Ajaib.co.id – Arti profit dan cara meningkatkan profit menjadi hal penting yang perlu diketahui agar bisnismu dapat berkembang sesuai harapan. Apalagi di pasar yang sangat dinamis dan penuh persaingan, kamu perlu lebih cermat dalam menetapkan target profit setiap periodenya.
Profit atau laba bersih adalah sesuatu yang menggambarkan manfaat finansial yang terbentuk saat pendapatan yang dihasilkan dari aktivitas bisnis lebih besar dibandingkan seluruh biaya dan pajak yang harus dikeluarkan.
Cara menghitung profit adalah dengan mencari selisih antara jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan dalam periode tertentu, dikurangi dengan HPP (harga pokok penjualan) dan seluruh biaya yang dikeluarkan dalam periode tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa nilai profit atau keuntungan bersih ini merupakan nominal yang esensial dalam sebuah bisnis. Jika perusahaan mampu menghasilkan profit yang besar dan terus meningkat dari waktu ke waktu, maka secara tidak langsung perusahaan tersebut sedang bertumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar di masa depan.
Setelah mengetahui arti profit dan cara menghitung profit, lantas bagaimana cara meningkatkan profit? Untuk meningkatkan profit dibutuhkan formulasi strategi yang jitu dan berkesinambungan. Tentu saja strategi ini akan berbeda untuk setiap bisnis.
Secara umum, kamu dapat mengikuti tips meningkatkan profit yang dibahas di bawah ini.
Analisis Margin Laba Kotor
Sebelum mendapatkan nilai profit atau laba bersih, kamu tentu perlu mengetahui berapa laba kotor dari usahamu. Kamu bisa menanyakannya kepada bagian akuntansi tentang rincian detailnya. Ketahui berapa margin atau selisih antara harga jual dengan HPP suatu produk.
Kamu dapat mulai melakukan analisis dari angka laba kotor ini. Cermati masing-masing produk. Produk mana yang menghasilkan laba kotor lebih tinggi dan yang mana yang lebih rendah, bahkan mungkin ada produk yang dijual tanpa margin.
Untuk bahan analisis, kamu juga bisa membandingkan harga jual produkmu dengan kompetitor. Ini penting karena ada kemungkinan kamu perlu untuk menaikkan harga jual sebagai salah satu cara meningkatkan profit.
Meningkatkan Penjualan
Cara meningkatkan penjualan ada beberapa teknik. Kamu dapat menyesuaikannya dengan bisnismu sendiri. Meningkatkan penjualan bisa dengan program promosi loyalty point, bundling produk, diskon, hadiah langsung, dan lain sebagainya.
Meningkatkan penjualan bukan hanya meningkatkan volume produk yang dijual, namun penting untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan transaksi mereka. Oleh karena itu, tim penjualan perlu terus memperluas dan memperdalam jangkauan pemasaran.
Pelayanan Prima
Cara meningkatkan profit selanjutnya adalah dengan memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan. Baik itu pelanggan lama, pelanggan baru, maupun calon pelanggan. Berikan pengalaman berbelanja yang memuaskan kepada setiap orang yang masuk ke toko, walaupun misalnya bentuk tokomu adalah toko online.
Pengalaman yang baik bagi pelanggan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terbentuk. Setelah pelanggan menjadi loyal, mereka tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan produk atau layananmu kepada teman-temannya. Apalagi di era media sosial seperti saat ini. Merupakan keuntungan yang besar jika para pelanggan mau secara sukarela memberikan ulasan positif di media sosial.
Tambah Varian Produk
Menambah varian produk dapat dijadikan salah satu cara meningkatkan profit. Apalagi jika produkmu sebelumnya merupakan pelopor di kategorinya, tentu produk barumu akan disambut baik. Kepercayaan pelanggan ini perlu terus dipupuk dan dipelihara.
Menambah varian produk juga dapat menjadi usaha memberikan alternatif kepada pelanggan yang sebelumnya kurang cocok dengan produkmu. Selain itu, kamu juga dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas dengan varian produk baru tersebut.
Hindari Persaingan Tidak Sehat
Persaingan tidak sehat dan aksi saling menjegal antar para pengusaha tidak pernah direkomendasikan sebelumnya. Apalagi di era keterbukaan informasi seperti saat ini, setiap orang dapat dengan mudah menemukan fakta-fakta yang ingin diketahuinya. Sangat berisiko jika kita melakukan praktik-praktik persaingan tidak sehat. Hal ini dikarenakan publik dapat menilai sendiri citra masing-masing perusahaan.
Salah satu persaingan tidak sehat adalah perang harga dengan tujuan mematikan bisnis kompetitor. Selain itu, perlu dihindari juga praktik-praktik kolusi, nepotisme, dan suap-menyuap dalam berbisnis.
Analisis Biaya
Salah satu cara meningkatkan profit yang merupakan kunci keberhasilan adalah dengan melakukan analisis biaya. Margin atau laba kotor sebesar apapun pada akhirnya selalu akan kurang jika terjadi kebocoran dana di sana-sini.
Sebaiknya setiap pengusaha melakukan analisis secara berkala terhadap biaya-biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Jangan-jangan masih ada biaya-biaya yang sebenarnya dapat dihilangkan tanpa memengaruhi operasional perusahaan.
Waspada Fraud
Fraud atau tindak penipuan maupun penggelapan kerap kali menimpa sebuah bisnis. Bahkan, tidak jarang pelakunya adalah orang-orang kepercayaan pemilik usaha. Curiga berlebihan memang tidak disarankan, namun tetap waspada merupakan suatu keharusan.
Jangan menunggu terjadi fraud baru berpikir tentang mengubah sistem yang aman. Lakukanlah perbaikan sedini mungkin jika ada celah yang memungkinkan terjadinya penipuan atau penggelapan dana perusahaan.
Susunlah SOP yang ketat berdasarkan sistem yang terukur agar setiap pihak yang terkait terlindungi dari potensi yang merugikan. Baik itu karyawan, pemasok, distributor, dan pihak-pihak lainnya yang berurusan dengan perusahaan.
Apalah arti profit tinggi jika tidak dikelola dengan baik. Seperti kita tahu, dunia bisnis sangat dinamis. Jika saat ini perusahaan dapat meraup laba bersih yang besar, belum tentu bulan depan atau tahun depan bisa mendapatkan kejayaan yang setara.
Cara meningkatkan profit perlu dilakukan secara konsisten dan dievaluasi secara berkala. Jangan ragu untuk membongkar pasang strategi sampai menemukan formula yang cocok dan tepat untuk bisnis masing-masing.