Investasi, Investor Pemula, Reksa Dana

Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik, Dijamin Untung

Pasar Uang

Ajaib.co.idReksa dana pasar uang adalah salah satu bentuk investasi yang dianggap paling cocok untuk investor pemula. Berbagai instrumennya antara lain obligasi kurang dari satu tahun, deposito, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Reksa dana ini terbukti paling stabil di tengah berbagai perang dagang yang terjadi termasuk antara Amerika dan Eropa baru-baru ini.

Return yang diterima pada 2019 naik hingga 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Reksa dana pasar uang sesuai bagi pemula karena minim risiko. Keuntungannya bisa mencapai 7% per tahun, cukup besar bagi pemula meskipun memang tak sebesar saham. Selain itu, dana kita juga bisa sewaktu-waktu ditarik tanpa batasan waktu.

Kamu juga tidak dikenakan biaya pembelian atau penjualan jika sewaktu-waktu melepas reksa danamu. Berbagai poin inilah yang menjadikan reksa dana dianggap cocok bagi pemula dan milenial yang penghasilannya terbatas namun ingin menjajal dunia investasi.

Daftar Reksa Dana Pasar Uang

Kalau kamu sedang mempertimbangkan ingin membeli reksa dana, mungkin 5 produk ini bisa dicoba. Dilansir dari Kontan.co.id, 6 produk reksa dana ini memiliki rekam jejal 5 tahun terbaik dan menguntungkan.

1. Manulife Indonesia Money Market Fund

Produk ini menargetkan return sebesar 5% dari reksa dana dengan menempatkan dananya di deposito bank besar. Alasannya karena bank besar memiliki kinerja keuangan yang stabil meskipun keuntungannya tidak terlalu besar. Hal ini dianggap sesuai dengan investor pasar uang yang konservatif dan mengutamakan konsistensi.

2. Mandiri Kapital Prima

Produk ini telah memberikan imbal hasil 37,57% per tahun alias 0.48% per bulan selama lima tahun belakangan. Reksa dana ini seluruhnya ditempatkan di deposito bank BUKU II dan III. Pasalnya, rate bank tersebut dianggap lebih kompetitif dibandingkan BUKU 4. Selain itu, deposito juga risikonya lebih kecil dibandingkan obligasi.

3. Mega Dana Kas

Produk keuangan ini berhasil memberikan return sebesar 39,03% selama 5 tahun performanya di pasar uang. Sebagian besar dananya ditanamkan di produk deposito bank BUKU III. Selain itu, adapula penanaman dana di obligasi korporasi dengan rating A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia.

4. Bahana Dana Likuid

Produk ini menempat posisi teratas sebagai reksa dana pasar uang paling menguntungkan 5 tahun terakhir. Return-nya yang diperoleh investornya mencapai 40,49%, jauh lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Bahana Dana Likuid adalah produk dari PT Bahana TCW Investment Management yang juga merupakan mitra manajer investasi dari Ajaib. Kamu yang tertarik dengan produk ini bisa langsung membelinya lewat aplikasi investasi Ajaib.

5. Capital Money Market Fund

Produk reksa dana pasar uang yang telah ada sejak 28 Desember 2015 ini telah mencatatkan return 6,18 persen dalam setahun terakhir. Hingga Januari 2019, produk reksa dana ini telah memiliki dana kelolaan senilai Rp185,88 miliar. Terkait dengan sharpe ratio, reksa dana yang dikelola PT Capital Assets Management ini memiliki nilai 3,19. Kemudian konsistensi reksa dana ini dalam mengalahkan indeks acuannya mencapai 100 persen dalam setahun terakhir. Sehingga, reksa dana ini memiliki penilaian indikator tersebut dengan skor 2,59.

6. Lancar Victoria Merkurius

Instrumen investasi ini telah berhasil mencatatkan return 6,28 persen dalam setahun terakhir. Hingga Januari 2019, produk reksa dana ini telah memiliki dana kelolaan ) senilai Rp313,27 miliar. PT Victoria Manajemen Investasi ini memiliki nilai 3,26. Kemudian konsistensi reksadana ini mengalahkan indeks acuannya mencapai 92 persen dalam setahun terakhir.

Itulah keenam daftar produk reksa dana Pasar Uang yang bisa kamu pilih untuk memulai investasi reksa dana kamu. Selain pasar uang, ada juga beberapa jenis reksa dana seperti reksa dana pendapatan, reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pasar modal, obligasi, dan sebagainya.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Sebelum kamu memilih instrumen reksa dana pasar uang, kamu harus mengetahui beberapa keuntungan reksa dana pasar uang yang bisa kamu dapatkan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Keuntungan Lebih Tinggi

Return Reksa Dana Pasar Uang ada dikisaran 6.33% sampai 7.35% per tahun. Di mana, suku bunga ini tergantung lama penempatan dan jumlah dana yang ditempatkan. Bunga atau return ini lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito, namun lebih rendah dibanding reksa dana jenis saham, pendapatan tetap, maupun campuran.

2. Investasi Mulai Rp10 ribu

Ketika kamu ingin memulai investasi emas, setidaknya kamu harus memiliki uang minimal seharga 1 gram emas. Di mana, hingga saat ini harga emas ada di sekitar 600 hingga 900 ribuan. Sedangkan, ketika kamu ingin membuka deposito, setidaknya kamu harus memilik uang minimal Rp500 ribu. Namun, hal ini sesuai kebijakan masing-masing bank.

Sedangkan, ketika kamu membeli reksa dana, kamu hanya perlu menyimpan uang minimal Rp10 ribu. Hanya dengan uang seharga jajanan setiap harinya, kamu bisa memulai investasi dan juga mendapatkan return mulai hari ini.

3. Dana Bisa Diambil Kapan Saja Tanpa Denda

Ini menjadi salah satu keunggulan investasi reksa dana, baik pasar uang ataupun jenis investasi lainnya. Ketika kamu memiliki deposito dan ingin mencairkannya sebelum jatuh tempo, kamu biasanya akan dikenakan denda atau biaya penalti sebesar 2% dari pokok.

Sedangkan, ketika kamu memilih investasi reksa dana, kamu bisa mencairkan dana kamu dengan lebih mudah tanpa adanya denda, dan gratis biaya pencairan. Selain itu, prosesnya pun mudah, di mana kamu bisa mencairkannya melalui online.

4. Jangka Investasi Fleksibel

Dengan reksa dana, kamu tida perlu mempertimbangkan dengan baik berapa lama dana kamu ingin disimpan didalamnya. Di mana, dengan reksa dana, kamu bisa dengan mudah memulai investasi ini dengan waktu investasi menjadi sangat fleksibel. Kamu hanya perlu menentukan jangka waktu sesuai tujuan investasi. Misalnya, ketika kamu memiliki investasi demi dana pendidikan, maka kamu bisa menyesuaikan jangka waktu dengan kapan dana pendidikan itu dibutuhkan.

Ajaib memastikan investasi yang kamu tanamkan memberikan hasil terbaik. Salah satunya dengan bermitra dengan manajer investasi terbaik seperti Bahana TCW Investment Management. Selain itu, masih ada 20 manajer investasi berpengalaman lainnya yang bekerja sama dengan Ajaib.

Pengelolaan yang baik akan memberikan imbal hasil yang maksimal pula. Apalagi investasi reksa dana sangat bergantung dengan kecakapan manajer investasi yang kita pilih. Sebagai pemula, kita hanya menunggu dana tersebut dikelola sampai waktunya memberikan hasilnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait