Ajaib.co.id – Kisah inspiratif pengusaha muda sukses Indonesia ini bisa kamu jadikan pecutan untuk menyemangatimu di kala mengalami kegagalan. Para pengusaha muda ini membangun bisnisnya sendiri dari nol.
Mengalami berbagai macam kegagalan yang akhirnya membawa mereka pada kesuksesan. Salah satu kuncinya adalah mereka tidak pernah menyerah ketika mengalami kegagalan. Inilah kisah inspiratif mereka yang bisa menjadi pelajaran untukmu:
1. Rudy Salim
Rudy Salim dikenal sebagai pengusaha showroom mobil mewah yang sukses di umurnya masih 33 tahun. Ia sudah melakukan bisnis dari umur 19 tahun. Banyak yang menyangka ia adalah saudara dari pemilik Indofood, Salim Group. Padahal ia sama sekali tidak ada hubungannya dengan mereka, hanya nama yang sama.
Rudy lahir bukan dari keluarga pengusaha. Kedua orangtuanya adalah dokter, dan ia dituntut menjadi dokter hingga akhirnya sekolah di jurusan kedokteran. Namun, ia merasa dokter bukanlah panggilan jiwanya, sehingga ia nekat keluar dari sekolah. Dengan mobil yang diberikan oleh orangtuanya, ia membuka usaha pertama kredit online di tahun 2011.
Rudy pernah gagal hingga mengalami kerugian sampai ratusan juta di bisnisnya itu. Namun, ia tidak menyerah. Ia membenaarkan sistem bisnisnya hingga lebih rapi dari sebelumnya. Dan akhirnya meraih omzet hingga Rp1 miliar dalam sebulan.
2. Ali Muharam
Ali Muharam memiliki kisah inspiratif yang mengharukan. Ia terlahir bukan dari keluarga kaya, tapi hal itu membuatnya bekerja lebih keras. Tahun 2005, ia nekat ke Jakarta dengan niat untuk menjadi orang sukses. Namun, menjadi sukses itu tidak mudah. Ia pun melakukan pekerjaan apa saja yang halal seperti menjadi pencuci piring di warteg, sampai menjadi penulis lepas skenario. Ia tidak kuliah karena tidak memiliki uang yang banyak, hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.
Sampai Ali kemudian meminjam uang pada temannya untuk membuka usaha makaroni pertama kali di Kebon Jeruk. Namanya pun unik, dinamai dengan Makaroni Ngehe. Awalnya ia memasak sendiri bumbu makaroni yang didapat dari mendiang ibunya.
Berkat kerja kerasnya, ia berhasil membangun bisnis itu hingga memiliki cabang di mana-mana. Tidak hanya di Jakarta, cabang dari bisnisnya ini sudah sampai ke luar kora.
3. Reza Nurhilman
Kamu yang ingat kripik Maicih, apakah sudah tahu bahwa penggagasnya adalah Reza Nurhilman? Saat itu Maicih sering viral seiring dengan penggunaan media sosial Twitter yang masif di Indonesia. Ia memulai bisnis kripik laris manis ini di umur 23 tahun dengan cara yang beda, yaitu mempromosikannya hanya melalui online.
Penjualannya pun tidak melibatkan toko apa pun, hanya mengandalkan mobil pribadi yang hanya akan hadir di jam tertentu dan tempat tertentu. Ia memberikan pengumuman di Twitter, lalu pembeli pun akan berdatangan membeli produknya sampai habis. Cara ini berhasil dan bikin penasaran banyak orang.
Dengan modal awal Rp15 juta, Reza bekerja sama dengan produsen kripik yang dikenalnya untuk memproduksi Maicih dalam jumlah yang banyak. Saat itu ia berhasil meraih omzet hingga milyaran per bulannya.
4. Yasa Singgih
Yasa Singgih adalah pendiri Mens Republic, brand fashion lokal khusus pria asli Indonesia yang terkenal. Sebelum sukses dengan usaha ini, ia sudah mengawali usahanya di umur 15 tahun, ketika ayahnya mengalami serangan jantung. Ia pun memutar otak untuk bisa menghasilkan uang sendiri dengan menjadi MC, hingga akhirnya membuka usaha.
Usaha awalnya adalah menjadi distributor kaos dari Tanah Abang. Usaha ini cukup sukses hingga mendatangkan omzet yang lumayan untuknya. Lalu, ia mencoba membuka usaha gerai minuman, tapi gagal dan membuatnya kehilangan banyak uang hingga ratusan juta. Hanya saja, ia tidak kapok dan tidak menyerah. Ia mencoba membuka usaha sepatu kecil-kecilan.
Siapa yang menyangka usaha itu sukses hingga menjadi awal mula berdirinya Mens Republic. Sukses dengan usahanya ini, Yasa melebarkan sayap bisnisnya di bidang properti.
5. Rex Marindo
Rex Marindo merupakan pengusaha dibalik kesuksesan Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan yang sangat terkenal itu. Ia sendiri sudah malang melintang sejak lama di dunia bisnis percetakan dan desain di tahun 2003. Lalu, akhirnya nekat banting setir ke bisnis kuliner yang pertama kali dibuka di Bandung.
Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan berhasil dikembangkan konsep dan promosinya hingga cabangnya ada di mana-mana. Tidak hanya para anak muda, keluarga pun ada yang beramai-ramai berkunjung ke restoran sederhana, tapi berkelas itu.
Plus strateginya menyajikan makanan lezat dan murah juga berhasil. Ia juga masih memiliki bisnis lain yang mendatangkan pundi-pundi untuknya. Melakukan diversifikasi bisnis adalah salah satu strategi bisnis yang membuatnya bertahan hingga sekarang.
6. James Prananto
Ia adalah salah satu sosok dibalik merek minuman kopi ternama Kopi Kenangan yang cabangnya sekarang ada 83 gerai di Indonesia. Ia mengawali bisnisnya di tahun 2017 bersama dengan Edward Tirnata dan Cythia Chaerunnisa. Mereka tahu orang Indonesia banyak yang gemar minum kopi, dan akhirnya mereka memiliki konsep kopi yang berbeda. Berkelas, tapi tidak juga mahal sehingga bisa dijangkau oleh orang-orang muda.
Selain itu, mereka mengembangkan bisnis dengan bantuan promosi di media sosial. Promosinya termasuk efektif karena berhasil membawa Kopi Kenangan menjadi besar seperti sekarang. Mendirikan bisnis minuman sekarang tidak mudah karena banyak saingannya. Namun, mereka berhasil mengarahkan strategi pemasaran yang tepat hingga Kopi Kenangan dikenal di mana-mana.
Seperti itulah kisah inspiratif para pengusaha muda sukses asal Indonesia. Intinya dalam menjalankan bisnis itu harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan memiliki konsep yang matang. Semoga suatu hari kamu yang ingin membuka bisnis bisa seperti mereka.