Syarat Lengkap Jadi Pengemudi Grab Mobil

pengemudi grab mobil
pengemudi grab mobil

Menjadi pengemudi grab mobil adalah pekerjaan yang sedang populer saat ini. Banyaknya permintaan atas transportasi online ini membuat kebutuhan pengemudi grab mobil meningkat pesat. Mulai dari kaum milenial hingga orang dewasa memiliki kesempatan untuk menjadi pengemudi grab mobil.

Untuk bergabung menjadi pengemudi grab mobil pun tidak sulit. Sebelum membahas cara dan syarat bergabung menjadi pengemudi grab, ada baiknya kita bahas tren transportasi online di Indonesia terlebih dahulu.

Tren Transportasi Online di Indonesia

Industri transportasi online makin menjadi tren dan marak digunakan seiring perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam bertransportasi. Perubahan tersebut dipicu dengan terpenuhinya kebutuhan akan transportasi melalui aplikasi online sejak 2015, termasuk dengan hadirnya Grab di Indonesia pada sekitar tahun 2017.

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2019, sektor ini adalah kontributor terbesar kedua dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Berdasarkan hasil riset oleh Spire Research and Consulting, salah satu perusahaan riset terkemuka global yang berpusat di Jepang, 61% responden menyebutkan bahwa Grab merupakan aplikasi transportasi online yang digunakan dalam 3 bulan terakhir.

Riset juga menyatakan bahwa Grab dinilai memiliki kekuatan dalam menetapkan harga dan promosi dibandingkan pesaingnya.

Dapat dilihat dari data tersebut bahwa permintaan kebutuhan akan transportasi online terlebih grab mobil semakin meningkat. Hal ini bisa menjadi kesempatan para milenial untuk mencari pendapatan. Dengan banyaknya kesempatan untuk menjadi pengemudi grab mobil, peluang tenaga dari kaum milenial untuk diterima juga semakin besar. Pekerjaan ini juga cocok dengan gaya hidup kaum milenial yang suka dengan pekerjaan yang tidak mengikat. Berikut beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika menjadi driver grab mobil:

Waktu Bekerja Fleksibel

Dengan menjadi driver grab mobil, kamu bisa bekerja di waktu yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih jam kerja sesuai dengan kebutuhan.

Terjamin

Perusahaan besar seperti Grab pastinya sudah mempersiapkan perlindungan untuk para mitranya, termasuk pengemudi grab mobil. Di samping asuransi all-risk yang disiapkan oleh driver grab mobil, Grab juga memberikan asuransi kecelakaan hingga batas yang ditentukan sesuai dalam polis asuransi yang berlaku.

Proses Pencarian Kerja Singkat

Proses pencarian kerja di era ini sangat rumit dan harus melalui banyak langkah, mulai dari pemberkasan, seleksi, wawancara, tes kesehatan, dan lainnya. Hal ini sangat menyita waktu. Lain halnya jika kamu mendaftar menjadi driver grab mobil. Hanya dengan dua langkah dan bisa dilakukan secara online dalam satu hari, kamu langsung mendapatkan pekerjaan.

Penghasilan Meningkat

Tentu saja, inilah tujuan dari mendaftar menjadi driver grab mobil. Kamu memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan hingga belasan juta per bulan.

Selain keuntungan yang bisa kamu dapatkan di atas, pekerjaan sebagai driver grab mobil juga tidak sulit. Berikut langkah-langkah pekerjaan sebagai driver grab mobil:

  • Mulai. Buka aplikasi Grab untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Terima Pekerjaan. Terima pekerjaan untuk mendapatkan informasi penumpang yang akan dijemput.
  • Jemput. Navigasi menggunakan sistem GPS memberikan informasi lengkap di mana penumpang harus dijemput.
  • Selesai. Klik ‘Drop Off’ setelah kamu tiba di tujuan dan penumpang turun. Dengan ini kamu bisa mengoleksi biaya perjalanan.

Sangat mudah, bukan? Sebelum mendaftar menjadi driver grab mobil, ada beberapa ketentuan kendaraan dan ponsel yang harus kamu miliki. Berikut penjelasannya:

Ketentuan Kendaraan

  • Kendaraan tahun 2012 ke atas.
  • Mobil tipe MPV yang dapat digunakan: Avanza, Xenia, Ertiga, APV, Evalia, Luxio, Mobilio, Innova, Panther, Grand Livina, Freed, Spin. Sienta, Cayla, dan Sigra.
  • Mobil tipe SUV yang dapat digunakan: C-RV, B-RV,H-RV Terios, Rush, dan Ford Ecosport.
  • Mobil sedan yang dapat digunakan: Civic dan Vios.
  • Mobil hatchbackyang dapat digunakan: Toyota Yaris, Honda Jazz, Swift, Ford Fiesta, Mazda 2, Etios Valco, Nissan March, Honda Brio, Hyundai, Avega, dan Mirage.

Ketentuan Ponsel:

  • Ponsel yang digunakan harus berbasis Android dengan memori 16GB dan sekurang-kurangnya mempunyai RAM 1 GB.
  • Tidak bisa menggunakan ponsel CDMA.

Kemudian, cara mendaftar sebagai pengemudi grab mobil tidak sulit dan dapat dilakukan secara online. Berikut langkahnya:

  • Kunjungi situs pendaftaran online di http://grb.to/daftar
  • Siapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan dan unggah data tersebut ke situs pendaftaran.

Setelah mengetahui keuntungan menjadi pengemudi grab mobil, cara bekerja sebagai pengemudi grab mobil, ketentuan mobil dan ponsel yang harus dimiliki sebelum mendaftar menjadi pengemudi grab mobil, serta cara mendaftar sebagai pengemudi grab mobil secara online, sekarang kamu tinggal melengkapi syarat yang dibutuhkan untuk benar-benar menjadi pengemudi grab mobil.

Syarat yang dibutuhkan tidak sulit, rinciannya sebagai berikut:

  • Pengemudi sudah lolos Uji KIR
  • Kepemilikan mobil dibuktikan dengan STNK Asli
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki SIM A atau SIM B
  • Menyiapkan SKCK asli dan foto copy yang telah dilegalisir
  • Umur kendaraan maksimal 5 tahun dari pembelian
  • Polis asuransi (bisa menyusul)

Mudah sekali bukan untuk menjadi pengemudi grab mobil? Bahkan kamu bisa mendaftar sekarang juga dan hanya dalam satu hari, lamaranmu akan langsung diproses oleh Grab. Proses yang cepat ini juga mengikuti gaya hidup kaum milenial yang ingin semua serba cepat. Kurang apalagi? Yuk daftar jadi pengemudi grab mobil dan tingkatkan pendapatanmu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait