwisata, yaitu:

Pertama: Dalambisnis pariwisata, bersikap baik dalam melayani merupakan hal utama. Kesan pertama yang kamu berikan jadi sangat penting. Karena kamu akan sering bertemu dengan orang-orang yang baru pertama kali berkunjung ke desamu. Mereka bisa dibuat terkesan atau malah kapok dengan cara kamu bersikap.

Kedua: Memiliki pengetahuan yang baik mengenai potensi wisata di daerahmu juga merupakan modal penting. Sebisa mungkin kamu punya solusi untuk setiap pertanyaan dari wisatawan mengenai desamu. Siapa tahu kamu juga bisa mendapat penghasilan lebih dengan menjadi pemandu wisata.

Ketiga: Jaga selalu kualitas produk dan layanan yang kamu berikan. Jangan karena merasa produk atau jasamu dibutuhkan oleh para wisatawan, maka kualitas produk tidak dijaga. Lagipula, kualitas layanan yang baik berpotensi membuat wisatawan memberikan bayaran lebih berupa uang tips.

Keempat: Hindari mematok harga terlalu tinggi di luar batas kewajaran. Selain membuat pelanggan kapok, hal ini juga bisa menyebabkan nama baik bisnis menjadi buruk dan kesulitan untuk maju.

Tiga jenis bisnis di pedesaan tersebut merupakan yang paling berpeluang saat ini. Namun tidak menutup kemungkina ada jenis bisnis lainnya yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba melihat potensi desamu untuk tahu bisnis apa yang sesuai untuk dilakukan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait