Teknologi

Tips Buat Password yang Benar Agar Tak Jadi Target Kejahatan

Tips Buat Password yang Benar

Ajaib.co.id – Bagi kebanyakan orang yang ada di luar sana seringkali menganggap bahwa membuat password adalah gampang-gampang sulit. Namun hal tersebut tidak akan mungkin terjadi bila kamu sudah mengetahui tips buat password yang benar yang telah redaksi Ajaib rangkum berikut ini.

Password adalah kode rahasia yang seharusnya hanya boleh diketahui oleh kamu saja sebagai pembuatnya, bila kamu ingin mengakses suatu sistem yang terkunci.

Di era digitalisasi seperti saat ini, hampir semua layanan yang kamu akses secara online pasti membutuhkan kode keamanan atau password untuk melindungi informasi data-data pribadimu saat kamu membuka akun di aplikasi tersebut.

Kode keamanan ini memang sangat diperlukan untuk melindungi informasi data-data pribadi pengguna misalnya nomor kartu kredit, NIK, nomor telepon, dll.

Apalagi jika kamu sedang mengakses layanan transaksi keuangan, hal ini perlu benar-benar kamu perhatikan saat memasukkan password ke platform mereka, jangan sampai kamu salah memasukkan password tersebut.

Bila hal ini terjadi akun yang kamu miliki bisa saja diblokir oleh penyedia layanan tersebut.

Contohnya, saat kamu mengakses akun KlikBCA milikmu di mana kamu hanya diberikan kesempatan untuk menggulang kode sandi yang salah hanya maksimal 3 kali saja. Jika lebih dari itu akunmu tersebut akan diblokir oleh pihak Bank BCA.

Untuk mengaktifkan kembali fitur KlikBCA, kamu bisa mengurusnya melalui call center BCA. 

Selain bisa terblokir, kamu bisa mengalami peretasan akunmu bila kode sandi yang kamu daftarkan diketahui oleh orang lain.

Oleh karenanya, untuk menghindari tindakan kejahatan cyber yang seringkali mencuri kode sandi akunmu untuk mengambil data-data pribadi yang ada di dalamnya, kamu bisa mengganti kode sandi yang didaftarkan dengan mengetahuinya melalui tips buat password yang benar berikut ini beserta contoh kasusnya:

Cara Membuat Password Email

Sebagai pengguna ponsel pintar berbasis Android, tentunya kamu tidak asing lagi dengan layanan email milik Google yakni Gmail. Di mana, kamu wajib memiliki akun Gmail bila ingin mengunduh berbagai aplikasi yang terdapat di Google Play Store.

Kamu bisa membuat kata sandi Gmail dengan kode password unik dengan tips berikut ini:

·        Usahakanlah membuat password Gmail sepanjang mungkin.

·        Buat password yang terdiri dari banyaknya kombinasi seperti huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol.

Intinya, kamu bisa membuat kata sandi atau kombinasi password yang benar-benar sulit ditebak. Jangan gunakan password yang mudah ditebak, seperti menggunakan kata sandi dari tanggal lahirmu.

Selain itu, kamu jangan lupa secara rutin untuk selalu memperbarui kata kunci Gmail milikmu untuk mengurangi risiko peretasan. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang telah mendukung pendaftaran akun lewat Gmail yang sudah dimiliki sebelumnya.

Tips buat password Gmail yang benar ini sangat berguna sekali bagi kamu saat ingin membuka akun baru maupun memperbaruhinya.

Contoh Password Unik dan Lemah

Walaupun kamu bebas memilih untuk mendaftarkan password yang diinginkan, kamu harus tetap mewaspadai adanya risiko peretasan data-data pribadi. Mungkin kamu sudah tahu bahwa umumnya password minimal berjumlah 8 karakter, bahkan lebih.

Sebelum redaksi Ajaib menjelaskan tentang contoh password atau sandi yang kuat, umumnya pengguna Internet seringkali mendaftarkan kode sandi yang tergolong lemah sebagai berikut:

·        88715860: Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat membuat password adalah memasukkan kata sandi yang terdiri dari angka-angka yang berasal dari nomor telepon yang dianggap mudah untuk diingat.

·        Maret121995: Membuat kata sandi yang berasal dari tanggal ulang tahunmu.

Bahkan dilansir dari KeeperSecurity.com, setidaknya ada 10 password terburuk pada 2017 di antaranya:

1.     123456.

2.     123456789.

3.     Qwerty.

4.     12345678.

5.     1111116.

6.     1234567890.

7.     1234567.

8.     Password.

9.     123123.

10. 98654321.

Kesepuluh password ini merupakan contoh kata sandi terburuk pada 2017.

Hal ini bisa menjadi gambaran bahwa masih banyak orang yang ada di luar sana tidak begitu peka dengan pentingnya membuat password yang kuat dan unik sebagai proteksi keamanan data pribadi saat mengakses suatu sistem yang terkunci.

Lalu, bagaimana dengan contoh dan cara membuat password yang kuat dan unik bagi pengguna? Berikut contohnya:

·        [email protected]+tA15.

·        [email protected]+90.

·        [email protected]$48.

Password di atas memiliki unsur-unsur pembuatan kata sandi yang unik, yaitu terdapat huruf besar, angka, huruf kecil, dll. Ketiga password ini hanya sebagai contoh saja, di mana kamu bisa membuat password unik lainnya sesuai dengan kreasimu sendiri.

Tetapi, kamu perlu untuk mengetahui terlebih dahulu syarat atau format dari password yang bisa kamu buat di aplikasi maupun website bersangkutan.

Karena ada beberapa aplikasi maupun website yang tidak mengizinkan bagi pengguna yang ingin menggunakan spesial karakter saat pembuatan password tersebut.

Bila kamu menggunakan web browser layaknya Internet Explorer dan Google Chrome, password yang tersimpan tidak dienskripsi di komputer kamu. Sehingga, orang lain mudah untuk mengakses file kata sandi dan melihatnya.

Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengenkripsi hard drive.

Berbeda halnya, bila kamu menggunakan Mozilla Firefox, di mana kamu bisa menggunakan fitur “Master Password” untuk kata sandi yang disimpan ke dalam bentuk terenkripsi di komputer milikmu.

Untuk mempermudah pengaturan password milikmu, kamu bisa menggunakan beberapa platform manajemen password di antaranya; Dashlane, LastPass, dan KeePass.

Tetapi, hal yang pasti untuk menghindari peretasan data pribadi lewat pembobolan kata sandi milikmu, kamu bisa memastikan bahwa password yang dibuat benar-benar acak dan tidak berurutan seperti contoh menggunakan password unik yang telah redaksi Ajaib jelaskan di atas.

Demikianlah tips buat password yang benar untuk mengamankan data-data pribadimu saat bertransaksi di jaringan internet.

Selain memiliki kombinasi karakter password yang banyak, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan VPN untuk mencegah data-datamu bisa diakses oleh orang lain, dan hindari untuk membuka situs-situs yang tidak aman (unsecured) misalnya perjudian.

Artikel Terkait