Properti

7 Tips Menata Ruang Kerja di Rumah dengan Desain Minimalis

ruang-kerja-di-rumah

Ajaib.co.id – Ruang kerja di rumah sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang seiring bergesernya cara kerja di era internet ini. Banyak jenis pekerjaan yang tidak lagi mengharuskan untuk datang ke kantor karena dapat dilakukan dari mana saja, termasuk di rumah.

Bagaimana cara membuat ruang kerja di rumah minimalis? Selain menghemat tempat, desain yang minimalis juga terkesan modern dan elegan. Jadi tidak perlu berkecil hati jika rumahmu tidak terlalu luas.

Inspirasi desain ruang kerja dapat berasal dari mana saja. Apalagi saat ini banyak website yang merekomendasikan berbagai contoh desain minimalis yang cocok untuk ruang kerja di rumah.

Jika kamu ingin membuat ruang kerja dengan desain minimalis, perhatikan tips berikut!

Tips Menata Ruang Kerja di Rumah

1. Pilih Letak Ruang Kerja

Terdapat beberapa ruangan di dalam rumah, misalnya ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, dan lain-lain. Tips menata ruang kerja di rumah yang pertama adalah pilihlah letak ruang kerja sesuai dengan kebutuhanmu serta ketersediaan ruangan.

Sebagai contoh jika kamu sering menerima tamu, akan lebih baik jika ruang kerjamu dekat dengan ruang tamu. Sehingga mobilitasmu dapat lebih lancar jika harus mondar-mandir ke ruang tamu.

Contoh lainnya jika pekerjaanmu menuntut konsentrasi tinggi maka dibutuhkan ruang kerja dengan suasana yang tenang. Pilihlah ruangan yang jauh dari kebisingan dan terhindar dari lalu-lalang anggota keluarga yang lain.

2. Sediakan Ruang Privasi

Beberapa jenis pekerjaan merupakan hal yang privasi. Kamu perlu mempertimbangkan masalah privasi tersebut saat membuat desain ruang kerja. Jangan sampai pekerjaanmu terganggu karena privasimu tidak terjaga dengan baik.

Jika memungkinkan, kamu dapat menaruh sekat untuk membatasi antara ruang kerja yang dapat dikunjungi orang lain dengan ruang yang benar-benar privasi. Di ruang privasi ini kamu dapat menyimpan brankas dokumen dan hal penting lainnya.

3. Pencahayaan Alami Lebih Baik

Bagi kamu yang sehari-hari menghabiskan sebagian besar waktu di ruang kerja, sangat disarankan untuk menempati ruangan dengan pencahayaan alami yang cukup. Selain cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan, kamu juga dapat menghemat energi listrik dengan menggunakan cahaya alami.

Adanya jendela dengan pencahayaan alami dapat menyegarkan pikiran saat mengalihkan pandangan ke luar. Kamu dapat menyapu pandangan ke sekitar untuk menjaga kesehatan mata akibat terlalu lama menatap komputer.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi beberapa kompleks perumahan saat ini memang sangat padat. Kadang-kadang sulit untuk memiliki banyak ruangan dengan jendela yang langsung menghadap pemandangan luar. Kamu dapat menyiasatinya dengan membuat pencahayaan alami dari atap rumah.

4. Gunakan Furniture Multifungsi

Ada banyak kebutuhan furniture untuk menunjang pekerjaan, seperti meja, kursi, filing cabinet, lemari serba guna, dan lain-lain. Sayangnya, luas ruangan terbatas. Membuat ruang kerja di rumah minimalis perlu pintar-pintar dalam memilih furniture.

Menggunakan furniture multifungsi merupakan salah satu langkah tepat yang bisa diterapkan saat membuat ruang kerja. Pilihlah desain yang modern dan futuristik dengan banyak fungsi dalam satu barang.

Sebagai contoh meja besar yang dapat dilipat dan dijadikan sepaket kursi dan meja kecil atau lemari. Kamu dapat menyesuaikan bentuk furniture dengan kebutuhanmu sehari-hari.

5. Pilih Kursi Kerja yang Berkualitas

Terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika kursi yang digunakan berkualitas rendah dan tidak sesuai dengan postur tubuh. Terdapat risiko sakit punggung dan masalah tulang belakang yang perlu diperhatikan saat memilih kursi kerja.

Pada umumnya orang akan menghabiskan waktu sekitar 7-10 jam setiap harinya untuk bekerja. Bisa dibilang kursi kerja merupakan furniture yang selalu melekat setiap harinya. Sangat penting untuk memilih kursi kerja yang berkualitas tinggi.

6. Menyiapkan Perlengkapan Kerja dan Menyimpannya dengan Rapi

Membuat ruang kerja di rumah artinya tidak ada divisi lain atau bagian umum yang dapat dimintai perlengkapan kantor sewaktu-waktu. Kamu perlu menyiapkannya sendiri secara lengkap agar selalu tersedia saat dibutuhkan. Perlengkapan tersebut antara lain pulpen, penjepit kertas, sticky notes, stapler,dan lain-lain.

Perlengkapan kantor merupakan barang-barang kecil yang sangat mudah berserakan. Namun cukup merepotkan jika terselip atau hilang saat ingin digunakan. Apalagi tidak ada perlengkapan rekan kerja yang bisa kamu pinjam. Sangat penting untuk menyimpan semua perlengkapan kantor dengan rapi.

7. Dekorasi dengan Sentuhan Personal

Kamu bisa membuat desain ruang kerja dengan sentuhan personal. Bukan saja meja kerja, kamu dapat mendekor seluruh ruang kerjamu sesuai dengan selera. Hal ini bisa menambah semangat kerja, loh.

Sebagai contoh bagi kamu penggemar KPop, kamu dapat menempel poster idolamu pada dinding ruang kerja di rumahmu. Bagi yang gemar olah raga juga bisa menempatkan sepeda statis atau alat fitness sederhana di pojok ruangan untuk berolah raga sebentar saat rehat bekerja.

Dekorasi dengan sentuhan personal juga dapat diwujudkan dalam warna favoritmu. Misalnya bagi kamu pencinta warna ungu, kamu bisa membuat ruang kerja dengan warna kombinasi ungu.

Itulah 7 tips menata ruang kerja di rumah dengan desain minimalis yang perlu diperhatikan. Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan jasa desainer interior profesional untuk membantu mewujudkan ruang kerja impianmu.

Ruang kerja di rumah yang nyaman sangat memengaruhi produktivitas dan meningkatkan semangat kerja. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih desain yang tepat. Bukan saja sedap dipandang, namun desain ruang kerja di rumah harus tetap memperhatikan fungsi dari setiap komponen yang dihadirkan.

Artikel Terkait