Teknologi

Search Engine Marketing Adalah Penting dalam Bisnis di Era Digital

search-engine-marketing

Search Engine Marketing (SEM) merupakan hal penting dalam bisnis di era serba digital seperti saat ini. Penerapan SEM yang tepat dapat menambah pendapatan bisnis.

Tak hanya itu, implementasi SEM dapat membuat perusahaan selangkah di depan dan berpotensi memenangkan persaingan.

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi pemasaran online yang populer dan banyak digunakan oleh bisnis di luar sana. SEM adalah jenis strategi pemasaran digital yang berfokus untuk menempatkan perusahaan atau klien Anda di halaman pertama mesin pencari, jika bukan posisi pertama.

Kelebihan dari penerapan strategi pemasaran satu ini pada bisnis adalah setiap bisnis punya kesempatan untuk bisa bersaing dengan konten-konten lainnya di mesin pencarian.

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa itu Search Engine Marketing (SEM) dan strateginya. Kamu perlu tahu terlebih dahulu di mana strategi SEM ini akan diterapkan.

Ada beberapa mesin pencarian yang bisa pengguna gunakan saat melakukan pencarian suatu informasi ataupun produk di internet. Misalnya Google, Yandex, Bing, dll.

Dari mesin pencarian yang sudah redaksi Ajaib sebutkan di atas, Google adalah mesin pencarian paling populer yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Google adalah segmentasi pasar terbesar jika kamu mau menggunakan strategi SEM pada bisnismu. Di Google, mesin pencarian satu ini juga menawarkan layanan yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan SEM yakni melalui Google Ads. 

Dari penjelasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa Search Engine Marketing (SEM) efektif jika diterapkan di mesin-mesin pencarian yang punya visitor yang sangat banyak.

Perbedaan SEM dan Search Engine Optimization (SEO)

Ada satu istilah yang sering dikaitkan dengan SEM, yakni Search Engine Optimization (SEO). Baik SEO dan SEM adalah strategi dalam mengoptimalkan website pada mesin pencari. SEO dan SEM dapat mendukung suatu situs tampil di halaman pertama mesin pencari. Dengan kata lain, situs itu lebih mudah dicari oleh pengguna internet.

Meski begitu, SEM dan SEO memiliki sejumlah perbedaan.

  1. Perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah, SEO tidak berbayar alias gratis, sedangkan SEM berbayar. SEO bergantung pada strategi pencarian organik, sedangkan SEM diimplementasikan dengan sejumlah biaya dan bergantung pada iklan berbayar.
  2. SEO membutuhkan waktu untuk diterapkan, sedangkan SEM bersifat instan.
  3. Hasil pencarian SEM muncul kepada pengguna sebagai iklan, sedangkan hasil upaya SEO tidak (biasanya berupa laman web, artikel, atau berita).
  4. Pemilik situs web membayar setiap kali seseorang meng-klik iklan mereka, sedangkan pemilik situs web tidak perlu membayar apapun saat pengguna meng-klik laman web, artikel, berita, atau lainnya selain iklan mereka.
  5. Upaya SEO menambah nilai ke situs web dari waktu ke waktu, sedangkan SEM bersifat langsung dan tidak memberikan nilai jangka panjang.

Mengapa SEM Penting?

Ada beberapa alasan yang membuat SEM penting.

1. Menghasilkan lalu lintas situs yang berkualitas

Menghasilkan lalu lintas secara organik bisa menjadi proses yang sangat panjang. Hasilnya pun mungkin baru dirasakan dalam jangka panjang. SEM memungkinkan Anda untuk mempercepat proses ini dan mengarahkan pengguna ke situs web Anda dari awal.

Selain itu, Anda dapat yakin bahwa pengguna ini tertarik dengan apa yang Anda tawarkan karena mereka sendiri telah mencarinya.

2. Menghasilkan visibilitas

Muncul di halaman pertama mesin pencari berarti merek, produk, jasa, atau bisnis Anda sangat mudah terlihat oleh pengguna internet. Hal ini juga memudahkan mereka jika ingin mencari produk atau jasa tertentu.

3. Menghasilkan konversi

Tujuan akhir SEM adalah untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Sementara itu, konversi dapat diartikan sebagai tindakan yang dihitung saat pengguna berinteraksi dengan iklan atau daftar produk suatu bisnis. Saat pengguna melakukan tindakan yang diinginkan oleh pemilik website atau bisnis, maka itulah konversi.

Bergantung pada jenis situs web dan penetapan sasaran, konversi dapat berupa melakukan pembelian, menambahkan produk ke keranjang belanja, mendaftarkan akun, atau menonton video iklan. Konversi ini berpotensi menambah penghasilan bisnis perusahaan.

4. Menggunakan anggaran lebih efisien dan efektif

Salah satu keuntungan besar dari pemasaran mesin pencari adalah bahwa itu adalah solusi yang cocok untuk perusahaan dari semua ukuran karena investasi minimum sangat terjangkau.

Juga, karena Anda hanya membayar jika mendapatkan hasil (dalam bentuk klik), Anda dapat yakin bahwa anggaran digunakan secara efektif. Terlebih, jika Anda ingin mendapatkan hasil dalam waktu relatif cepat.

5. Mendapat hasil terukur

Solusi SEM menyediakan banyak metrik pada kampanye dan memberi tahu Anda apa yang terjadi setiap saat. Dengan cara ini, sangat mudah untuk mengukur indikator-indikator apa saja yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan kampanye Anda.

Strategi SEM

Berikut adalah beberapa strategi SEM yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

1. Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Tidak ada strategi yang seefektif iklan PPC. PPC berfokus untuk mempromosikan situs Anda melalui iklan berbayar berdasarkan kata kunci penargetan. Dua ‘pemain’ penting dalam periklanan PPC adalah Google Adwords dan Yahoo/Bing.

2. Desain situs

Desain situs merupakan aspek penting dari strategi SEM. Anda bisa menggunakan pengembang situs web andal untuk membuat situs web yang indah untuk bisnis Anda.

Situs web selalu menjadi kesan pertama yang membuat pengunjung tetap berada di situs Anda dan melihat detilnya.

3. Narasi penjualan (sales copy)

Iklan PPC akan lebih menarik perhatian bila disertai dengan narasi penjualan (sales copy) mengesankan. Yang ingin Anda lakukan adalah menjual lebih banyak produk atau berbicara lebih banyak tentang fitur produk.

Jadi, pastikan iklan PPC dan sales copy Anda menarik minat pelanggan. Jangan meremehkan kekuatan sales copy.

Ingat, pengguna internet terterpa banyak pesan setiap mereka ‘berselancar’. Oleh sebab itu, meraih perhatian pelanggan sangat penting. 

4. Pencarian gambar terbalik (reverse image search)

Ini adalah taktik membangun tautan yang baru dan berbeda. Strategi ini dapat dilakukan dengan relatif mudah. Berikut adalah beberapa poin untuk membantu Anda melakukannya.

  1. Buka pencarian gambar di mesin pencari, misalnya Google.
  2. Masukkan string pencarian, seperti nama situs atau URL Anda.
  3. Anda akan mendapatkan semua gambar di situs Anda yang telah diindeks oleh Google.
  4. Klik pada gambar untuk melihat detilnya.
  5. Jika Anda mengetahui seseorang menggunakan gambar situs web Anda tanpa tautan ke situs Anda, hubungi pemilik situs.
  6. Hubungi atau kirim email ke mereka yang mengatakan bahwa gambar tersebut berasal dari situs Anda dan minta mereka untuk menempatkan tautan atribusi.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait