WSBP Saham Murah Meriah, Tertarik Buy?

WSBP Saham Murah Meriah, Tertarik?

WSBP saham menjadi salah satu yang dijual murah di Indonesia. Kisaran harga per lembarnya di bawah Rp400 atau lebih tepatnya Rp332. WSBP saham dikeluarkan oleh PT Waskita Beton Precast Tbk, anak perusahaan PT Waskita Karya.

Didirikan pertama kali pada tanggal 7 Oktober 2014, PT Waskita Beton Precast Tbk bergerak di bidang industri konstruksi, pabrikasi, perdagangan, argoindustri, jasa keagenan, dan masih banyak lagi. Saham perdana mulai dikeluarkan untuk publik pada tanggal 8 September 2016. Jadi bisa dibilang perusahaan ini terbilang masih muda, tapi cukup cepat mendapatkan izin go public dari Pemerintah Indonesia dalam kurun waktu dua tahun saja.

WSBP Saham Cenderung Melorot

Harga WSBP saham ketika pertama kali Initial Public Offering (IPO) adalah Rp490. Harga saham ini tidak jauh berbeda ketika pertama kalinya induk perusahaan mereka PT Waskita Karya IPO di tahun 2007. Namun, harga saham mengalami penurunan di tanggal 6 September 2019 mencapai Rp332.

Harga terakhir ini merupakan harga terendah yang pernah dimiliki WSBP saham sejak ditawarkan kepada publik tahun 2016 lalu. Tidak diketahui secara pasti mengapa saham terus menurun. Diperkirakan banyak faktor eksternal maupun internal yang memengaruhinya penurunan harga sahamnya.

Padahal di pertengahan tahun 2019 ini, WSBP saham sempat mengalami kenaikan hingga 11% karena adanya produk baru yang mereka keluarkan. Produk tersebut diminati oleh para klien sehingga menambah nilai jual mereka.

Sebenarnya WSBP masih terus dapat naik mengingat PT Waskita Beton Precast Tbk di awal tahun 2019 mengantongi kontrak-kontrak baru yang transaksinya mencapai Rp3,04 triliun. Jumlah pendapatan ini lebih besar dibanding tahun kemarin yang mencapai Rp2,97 triliun.

Aksi Penyelamatan WSBP

Untuk menyelamatkan posisi WSBP, Direktur WSBP Antonius Yulianto Tyas Nugroho kemudian mengambil langkah menjual WSBP saham hingga nyaris habis tak bersisa. Jumlah saham yang terjual dicatat sekitar 1.581.000 saham. Transaksi jual WSBP saham dengan harga yang relatif murah tersebut menghasilkan uang sebesar Rp500,05 juta.

PT Waskita Beton Precast Tbk sudah menentukan target laba bersih sekitar Rp1,3 triliun tahun ini. Jumlahnya lebih besar dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp1,01 triliun. Pasarnya pun diperluas hingga area eksternal pembangunan tol untuk mengurangi beban margin perusahaan.

WSBP saham pada awalnya ditargetkan dapat menembus angka Rp800 per lembar, bahkan jika memungkinkan mencapai Rp1.000. Namun, melihat jumlah harga saham per lembarnya untuk saat ini, hal tersebut masih sulit diprediksi apakah akan terjadi atau tidak.

Untuk menjadi investor WSBP saham sebaiknya kamu pikirkan matang-matang kembali keuntungan dan kerugian apa yang akan kamu dapatkan. Mengambil risiko itu baik, tapi kamu perlu mengingat kembali alasan membeli saham yang kamu inginkan adalah dapat membawa keuntungan bagimu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait