Banking

PinjamanGo Perketat Penagihan Saat Pandemi

Ajaib.co.id – Karena masih terbilang fenomena baru, ngebahas pinjaman online memang nggak ada habisnya. Tingginya bunga sulit ditolak oleh calon debitur yang kepepet, karena kemudahan pencairannya yang revolusioner.

Karena tekanan dampak ekonomi pandemi semakin berat, akhirnya banyak dari calon nasabah yang berupaya mencari pinjol yang punya nama besar, guna mendapat jaminan pelayanan dan keamanan optimal.

Dari sekian banyak pilihan, PinjamanGo adalah salah satu yang favorable karena nama besar SinarMas Group di belakangnya serta terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Platform ini merupakan anak perusahaan dari Sinarmas Group yang berfungsi mempertemukan pendana dan peminjam dana secara online atau Peer To Peer Lending.

Mengenal PinjamanGo

Beralamat di Sinar Mas Land Plaza, Tower 1, 9thfloor, Jl.MH. Thamrin No.51, Jakarta Pusat, platform ini menawarkan produk pinjaman tanpa agunan seperti pinjaman UMKM dan pinjaman Financing Merchant.

Dikutip dari duniafintech.com pada akhir 2020, PinjamanGo adalah fintech dengan TKB90=100.00%. Hal ini cukup menunjukkan kredibilitas yang mumpuni karena TKB90 adalah tingkat keberhasilan penyelesaian kewajiban pinjam-meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari, terhitung sejak jatuh tempo.

Bertujuan ingin mewujudkan kemandirian finansial untuk masyarakat Indonesia, platform hadir menjadi solusi bagi perekonomian masyarakat Indonesia melalui teknologi yang memungkinkan semua pihak dapat memanfaatkan fasilitas keuangan, baik sebagai pemberi pinjaman maupun yang membutuhkan pinjaman.

Efisiensi waktu dan biaya administrasi dalam proses simpan-pinjam yang dilakukan secara digital juga menjadi keunggulannya.

Platform anak perusahaan SinarMas ini secara resmi telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor registrasi S-256/NB.213/2018 dan KEP-124/D.05/2019 dengan tanggal terdaftar 13 Desember 2019.

Jika kamu tertarik untuk memanfaatkannya, visit pinjamango.co.id atau telepon (021) 3003-3039, atau email [email protected] untuk mengetahui detail informasinya.

Dan jika kamu ingin kenal sosok-sosok di balik kinerja kredibelnya, berikut ini adalah struktur organisasinya:

· Komisaris Utama: Agus Leman Gunawan

· Komisaris: Abrar Thariq Avicena

· Presiden Direktur: Lieanto Sofian

· Direktur Operasional dan Keuangan – Holy Cakramurti

Nominal PinjamanGo

Sebagai sebuah platform fintech, kinerjanya cukup mengesankan jika dilihat dari angka-angka di bawah ini.

· Nilai Total Akumulasi Pinjaman Sejak Berdiri: Rp1.413.141.782.453.

· Nilai Total Akumulasi Pinjaman Sepanjang Tahun Berjalan: Rp1.137.779.982.453.

· Nilai Total Outstanding Pinjaman: Rp27.162.603.820.

· Jumlah Akumulasi Peminjam Perorangan: 197.025 orang.

· Jumlah Akumulasi Peminjam Perusahaan: 0.

· Jumlah Peminjam Aktif (repetitif) Perorangan: 14.742.

· Jumlah Peminjam Aktif (repetitif) Perusahaan: 0.

Prosedur Pinjaman

Dikutip pinjamango.co.id, berikut ini adalah tahapan prosedur simpan-pinjam di dalam platform P2PLending yang satu ini:

1.  Calon peminjam men-download aplikasi PinjamanGo di GooglePlay (android) atau App Store (iOS) dari smartphone pribadi.

2.  Melakukan registrasi dengan menginput nomor telepon dan nomor OTP yang di kirim ke handphone, lalu isi semua data pribadi. Sertakan foto digital KTP, slip gaji, profil diri.

3.  Mengajukan permohonan pinjaman di aplikasi.

4.  Tim fintech memproses pengajuan permohonan pinjaman.

5.  Pemberi pinjaman memilih dan memberi pinjaman pada calon peminjam yang potensial.

6.  Peminjam yang sudah terpilih oleh pemberi pinjaman akan menerima notifikasi dan menerima pencairan pinjaman maksimal 24 jam di rekening banknya.

7.  Di sisi lain, begitu peminjam mulai membayar tagihan cicilan pinjaman, maka pemberi pinjaman pun menerima penghasilan bunga.

8.  Peminjam wajib melunasi pinjaman tepat pada batas waktunya.

9.  Saat itu pula pemberi pinjaman akan menerima pengembalian pokok pinjaman.

Plafon, Tenor dan Bunga

Ada syarat ketentuan yang ditampilkan dengan huruf kecil-kecil dan panjang yang wajib kamu baca dengan fokus sampai selesai sebelum klik kolom pengajuan pinjaman.

Plafon (jumlah maksimum) PinjamanGo mulai dari Rp1.200.000 hingga 2.000.000, bergantung pada tenor (jangka waktu) 14, 21 dan 30 hari.

Biaya bunga setiap pinjaman senilai Rp1.200.000 = Rp2.975, berarti 0,247% perhari, dan artinya = 7,41% per bulan.

Tapi selain itu masih akan ada biaya komisi partisipasi, asuransi, biaya layanan teknis, biaya manajemen risiko dan bunga keterlambatan sebesar 1,5% per hari! Wow!

Tapi jika mampu membayar kembali pinjaman Rp1.200.000 dengan jumlah Rp1.422.964 tanpa telat, it’s okay lho.

Untuk pinjaman di atas 1.200.000 dan jangka waktu pembayaran lainnya, akan penyesuaian kalkulasi lebih lanjut. Biaya tambahan setiap fintech berbeda, jadi ingat, kamu perlu teliti lagi mencermatinya.

Cara Pembayaran

Pada saat jatuh tempo pembayaran, platform ini akan mengirimkan pesan melalui SMS, untuk mengingatkan agar segera mengembalikan pinjaman. Selanjutnya peminjam dapat mengembalikan pinjaman dengan cara transfer melalui ATM ke nomor virtual account yang diberikan.

Saat proses transfer selesai, platform secara otomatis akan menerima bukti pembayaran, dan pinjaman dianggap lunas. Pengembalian pinjaman lebih awal juga diizinkan tanpa biaya penalti.

Keuntungan Bertransaksi Dengan PinjamanGo

Investasi menguntungkan bagi pemberi pinjaman

1.  Keuntungan bunga mulai dari 16% p.a*

2.  Pencairan keuntungan bunga langsung diterima di awal, saat pinjaman diberikan.

3.  Komisi tambahan atas setiap pinjaman yang diberikan.

4.  Asuransi 100% bagi pinjaman macet.

5.  Pemberian pinjaman ke peminjam yang berbeda dapat mengurangi risiko kredit macet.

6.  Pemberi pinjaman bisa memilih sendiri profil calon peminjam yang ingin diberikan pinjaman.

Kemudahan dan keamanan bagi peminjam

1.  Transparansi bunga pinjaman dan biaya tambahan lainnya.

2.  Mudahnya syarat pengajuan dan proses verifikasi.

3.  Cepatnya review dan pencairan maksimal dalam 24 jam.

4.  Prosedur pelunasan mudah, dan jika tidak bermasalah bisa langsung pinjam lagi.

5.  Jaminan perlindungan keamanan data pribadi.

6.  Penyediaan pinjaman bagi UMKM.

7.  Website dan mobile apps yang informatif.

Namun di samping deretan keuntungannya, ada 2 kekurangan platform ini, yaitu:

·    Batas maksimum pinjaman terbilang rendah, dan jangka waktu pinjaman pendek.

·    Peminjam menanggung biaya asuransi sepenuhnya.

Kualifikasi Peminjam

Apa sih kuncinya agar pengajuan pinjaman disetujui? Hampir sama dengan semua Fintech, kuaifikasi peminjam adalah WNI berusia 17-55 tahun yang memiliki:

e-KTP, rekening bank, smartphone dan punya pekerjaan/usaha/penghasilan. Kebanyakan pinjaman yang bermasalah adalah pinjaman dengan ketidakjujuran data di awal, sehingga mengaburkan penilaian kelayakan.

Sentimen Nasabah di Tengah Kondangnya PinjamanGo

Masa pandemik telah menimbulkan tekanan ekonomi pada semua lapisan masyarakat tanpa pandang bulu. Krisis ini menimbulkan peningkatan jumlah pengguna fintech, namun sayangnya berbanding terbalik dengan tingkat kemampuan melunasi pinjaman, karena marak terjadi ketidakpastian pekerjaan dan penghasilan.

Mengantisipasi kondisi itu, platform ini meningkatkan pengawasan kedisiplinan pembayaran hutang.

Namun seperti dilansir oleh mediakonsumen.com pada akhir April 2020 lalu, ancaman Collector PinjamanGo sempat membuat para peminjam kecewa karena dianggap tidak menghargai iktikad baik pihak peminjam, dan malah memberi teror ancaman pencemaran nama baik si peminjam. Kisah ini dilansir dalam bentuk testimoni lebih dari 1 orang peminjam.

Mengemban tanggung jawab besar kepada para investor pemberi pinjaman, sanggupkah PinjamaGo mempertahankan kebesaran nama SinarMas di depan para penggunanya?

Rem sedikit penggunaan fintech, upayakan smart-spending, giatkan kinerja portfolio investasi dengan memilih platform investasi yang efisien, efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait