Milenial

Selena Gomez Rekrut Director of Social Impact, Apa Tugasnya?

Selena Gomez meluncurkan Rare Beauty
sumber gambar: pagesix.com

Ajaib.co.id – Semakin ke sini, semakin banyak public figure yang memanfaatkan popularitasnya untuk membuat brand sendiri yang produknya dijual ke masyarakat. Jika beberapa tahun lalu ada Victoria Beckham dengan brand pakaian dalam wanita yang dinamai Victoria Secret, kini ada aktris kelahiran Texas, Amerika Serikat, yaitu Selena Gomez yang ikut mengembangkan brandnya yang bernama Rare Beauty.

Dilansir dari CNBC.com, Rare Beauty merupakan brand make-up yang diciptakan oleh aktris yang bermain di serial televisi 13 Reasons Why pada musim panas  tahun ini, tepatnya bulan September. Dalam sebuah iklan lowongan kerja yang pertama kali diunggah oleh brand tersebut di Linkedin mengatakan sedang mencari seseorang yang memiliki jabatan Director of Social Impact yang bertugas memimpin dan mengembangkan program social impact Rare Beauty.

Selain itu, sebagai salah satu public figure yang tingkat kesadaran akan kesehatan mental dan keberagaman tinggi, Selena Gomez meminta calon Director of Social Impact untuk ‘merayakan’ dan membawa Rare Beauty untuk lebih menghargai keunikan di media sosial serta mendorong dan memotivasi generasi milenial untuk mengubah cara pandang dan mencintai diri mereka sendiri apa adanya.

Sebagai salah satu aktris yang juga pernah mengaku dan terbuka bagaimana dirinya berjuang untuk mengatasi gangguan kesehatan mental di masa lalu, Selena Gomez sempat bernyanyi yang membawa tema depresi dan kecemasan dalam duet dengan penyanyi kondang lainnya Julia Michaels pada 2019 lalu. Wanita berusia 28 tahun ini juga cukup peduli dengan teman-teman penyanyi yang lain, terbukti setelah Selena Gomez menjangkau Miley Cyrus yang didiagnosis mengalami gangguan Bipolar yang berpengaruh pada suasana hatinya.

Dalam wawancara dengan Insider, CEO Rare Beauty Scott Friedman mengatakan bahwa ketika pertama kali mendiskusikan proyek ini, Selena Gomez langsung mengungkapkan ingin memanfaatkannya untuk membantu dan memberikan wadah bagi masyarakat yang sedang berjuang menghadapi masalah serupa. Generasi Y dan Z yang masuk dalam generasi millennial yang terpengaruh media sosial berlomba memiliki gaya hidup serupa dengan apa yang ditampilkan di media.

Sebagai salah satu artis yang digemari generasi milenial, Selena Gomez cukup vokal dalam menyuarakan opininya terkait kesehatan mental. Pada suatu waktu, ia mengunggah postingan di Instagram yang membahas tentang mitos standar kecantikan yang menurutnya membuat kaum wanita menderita. Ia mengatakan dalam captionnya bahwa mitos kecantikan justru memberikan tekanan mental bagi kaum wanita sehingga membuat pilihan yang menyakiti kesehatan fisik mereka.

Ini sebabnya Rare Beauty akan merekrut Director of Social Impact untuk menjembatani percakapan seputar aspirasi Selena Gomez meliputi kecantikan, self-acceptance, dan kesehatan mental.

Friedman menambahkan lingkup pekerjaan Director of Social Impact tidak hanya di berada di seputar media sosial, tetapi juga benar-benar mengambil tindakan untuk mendukung kesadaran mental masyarakat. Posisi ini akan menjadi sangat penting bagi keberlanjutan Rare Beauty untuk menciptakan brand image yang yang bertanggung jawab, baik secara internal maupun eksternal sebaai jembatan hubungan dengan orang yang terkait baik konsumen mauppun pegawai.

Menghadirkan Keberagaman Positif di Dunia

Baik Friedman maupun Selena memiliki visi yang sama untuk menyatukan organisasi terkait, para filantropis, pembuat kebijakan, dan brand yang lain meningkatkan kesadaran dan dukungan untuk kesehatan mental, dan mendorong perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi. Selena juga mengatakan pada Insider bahwa gagasan utama dari objektif Rare Beauty adalah menciptakan keberagaman positif di seluruh dunia sehingga masalah kesehatan mental bukan lagi menjadi masalah yang diatasi dengan obat-obatan.

Mereka berdua sebagai pengambil keputusan di Rare Beauty selalu berencana untuk mencari sosok yang kredibel untuk memimpin objektif proyek ini. Satu-satunya yang dapat mereka lakukan adalah mempekerjakan orang terbaik yang benar-benar memahami dan memiliki visi yang sama terhadap isu kesehatan mental dan kecantikan. Sementara itu, diskusi tentang kesehatan mental terus meningkat terlebih ketika pandemi Covid-19 datang.

Friedman menambahkan bahwa tim Rare Beauty untuk saat ini tengah bekerja bersama untuk memastikan brand mereka menciptakan percakapan seputar kesehatan mental dan self acceptance selagi memberikan akses dan dukungan langsung bagi yang membutuhkan.

Selalu Ada Harapan untuk Tampil Beda

Friedman menambahkan bahwa masih ada stigma seputar kesehatan yang dibantu ditangani oleh perusahaannya. Banyak tantangan bagi tim untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi individu yang memiliki masalah kesehatan, salah satunya adalah banyak yang enggan membicarakan masalahnya secara terbuka hanya karena takut dianggap lemah.

Industri kecantikan menjadi salah satu yang paling banyak disorot dalam hal kesehatan mental dan self acceptance. Industri ini menawarkan harapan untuk tetap tampil cantik standar industri kecantikan setiap saat dan mengubah penampilan untuk meniru selebriti, model, hingga influencers. Misalnya, alih-alih menutupi freckless atau ketidaksempurnaan lainnya, make-up bisa dimanfaatkan membuatnya menjadi menonjol.

Diskusi seputar kecantikan alami dan kesehatan mental sudah mulai terbuka lebar, tetapi terhambat karena ekspektasi dan tekanan dari mitos kecantikan itu sendiri. Tujuan dari menyediakan wadah bagi konsumennya adalah agar mereka melihat perbedaan dan ketidaksempurnaan bukan sebagai kekurangan, tetapi sebagai sesuatu yang menjadikan mereka unik dan istimewa.

Mengingat topik dan tema kecantikan sangat dekat dengan Selena, ia akan sangat terlibat dalam proses perekrutan Director of Social Impact di Rare Beauty. Menurut Friedman, Selena Gomez adalah sosok yang selalu menempatkan tujuan sosial sebagai prioritas dalam hidup. Selain itu, dirinya juga bangga dan bersyukur bisa bekerja bersama kekasih Bill Murray tersebut untuk mencapai objektif perusahaan.

Dalam iklan lowongan pekerjaan di Linkedin, dikatakan bahwa calon Director of Social impact setidaknya harus memiliki pengalaman 8 tahun di lingkup isu sosial, sementara untuk latar belakang pekerjaan, setidaknya mereka yang bekerja berhubungan dengan kesehatan menjadi nilai tambah dalam proses perekrutan. Calon pegawai juga harus memiliki pengalaman bekerja dengan brand dan produk konsumen ternama.

Sebagai tambahan, calon Director of Social Impact akan bekerja di L.A County, California, Amerika Serikat untuk mengelola hubungan sehari-hari antara Rare Beauty dengan ahli masalah sosial, lembaga non-profit, yayasan, dan rekan kerja yang berkaitan. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar?

Artikel Terkait