Dunia Kerja

Tips Jitu untuk Memiliki Semangat Kerja Setiap Hari

Ajaib.co.id – Memiliki semangat kerja setiap hari adalah hal yang sulit karena dalam situasi tertentu, kamu pasti pernah mengalami penurunan kinerja. Ini adalah hal yang sangat wajar alias tidak masalah.

Namun, penurunan ini akan menjadi masalah ketika kamu sedang berhadapan dengan tenggat waktu yang sudah ada di depan mata. Oleh karena itu kamu perlu menyiasati semangat kerja untuk terus memilikinya agar kamu bisa bekerja seperti biasa, walaupun sebenarnya mood-mu sedang berantakan.

Inilah trik yang dapat dilakukan untuk terus semangat kerja.

1.   Memiliki target kerja per hari

Hal satu ini bisa membuatmu semangat kerja dari pagi. Buatlah target ketika di pagi hari atau di malam hari sebelumnya. Catat target itu di buku atau di papan jadwal yang ada di dekat meja kerjamu dengan begitu kamu akan selalu mengingatnya.

Memiliki target kerja per hari ini akan memengaruhi kinerjamu dalam waktu yang panjang. Apalagi jika kamu konsisten melakukannya, kariermu pun akan naik dalam waktu yang signifikan. Kamu pasti tahu apa yang harus dikerjakan hari ini dan esok hari, jadi tidak perlu khawatir soal itu.

Apabila tidak sesuai dengan target atau lebih lama dari perkiraan, kamu dapat memutar strategi lain di bawah ini yang tentunya cukup mudah untuk dipraktekkan.

2.   Memulai dari pekerjaan yang mudah

Apabila target kerjamu tidak tercapai dengan baik di hari ini, jangan berkecil hati dulu karena kamu masih bisa melakukannya dengan baik di waktu esok. Semangat kerja memang dapat disiasati dengan berbagai macam cara yang sederhana.

Biasanya target kerja tidak tercapai karena hal yang kamu kerjakan itu sulit, jadi kamu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk itulah kamu sebaiknya memulai pekerjaan dari tugas yang mudah dulu. Yang mudah ini akan lebih cepat selesai, dan memengaruhi psikologismu jadi lebih yakin terhadap diri sendiri.

Kamu pasti tahu mana pekerjaan yang mudah yang sesuai dengan kapasitasmu. Setelah itu kamu pun akan lebih bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan yang lebih sulit. Bisa jadi selesainya lebih cepat dari perkiraan.

3.   Ketika malas melanda coba kerja satu menit dulu

Cara kerja satu ini bisa kamu praktikkan ketika mood-mu sedang anjlok dan kamu rasa-rasanya ingin menunda pekerjaan. Siapa saja bisa mengalami momen ini.

Hal itu sangat wajar ketika kamu mengerjakan hal yang sama setiap waktu dengan istirahat yang minim. Namun, kamu tidak punya pilihan lain selain bekerja karena tenggat waktu sudah ada di depan mata.

Untuk mengatasi rasa malas ini hanya dapat dilakukan dengan bekerja. Intinya kamu perlu memaksakan diri. Pertama-tama, coba kerjakan tugasmu dalam waktu semenit saja.

Dalam semenit itu, kamu pasti akan merasakan perubahan yang tadinya malas, akhirnya menemukan semangat kerja secara perlahan.

Di pikiranmu terbentuk, oh ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan. Lakukan terus sampai akhirnya kamu tidak menyadari pekerjaanmu sudah mau selesai saja.

Dengan begitu kamu pun bisa melanjutkan pekerjaan yang lain.

4.   Makan dengan teratur

Di sela pekerjaan yang kamu lakukan, jangan lupa tetap makan. Makan yang teratur tentu akan sangat bagus untuk stamina yang membuatmu kuat bekerja dari pagi hingga selesai.

Sekarang tidak sulit untuk mendapatkan makanan. Di dekat kantormu pasti banyak yang menjualnya. Luangkan waktu sejenak untuk makan bersama rekan-rekan kerjamu untuk mendinginkan kepala.

Makan juga akan membuatmu lebih rileks. Jangan sepelekan urusan perut ini karena jika makanmu tidak teratur kamu bisa jatuh sakit. Ujung-ujungnya kamu malah tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang sudah dibebankan padamu.

Sakit itu tidak enak. Makan yang teratur akan mampu menjaga kesehatanmu .

5.   Ketika mengalami kesulitan diskusi dengan rekan kerja

Semangat kerja bisa turun ketika kamu mengalami kesulitan. Untuk mengatasinya kamu perlu mengakui pada diri sendiri bahwa kamu kesulitan mengerjakannya.

Setelah itu tidak ada salahnya berdiskusi dengan rekan kerjamu untuk mencari jalan keluar. Jangan memendamnya sendiri apalagi jika kamu benar-benar buntu dalam mencari solusi.

Mau pekerjaan individu atau pekerjaan berkelompok, kamu perlu mendiskusikannya dengan rekan kerja atau atasanmu sekalian. Mereka pasti akan bersedia memberikan waktu luang untuk membantumu.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan jalan keluar yang kamu butuhkan selama ini, lalu kembali memiliki semangat kerja yang utuh.

6.   Jangan begadang jika tidak perlu

Jika kamu sudah mempraktikkan hal-hal di atas, seharusnya kamu tidak perlu begadang untuk menyelesaikan pekerjaan. Ketika pekerjaanmu sudah selesai tepat waktu, kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman-temanmu untuk sekadar mengobrol.

Tapi harus ingat waktu, jangan sampai pulang terlalu malam.  Jadi, kamu perlu memperhatikan timing.

Kurangi begadang karena pekerjaan ataupun bukan karena pekerjaan. Kamu bisa melanjutkan pekerjaan lain keesokan harinya, jadi tidak perlu berlanjut hingga malam.

Setelah bekerja jangan lupa istirahat yang cukup. Kamu pasti sangat memerlukannya demi tubuh yang prima dan kesehatan mental juga.

Di dunia ini tidak ada yang mampu bekerja terus tanpa istirahat, pasti jika dipaksakan malah akan kolaps. Jadi, jangan menyepelekan hal ini karena sama pentingnya dengan asupan makanan yang kamu perlukan.

Istirahat ada berbagai macam bentuk, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah atau menghabiskan waktu di luar rumah. Kamu memerlukan istirahat karena mustahil manusia terus-terusan bekerja.

Dengan beristirahat kamu bisa mengembalikan tenagamu yang habis agar bisa melanjutkan pekerjaan yang masih menanti untuk keesokan harinya.

Artikel Terkait