Berita

10 Langkah Persiapan Ramadan Agar Puasa Lebih Berkenan

persiapan ramadan

Ajaib.co.id – Bulan Ramadan bagi umat muslim adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah dan dipercaya sebagai bulan penuh berkah. Di bulan inilah seluruh umat muslim menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, sebelum menyambutnya kita harus merencanakan persiapan Ramadan dengan baik.

Menjelang Ramadan, biasanya orang mulai sibuk berbondong-bondong membeli kebutuhan makanan untuk persiapan puasa selama satu bulan. Padahal puasa tidak hanya tentang makanan saja, melainkan bagaimana kamu mempersiapkan diri agar bisa beribadah lebih tenang saat Ramadan tiba nanti.

Menyiapkan hati dan pikiran untuk menjadi pribadi yang lebih baik di hadapan Sang Pencipta jauh lebih penting daripada mempersiapkan makan untuk sahur dan buka puasa.

Memang tidak mudah untuk menjalankan puasa, dan perubahan tersebut tidak dapat terjadi hanya dalam satu malam. Namun, dalam persiapan Ramadan hendaknya kamu membiasakan diri terlebih dahulu untuk mencapai spiritualitas yang maksimal.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

Ada beberapa cara dalam melakukan persiapan Ramadan. Namun, dalam memperbaiki kualitas spiritual pribadi baiknya dilakukan kapan saja bahkan jauh sebelum bulan suci tiba. Memang puasa masih jauh, tetapi tidak salahnya jika lebih dulu melakukan beberapa persiapan menyambut bulan Ramadan.

1.    Persiapkan Imanmu

Mempersiapkan iman jadi langkah dasar dalam menyambut bulan puasa. Sebabnya puasa bukan hanya soal menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, melainkan sebagai upaya untuk lebih dekat dengan Yang Maha Esa. Caranya sederhana, dengan tidak meninggalkan salat, selalu mengucap syukur, dan tidak membicarakan orang.

2.    Bertaubat

Persiapan Ramadan selanjutnya yakni dengan pertobatan. Puasa sejatinya bukan tentang mencari pahala atau memperoleh berkah, tetapi jadikan puasa sebagai bentuk kamu ingin bertaubat atas segala dosa dan kesalahan, baik yang disengaja maupun tak disengaja.

3.    Fisik dan Jasmani Harus Terjaga

Menjalani puasa membutuhkan kondisi fisik dan jasmani yang sehat. Puasamu tidak akan maksimal jika dalam keadaan sakit. Maka dari itu, mulailah hidup sehat dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, begadang, konsumsi makanan tidak sehat.

Rutin berolahraga akan membuat tubuhmu tetap prima. Jangan lupa sebagai pelengkap konsumsi juga multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

4.    Perdalam Pengetahuan tentang Agama

Persiapan bulan Ramadan seharusnya dibarengi dengan memperdalam pengetahuan dan ilmu agama. Kamu bisa mempelajari bagaimana tata cara yang benar, apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak boleh selama bulan puasa. Dengan begitu puasamu akan lebih bermanfaat daripada hanya menahan lapar dan haus.

5.    Bersihkan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Pastinya kamu sering mendengar pepatah yang mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Ya, memang itu ada benarnya. Kebersihan sangat penting untuk membantu dirimu merasa lebih tenang.

Maka dari itu, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar supaya menjaga mental dan jiwamu tetap sehat. Jika lingkunganmu bersih, ibadahmu pun akan terasa lebih nyaman.

6.    Persiapkan Mental dan Jiwa

Menyambut Ramadan harus disertai dengan ketulusan hati dan jiwa yang bersuka cita. Ada baiknya persiapan bulan Ramadan digunakan untuk merenungkan apa yang sudah terjadi dalam hidup dan bertobat di sela-sela waktu luang kamu.

Menjalani puasa selama satu bulan penuh tentu tidaklah mudah. Sebab tujuan dari berpuasa adalah untuk Sang Pencipta, bukan untuk ajang pamer siapa yang puasanya penuh atau berlomba-lomba mencari pahala.

Justru puasa adalah waktu dimana kita datang kepada Yang Maha Pengasih. Oleh karena itu, jiwa dan mental harus betul-betul dipersiapkan dengan penuh iman, ketulusan, dan ikhlas dalam menjalaninya. Kita harus bisa mengubah pola pikir bahwa berpuasa itu merupakan suatu kebutuhan, bukan sebagai kewajiban semata di bulan Ramadan.

7.    Jangan Lupakan Amal

Persiapan menyambut bulan Ramadan juga harus dibarengi dengan menyiapkan juga materi. Tujuan tak lain adalah untuk beramal dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Selain itu, bulan puasa juga bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran dalam mengelola keuangan dan hidup lebih hemat.

Bukan soal makannya, tapi bagaimana materi itu bisa kamu gunakan sebaik-baiknya selama berpuasa. Harga-harga yang melonjak sudah pasti terjadi setiap bulan Ramadan, dan itu tak bisa dihindari.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Ramadhan adalah bulan penuh berkah, namun berkah itu bisa didapat jika puasa yang dijalankan hanya fokus antara kamu dan Tuhan. Termasuk soal beramal atau memberi kepada sesama.

Lakukan itu tanpa ada orang lain yang mengetahuinya, tetapi hanya Tuhan saja yang mengetahui perbuatanmu.

8.    Periksa Kondisi Kesehatan

Bagi kamu yang memiliki suatu kondisi medis tertentu, seperti diabetes, tekanan darah, jantung, atau penyakit lainnya, agar lebih dulu memeriksakan diri ke dokter sebelum memutuskan berpuasa.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kamu cukup sehat atau tidak saat menjalani puasa nanti. Jika kamu mengabaikan kondisi kesehatanmu, tentu puasamu akan tidak maksimal.

9.    Mantapkan Niat dan Tujuan Ramadan

Persiapan Ramadan berikutnya yakni menetapkan apa niat dan tujuanmu. Berpuasa tanpa tujuan sama seperti nasi tanpa sayur alias hambar, puasamu pun tidak akan bermakna. Coba tentukan tujuan dalam benakmu apa yang ingin dicapai saat bulan Ramadan dan mantapkan niat tersebut.

Bulan puasa merupakan saat yang tepat untuk mendekatkan diri dan fokus kepada Allah, sehingga imanmu akan semakin kuat.

10. Belajar untuk Menahan Diri

Persiapan menyambut bulan Ramadan tidak hanya sekedar perayaan semata, melainkan bagaimana cara kamu mempersiapkan diri terutama batinmu. Berbuat baik itu harus karena pada dasarnya semua orang diajarkan untuk melakukan hal yang baik.

Namun, saat bulan puasa jadi kesempatan kamu belajar menahan diri untuk tidak melakukan kebiasaan buruk lagi serta belajar mengelola emosi. Dengan begitu, secara perlahan pribadimu akan semakin baik.

Artikel Terkait